Elektronik - Furnitur

4 Alat Musik Ini Punya Manfaat yang Beda-beda untuk Anak

26/03/2018
BAF Indonesia
2515

Anak-anak membutuhkan banyak bantuan kita terutama di saat tumbuh kembangnya. Bantuan yang paling dibutuhkan anak di masa perkembangannya adalah pendidikan. Keluarga merupakan landasan awal pendidikan anak. Tanpa orang tua yang membimbing, si kecil akan mengalami kesulitan, mungkin di tahap berbicara hingga motoriknya. Sebelum si kecil mengenyam bangku sekolah support dan kehadiran orang tua merupakan pembelajaran pertama si kecil. Kebanyakan si kecil akan meniru apa yang dikatakan dan dilakukan orang tuanya. Jadi perlu banyak hal yang dipelajari orang tua untuk mengajarkan si kecil salah satunya bermain musik.

 

Mungkin saat masih di dalam kandungan si kecil banyak diperdengarkan musik. Memang musik pada dasarnya membantu perkembangan otak bayi dan anak. Pengenalan anak sejak dini terhadap musik dan bunyi dapat membantu merangsang pertumbuhan khususnya bagian otak kiri yang juga berpengaruh pada kemampuan bahasa. Kebiasaan mendengarkan lagu anak juga dapat melatih kemampuan anak dalam menyerap informasi di lingkungannya.

 

Musik terkait dengan kemampuan spasial yaitu pemahaman ruang atau kondisi di sekitarnya secara lebih akurat. Kemampuan spasial membantu anak lebih mudah menangkap pelajaran di kelas serta bisa meningkatkan kemampuan hitung - hitungan matematika lho. Masuk bagian dalam seni, bagi anak yang terbiasa bermain atau mendengarkan musik punya kecenderungan lebih kreatif. Biasanya mereka berpikir cepat saat menemui permasalahan atau suatu kasus dan mampu menemukan solusi dengan lebih luwes.

 

Mempelajari not dan nada memerlukan pemahaman yang mendalam sehingga kemudian dapat membedakan not yang benar dan not yang salah. Jika salah mungkin susunan nada yang dihasilkan akan berbunyi aneh. Nah ini akan memacu si kecil untuk belajar lebih lagi supaya menghasilkan nada yang sikron dan enak didengar. Pertama kali belajar dan mengenal alat musik yang baru dapat melatih mengalahkan rasa takut. Si kecil akan belajar untuk tidak canggung atau tertutup pada hal baru. Belajar alat musik bisa melatih kepercayaan diri mereka ketika harus berhadapan atau bermain di depan orang lain.

 

Banyak banget kan manfaat dari bermain musik untuk anak-anak. Nah ternyata alat musik itu juga dapat melatih tumbuh kembang anak-anak secara berbeda. Mau tau apa aja alat musiknya? Cek langsung yuk.

 

Manfaat bermain alat musik biola

Pertama nih adalah alat musik gesek yang sering kita lihat saat menonton pertunjukkan orkestra. Alat musik biola ternyata dapat melatih kekuatan lengan lho. Tahukan kalau cara bermain biola diletakkan di pundak dan digesek dengan tongkat senar untuk menciptakan bunyi. Pada awalnya pasti sangat kelelahan ketika bermain biola pertama kali. Tenang… Ini normal kok karena sebenarnya saat kamu bermain biola dalam posisi tersebut melatih otot tubuh bagian atas dan otot lengan supaya lebih kuat. Lakukan latihan dengan posisi dan porsi yang benar sehingga kamu tak kelelahan dan lengan kamu akan lebih kuat tanpa harus berlatih ke gym.

 

Seperti yang disebutkan sebelumnya bermain biola membutuhkan kerjasama antara tangan kanan dan kiri. Ketika sedang belajar lagu yang sulit jari yang memegang senar biola, biasanya jari kiri, biasanya akan meregang jauh untuk dapat mencapai senar yang diinginkan. Jari di tangan sebelah kanan harus dapat mengendalikan penggesek. Ini semua membutuhkan ketelitian dan fokus yang tinggi. Nah ini juga dapat melatih jari-jari tangan kamu lebih fleksibel, walaupun awalnya sakit dan tegang lama kelamaan pasti akan menemukan teknik yang baru dan mudah diikuti.

 

Manfaat alat musik perkusi

Alat musik pukul satu ini bisa jadi favorit anak-anak nih. Alat musik pukul dapat membantu anak untuk mengurangi stres. Dia tak harus menggunakan kekerasan atau ikut bela diri saat dalam melampiaskan stres atau kemarahannya. Mengenalkan alat musik perkusi atau drum pada anak dapat menstimulasi perkembangan IQ dan melatih otot-otot tubuh. Main musik sekaligus bisa olahraga, jadi kamu tak perlu takut anak menjadi obesitas nih. Memainkan alat musik perkusi menggunakan seluruh anggota tubuh sehingga membantu memaksimalkan motorik si kecil.

 

Pada saat memainkan alat musik perkusi kedua tangan bergerak sesuai dengan irama. Tangan kanan dan tangan kiri bergerak mengikuti ketukan yang sesuai sehingga menghasilkan irama yang tepat. Kedua tangan harus konsisten sehingga semua anggota tubuh dapat berkoordinasi. Apa yang dipikirkan harus sesuai dengan irama apa yang ditabuh. Jika anak masih berusia di bawah usia sekolah lebih baik kamu gunakan alat musik perkusi yang lebih kecil, jangan langsung diberikan drum set yang lengkap.

 

Manfaat alat musik gitar

Bermain musik selain mengurangi stres bagi yang memainkan ternyata juga bermanfaat bagi yang mendengarkan. Kamu sudah tahu kan kalau musik klasik sangat baik untuk perkembangan otak bayi dan janin. Penelitian dari Wellnes Center Body Mind mengatakan kenyamanan jiwa yang dirasakan ketika bermain gitar tak hanya semata dinikmati oleh pemetik gitar namun juga yang mendengarkan. Alunan musik yang dimainkan lewat alat musik gitar membantu teman kita yang dalam kesedihan untuk merasa lebih baik saat mendengarkan alunan gitar yang dimainkan.

 

Bermain alat musik gitar juga bisa membantu mengurangi rasa sakit lho. Jika masih dalam keadaan dapat bermain gitar coba deh mainkan. Memetik gitar saat kamu sakit dapat mereduksi rasa sakit yang dirasakan. Mungkin tidak langsung hilang secara fisik namun secara psikologis dapat membantu mengurangi sakit yang dirasakan sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat. Manfaat tersebut merupakan hasil penelitian Universitas Utah’s Pain Research Center.

 

Manfaat alat musik piano

Piano merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara menekan tuts. Anak yang dilatih untuk bermain alat musik piano kemampuan motoriknya akan lebih terasah. Belajar alat musik piano membutuhkan waktu yang cukup panjang dengan rutinitas serta konsentrasi yang tinggi. Ini dapat membantu anak untuk menjadi lebih fokus terhadap sesuatu dan disiplin. Belajar piano juga harus pandai menganalisa hitungan not balok serta tinggi rendah nada. Jadi lewat belajar piano dapat melatih kemampuan matematika dan ketelitiannya.

 

Menurut Dr. Gordon Show belajr alat musik piano menstimulan sel-sel otak berkembang sehingga dapat meningkatan kecerdasan seseorang. Esensi dari adanya alat musik adalah untuk memenuhi kebutuhan aktualisasi dan rasa aman diri. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bermain dan mendengarkan musik akan menimbulkan ketenangan jiwa. Nada yang keluar dari piano menimbulkan rasa nyaman serta tenang bagi yang mendengarkan. Membantu kemampuan komunikasi apalagi jika dilatih sejak masih kecil.

 

Banyak sekali ya manfaat alat musik yang bisa kamu dapatkan terutama untuk si kecil. Musik membantu dalam proses penyembuhan bagi yang sedang sakit. Belajar alat musik bagi si kecil sangat baik untuk masa depannya mulai dari perkembangan otak, intelektual serta komunikasi. Ada beberapa alat musik yang bisa kamu dapatkan di BAF lho.

 

Yamaha FS-100C Gitar Akustik - Black

Gitar kece satu ini memiliki difinish gloss pada body dan matte di bagian neck, yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para gitaris yang memainkan. Memiliki skala 25 dengan perpaduan bahan kayu spruce pada bagian atas gitar dan tropical tonewwod pada bagian samping serta belakang. Didesain dengan body concert cutaway yang dapat memungkinkan gitaris mencapai not-not tinggi. Angsurannya hanya Rp150.000 per bulan*.

 

Yamaha DD75 Digital Percussion

Keren kan alat musik perkusi juga bisa digital. Tata letak perkusi digital ini mirip dengan set perkusi tradisional dengan pijakan kaki yang lebih nyaman. Penggabungan antara suara drum kit dari Pad Perkusi DTX-Multi12 yang cukup populer. Ditambah dengan peralatan perkusi baru dan suara dari drum elektronik serta memiliki 8 bantalan sentuh dan dua pedal. Angsurannya cukup dengan Rp246.000 per bulan*.

 

Keren banget kan. Pengajuan menggunakan #taktikcerdik kamu bisa dapat pulsa tambahan lho. Bisa juga mengajukan dana tunai kalau kamu ingin belajar piano klasik yang ada di film-film itu. Bermodalkan BPKB motor di bawah 10 tahun kamu bisa langsung mengajukan pembiayaan dana tunai hingga 30 juta hanya di Dana Syariah. Langsung aja mengisi data lengkap dengan klik di bawah ini.

 

KLIK DI SINI

 

 

*Syarat & ketentuan berlaku

Halo, ada yang bisa Santi bantu?