Elektronik - Furnitur

4 #TaktikCerdik Supaya Foto Liburan Mirip Selebgram

05/03/2018
BAF Indonesia
1007

Peradaban dan teknologi yang semakin maju seperti sekarang memudahkan kita mengakses segala informasi dari mana saja. Mulai dari media massa seperti televisi, radio, koran, majalah, koran elektronik sampai dari media baru yaitu internet. Hayoo… Kamu sekarang pasti lebih sering baca berita melalu internet seperti sosial media dan portal berita kan dibandingkan dengan baca koran cetak. Ini karena internet sangat mudah diakses lewat tablet, laptop dan juga telepon genggam atau yang sekarang dikenal sebagai smartphone.

 

Kemudahan mengakses internet lewat genggaman membuat semua informasi bisa diterima oleh siapa pun dan kapan pun bahkan oleh anak-anak sekali pun. Kita bisa diterpa informasi apa saja, namun di sisi lain kita dapat memilah informasi apa yang ingin kita terima dan tidak ingin kita dapatkan. Jika dahulu lewat media cetak seperti koran dan majalah kita tidak dapat memilih dan memilah berita apa saja yang ingin dapatkan, tapi di zaman now kita bisa memilih berita mana saja yang ingin dan tidak ingin kita baca. Jadi apa pun topik beritanya bisa kamu pilih sesuai kesukaan.

 

Di era teknologi seperti ini orang semakin tak ingin ketinggalan berita dan harus selalu update tak hanya dengan berita namun juga dengan gaya hidup. Update gaya hidup menjadi hal yang selalu dicari baik dari portal berita maupun sosial media. Beberapa orang semacam menjadi influencer bagi yang lain. Influencer yang dimaksud adalah orang yang sering menjadi acuan, entah itu dalam kesehariannya, baju atau style fashion yang digunakan dan juga ke mana ia pergi traveling. Biasanya orang yang menjadi influencer bisa dari public figure atau artis dan juga selebgram. Selebgram sendiri adalah orang yang populer di sosial media, khususnya Instagram. Faktor yang biasanya dijadikan ukuran popularitas adalah followers yang melebihi 10.000 sampai cara pengaturan feed Instagram. Selebgram biasanya memiliki cara tersendiri untuk mengambil gambar dan mengaturan tampilan feed akun Instagram miliknya.

 

Foto yang dipublikasi biasanya merupakan lokasi wisata yang sedang ingin dipromosikan, misalnya lokasi wisata di Indonesia. Biasanya hasil jepretan selebgram membuat kita ingin sekali berkunjung ke lokasi wisata tersebut. Pemilihan filter dan sudut pengambilan gambar yang suka bikin ternganga membuat kita terkadang ingin tahu bagaimana cara menjepret hasil foto liburan mirip selebgram. Ditambah lagi terkadang lewat captionnya selebgram sering kali menyampaikan jika saat mengambil gambar tersebut hanya menggunakan kamera smartphone. Jadinya makin penasaran kan bagaimana cara pengambilan foto liburan mirip selebgram. Ada beberapa #taktikcerdik yang bisa kamu lakukan supaya foto liburan mirip selebgram.

 

1. Bikin plan untuk gambar feed Instagram kamu

Pengguna Instagram pasti tahu banget tentang tiga grid yang ada di setiap akun Instagram. Grid ini berupa gambar yang telah kamu publikasikan alias unggah. Posisinya berjejeran sehingga akan lebih bagus kalau memiliki kontinuitas atau bercerita di setiap fotonya. Buat rencana supaya feed Instagram kamu memiliki tema tertentu atau bercerita tentang sesuatu. Misalnya saat liburan kamu sudah merencanakan akan berlibur ke Yogyakarta, maka 3 grid pertama kamu bisa mengisinya dengan suasana jalanan dan masyarakatnya. Pada 3 grid kedua kamu bisa sharing soal wisata kuliner di sana atau pun berupa referensi tempat makan yang harus dicoba saat ke Yogyakarta.

Perencanaan seperti itu membuat feed Instagram kamu lebih interaktif dan bermakna. Tak hanya sekedar pamer namun tetap bisa informatif. Selain itu kamu bisa sharing soal tempat wisata unik yang bisa dikunjungi misalnya benteng misalnya pelisiran di Pantai Gunung Kidul dan pantai apa saja yang bagus untuk dikunjungi saat ke Yogyakarta. Ide lainnya yang bisa digunakan adalah foto hitam putih. Kamu bisa memanfaat filter untuk membuat tema feed Instagram kamu, kurang lebih ada 22 filter yang bisa dipakai untuk mempercantik foto. Gunakan satu filter tertentu yang konsisten kamu gunakan sehingga pengikut atau followers langsung mengetahui bahwa itu gambar tersebut adalah milik kamu. Cari tahu beberapa influencer supaya foto liburan mirip selebgram.

 

2. Pilih pencahayaan natural

 

« Fils bosse et rends fière papa »

A post shared by Kimberley Goering (@kimi_goering) on

Kamu bisa menggunakan filter yang sudah ada di aplikasi namun kamu bisa memanfaatkan cahaya natural dari alam. Cahaya dari alam menjadi filter alami dan dapat membantu hasil foto kamu jadi lebih wow. Ketika berada di hotel dan kamu ingin mengambil foto, bisa pilih lokasi dekat dengan jendela atau di bagian teras hotel. Dari posisi tersebut cahaya biasanya masuk ke dalam ruangan. Lihat juga apakah cahaya tersebut terlalu terang, hal ini dapat menyebabkan hasil foto menjadi over.

Foto yang over lebih sulit diedit atau diutak-atik.Hindari pengambilan foto outdoor ketika jam 12 siang. Foto yang dihasilkan bisa jadi terlalu over karena matahari sedang tepat berada di atas, kamu bisa mulai mengambil foto lagi saat jam 10 atau setelah jam 1 siang. Bisa juga merencanakan pengambilan foto sebelum dan sesudah sunset. Pada saat ini bisa memanfaatkan filter alami dari cahaya matahari, ketika sebelum sunset kamu bisa mendapatkan filter agak kebiruan dan setelah sunset kamu bisa mendapatkan efek filter agak pink.

 

3. Perhatikan titik fokus dan gunakan grid pada kamera

 

#phot #photography #photographer #tags #tagsforlikes #igersitalia #igersroma #igers

A post shared by Lucy_17 (@luly_1789) on

Jika kamera yang kamu gunakan adalah kamera smartphone tetap perhatikan titik fokus yang ingin kamu ambil. Manfaatkan grid pada tampilan kamera supaya kamu bisa memosisikan obyek yang menjadikan titik fokus foto tersebut. Ketika mengambil gambar pantai gunakan garis ujung laut atau pantai sebagai patokan. Jangan memiringkan titik ujung supaya menarik perhatian ini malah membuat foto kamu tidak menarik dan menggangu. Sebelum mengambil gambar lihat terlebih dahulu obyek menggunakan mata sendiri. Hal ini membantu supaya kamu tidak mengambil gambar berulang kali karena kurang puas.

Akan lebih baik jika kamu mengambil obyek yang ada aktivitasnya. Jadi ketika kamu memilih mengambil obyek lokasi misalnya pantai atau gunung. Lihat sekeliling apakah ada aktivitas dari penduduk. Misalnya di pantai ada nelayan yang akan melaut dan mempersiapkan perahunya. Di gunung mungkin ada petani yang sedang membajak sawah. Ini bisa menjadi point of interest di foto kamu, selain menampilkan foto wide atau gambar ke seluruhan pemandangan.

 

4. Perhatikan posisi pengambilan dan angle

 

Sydney Opera House . .

A post shared by Donna (@donnas_travel_adventures) on

Jika kamu ingin menangkap gambar menggunakan pencahayaan natural harus kamu memperhatikan posisi pengambilannya. Jika ingin memanfaatkan cahaya dari jendela atau pintu, pilih posisi kamera mengikuti arah masuknya cahaya. Hal tersebut membantu supaya foto kelihatan lebih cerah. Bila kamu yang menjadi obyek foto, hal tersebut membantu kamera mengeluarkan cahaya dan warna yang lebih kaya. Usahakan ketika mengambil foto kurangi penggunaan zoom in dan zoom out kalau masih memungkinkan untuk mendekat, maka dekatkan saja kamera dengan obyeknya. Gunakan zoom in dan zoom out dalam keadaan terpaksa atau memang berbahaya.

Posisi sudah enak, sekarang tangkap obyek dengan angle yang berbeda. Pilih angle yang unik sehingga orang punya sudut pandang yang berbeda walau pun obyek tersebut sudah banyak ditangkap. Apabila ingin mengambil gambar yang sangat luas dan tidak langsung terlihat point of interest-nya kamu bisa menggunakan teknik bingkai dari obyek-obyek di sekitar fokus yang ini kamu tuju. Pembingkaian tidak harus dibuat-buat, pohon atau bangunan bisa kamu manfaatkan untuk bingkai fokus obyek. Ini akan membuat foto kamu lebih menarik dan punya cerita. Foto yang bercerita lebih baik dari foto yang memiliki teknik tinggi. Posisi duduk di pesawat juga ternyata penting lho, supaya dapat angle yang ciamik kamu bisa memilih posisi duduk dekat jendela dan pilih posisi yang tidak terlihat sayap pesawat supaya terlihat seperti di tempat duduk kelas bisnis.

 

#Taktikcerdik di atas membantu kamu supaya foto liburan mirip selebgram. Nggak susah kan yang penting banyak praktik sehingga kamu makin tahu seluk beluk pengambilan gambar yang bagus. Peluang dan kecekatan harus ditingkatkan supaya tidak kehilangan momen ketika menangkap gambar. Tak perlu khawatir para selebgram tidak melulu menggunakan kamera mahal yang harganya selangit lho. Ini dia beberapa smartphone dan kamera yang bisa kamu gunakan supaya hasil fotomu terlihat seperti milik selebgram.

 

SONY Cyber-shot DSC-WX500

Didukung pixel hingga 18.2 megapixel dan layar tampilan LED sebesar 3 inci. Kamu dapat mengatur zoom in dan zoom out hingga 30 kali zoom optic. Kamu bisa foto selfie dengan layar yang bisa diputar 180 derajat sehingga memudahkan kamu mencari titik fokus yang pas. Ajukan sekarang dengan angsuran hanya Rp344.000 per bulan*.

 

Huawei P9 Lite Smartphone

Smartphone besutan Huawei ini sungguh canggih lho, BAF Friends. Merupakan ponsel pintar Kirin650 dengan sistem Quad-Core 2.0GHz dan Quad-Core 1.7GHZ. Kamu bisa puas melihat dengan layar 5.2 inci FHD. Paling penting memiliki kamera belakang 13 MP dan kamera depan 8 MP sudah didukung RAM 3 GB dan fitur fingerprint. Angsurannya cuma Rp414.000 per bulan* lho.

 

Jadi kamu mau yang mana nih supaya foto liburan mirip selebgram? Mau yang smartphone maupun kamera saku sama-sama oke punya dan pasti terjangkau. Kamu mau? Isi data lengkap di bawah ini dan ajukan sekarang!

 

KLIK DI SINI

 

 

*Syarat dan ketentuan berlaku

Halo, ada yang bisa Santi bantu?