Dana Syariah

Berapa Biaya Persiapan Pernikahan?

08/08/2018
BAF Indonesia
1005

Mengikrarkan janji setia untuk selamanya dengan menikah mungkin impian banyak orang. Apalagi menikah itu ibadah ya, BAF Friends. Fase menikah menuntut kita menjadi insan yang pasti berbeda dari sebelumnya. Mungkin lebih mandiri karena harus hidup tanpa orang tua atau mengubah cara pandang kita terhadap kehidupan. Persiapan pernikahan bukanlah sesuatu yang main-main. Keseriusan dan kesiapan merupakan kunci utama, mulai dari lahir hingga batin.

 

Jangan sepelekan kata hati yang mengatakan kamu belum siap untuk menikah lho, BAF Friends. Sebab akibatnya bisa fatal, bisa jadi di hari menjelang pernikahan ketidaksiapan tersebut menjadi halangan kamu maju ke pelaminan. Nah makanya itu tak boleh sembarang ketika mengurus serta mempersiapkan pernikahan tersebut. Sudah siap lahir dan batin menghadapi pernikahan sekarang yang kamu perlu perhatikan adalah soal biaya persiapan pernikahan.

 

Biaya persiapan pernikahan adalah satu hal yang sering menghambat keberlangsungan pernikahan. Hal ini juga tak boleh disepelekan lho, BAF Friends. Pertama yang perlu dipertimbangkan adalah berapa banyak undangan yang akan kamu sebar. Banyaknya undangan yang kamu sebar berpengaruh kepada konsumsi, souvenir, serta besar gedung yang harus digunakan. Supaya lebih ringkas, yuk kita rinci satu per satu biaya persiapan pernikahan. Eitss… Ini hanya bersifat simulasi alias gambaran saja supaya kamu tak syok saat di lapangan.

 

Bila mengirimkan undangan hanya sekitar 100 sampai 200 kamu bisa banyak menghemat. Namun dilemanya jika Indonesia mengundang kerabat dan partner merupakan prestige sendiri. Semua tergantung prinsip kamu, anggapan pernikahan merupakan acara sakral yang seharusnya disaksikan kerabat dekat saja ini bisa menghemat budget lho. Namun jika kamu tipikal orang yang harus mengundang banyak kerabat karena pernikahan bersifat sekali seumur hidup berarti kamu harus mempersiapkan dana lebih.

 

Jumlah undangan 100 biasanya akan dihadiri dua kali lipat tamu undangan, maksimal 4 orang untuk 1 undangan. Kurang lebih totalnya bisa sampai 300 tamu yang akan datang. Kamu bisa mempertimbangkan untuk sewa gedung yang di bawah 20 jutaan. Misalnya kamu punya konsep pernikahan outdoor bisa menggunakan Gedung Arsip Nasional di daerah Tamansari, Jakarta Barat.

 

Halaman gedung ini cantik serta luas dengan latar belakang gedung a la bangunan kolonial Belanda. Nuansa romantis semakin berasa apabila kamu mengadakan resepsi di malam hari. Kapasitasnya hingga 1000 orang untuk standing party dengan harga sewa kurang lebih Rp15 juta. Terjangkau banget kan, BAF Friends.

 

Kedua adalah souvenir pernikahan, usahakan untuk memilih barang yang bisa digunakan secara berkelanjutan misalnya gelas. Harga souvenir gelas doff sablon sekitar Rp4.500/souvenir. Alokasikan untuk kerabat yang tidak bisa kamu undang misalnya sekitar 50. Total souvenir sekitar 150 buah dikalikan dengan Rp4.500, sehingga total Rp675.000.

 

Menu prasmanan 500 pax adalah Rp30.000.000 dengan perhitungan sudah termasuk air minum, buah, dan dessert. Harga katering prasmanan tersebut bisa disesuaikan dengan budget dan jumlah undangan. Dekorasi sekitar Rp30 jutaan tetap dengan konsep dan pelaminan yang sederhana dan standart ya, BAF Friends. Semuanya tergantung dengan pemilihan bunga dan lokasi pernikahan misalnya di gereja, masjid serta gedung. Pastikan harga tersebut sudah all in dan perlu ditanyakan kembali kepada pihak vendornya.

 

Buat list untuk properti tambahan seperti dokumentasi, biaya pakaian, seragam keluarga (jika ingin), kue pernikahan, MC serta paket bulan madu. Kita buat listnya secara lebih terperinci ya.

 

Estimasinya jika gaji per bulan kamu dan calon pasangan masing - masing Rp7.000.000.

 

Rp145.657.000 dibagi 2 = Rp72.837.500 dibagi 12 bulan sama dengan sekitar Rp7.000.000 per bulannya. Berarti masing-masing dari calon pengantin perempuan dan pria harus menyisihkan paling tidak 7 juta per bulan sehingga mencapai target pernikahan. Jangan lupa memperhitungkan inflasi yang terjadi per tahunnya ya.

 

Jika kamu punya keperluan untuk membayar uang muka gedung dan lain - lain tapi belum punya dananya. Kamu bisa kok mengajukan dana syariah hingga Rp30 juta. Modalnya hanya BPKB motor dengan maksimal umur 10 tahun. Isi data diri lengkapmu di bawah ini.

 

AJUKAN KREDIT SEKARANG!

 

 

 

Halo, ada yang bisa Santi bantu?