Berita Lainnya

3 Manfaat Olahraga Lari

19/02/2019
BAF Indonesia
716

Tahun 2018 lalu, Indonesia menjadi tuan rumah pekan olahraga dunia Asian Games dan Asian Para Games. Masyarakat Indonesia patut berbangga karena mendapat sambutan dan pujian dari organisasi olahraga dunia Olympic. Pujian tersebut diberikan karena Indonesia mampu menyiapkan seluruh kebutuhan acara dalam waktu yang singkat setelah Vietnam mengundurkan diri menjadi tuan rumah.

 

Lari masuk dalam kategori atletik yang dilombakan. Misalnya seperti lari 100 meter, lari estafet, dan lari 500 meter. Ada beberapa kategori lari lain yang biasanya dilakukan untuk latihan sehari-hari atau olahraga rutin, seperti:

 

Lari dasar, yaitu berlari tanpa menggunakan jarak dengan kecepatan yang sama sesuai dengan kenyamanan pelarinya. Lari dasar adalah bentuk latihan ketahanan untuk menjaga daya tahan tubuh BAF Friends. Lari progresif, yaitu berlari dengan kecepatan ternyaman namun kemudian kecepatan semakin bertambah. Lari progresif biasanya digunakan untuk mengukur batas kemampuan berlari seseorang. Lari panjang, yaitu lari yang menghabiskan waktu yang lama. Berlari dengan waktu yang cukup lama hingga membuat BAF Friends lelah. Lari ini untuk meningkatkan daya tahan murni dari tubuh. Menambah jarak dan waktu dalam berlari membantu meningkatkan ketahanan tubuh secara bertahap.

 


Cek Tips Membuat Badan Sehat & Berat Ideal

Simak selengkapnya!


 

Mengenal sedikit lebih dalam mengenai lari mungkin BAF Friends malah belum tahu apa manfaat olahraga lari itu sendiri. Ada beberapa manfaat lari yang sering diabaikan selain menyehatkan.

 

Meningkatkan fungsi otak

Kemampuan otak manusia semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Hal tersebut mengakibatkan sering lupa hingga hilang ingatan. Manfaat olahraga lari untuk fungsi otak adalah melatih dan mencegah gangguan kognitif. Berlatih lari untuk orang lanjut usia dan penyintas stroke membantu meningkatkan kemampuan kognitif dan ketajaman ingatan apabila dilakukan secara rutin.

 

Membuat bahagia

Pada dasarnya setiap olahraga memberikan efek bahagia, termasuk juga dengan lari. Runner’s high merupakan manfaat lari yang membuat bahagia tersebut. Manfaat olahraga lari adalah meningkatkan produksi hormon endocannabinoid yang lebih besar. Hormon ini memiliki efek bahagia. Efek eurofia dari hormon endocannabinoid lebih kuat dibandingkan endorfin. Jadi berlari juga dapat membantu BAF Friends saat stres atau mereka yang sedang depresi.

 

Membentuk tubuh ideal

Mungkin manfaat yang satu ini sudah diketahui banyak orang. Berlari membantu tubuh membakar lemak lebih optimal. Lari merupakan latihan kardiovaskular yang dapat menjaga berat badan tetap ideal. Tak harus melakukan latihan lari berlebihan atau cepat-cepat akan lebih baik jika dilakukan dengan rutin dan konsisten. BAF Friends tetap harus menjaga pola makan karena tetap sia-sia apabila pola makan masih sembarangan.

 

Asyik kan manfaat lari. BAF Friends ingin memulai untuk berlari? Pas banget nih karena ada kerjasama antara BAF dan Yayasan Lions Indonesia mengadakan BAF Lions Run 2019 pada tanggal 24 Maret 2019 berlokasi di Parkir Timur Mall Alam Sutera, Tangerang.

 

CEK SELENGKAPNYA!

Halo, ada yang bisa Santi bantu?