Elektronik - Furnitur

Bikin Ruang Tamu Klasik dengan #TaktikCerdik

04/04/2018
BAF Indonesia
1049

Kamu suka mengoleksi barang-barang antik atau klasik? Pasti banyak barang-barang di rumah yang bernuansa klasik atau vintage. Tak hanya barang-barang di rumah dari gaya berbusana pun mungkin juga kamu lebih memilih yang berbau klasik. Pilihan warna khaki atau cokelat tanah biasanya cukup sering digunakan. Barang-barang antik yang kamu miliki bisa dimanfaatkan juga untuk pajangan. Desain dengan tema klasik memang memerlukan kreativitas. Kreativitas bisa kamu asah dengan memadumadankan barang-barang tersebut yang biasanya memiliki warna ‘mati’ sehingga suasana di dalam ruangan tersebut bisa tetap hidup.

 

Tema klasik bisa kamu gunakan juga untuk penataan ruang tamu. Beberapa kafe menggunakan desain dengan tema klasik yang biasanya menjadi populer di kalangan anak muda karena instagramable. Nah kamu bisa mencontek sedikit desain ala ala kafe yang memiliki tema klasik, kalau istilah kekiniannya retro atau vintage. Pada dasarnya warna yang digunakan tidak harus khaki atau cokelat namun kamu bisa menggunakan warna menyolok seperti kuning, merah atau bahkan hijau. Warna-warna menyolok banyak digunakan pada zaman dulu atau style retro. Jadi kamu bisa mencoba berbagai warna tanpa harus berpatokan pada cokelat saja.

 

Desain ruang tamu klasik biasanya menggunakan beberapa bahan seperti kayu dengan burat dari serat yang terlihat. Bahan lainnya adalah besi, ini bisa kamu gunakan yang sudah dilapisi furnish supaya tidak berkarat. Besi banyak digunakan untuk pada zaman dahulu karena cukup kuat dan tahan lama. Selain itu bahan besi mudah didapatkan dan ringan saat dipindah. Desain ruang tamu klasik juga ternyata bisa menerapkan konsep minimalis lho.

Ada beberapa desain yang bisa kamu intip sebagai referensi untuk penataan ruang tamu klasik di rumah. Berikut gaya ruang tamu klasik yang bisa kamu tiru:

 

Industrial Vintage

Konsep industrial vintage mengacu pada suasana seperti di pabrik. Maksudnya bukan kamu menggunakan bahan-bahan pabrik, namun menggunakan bentuk-bentuk yang mirip mesin. Misalnya penggunaan furnitur yang berbahan dasar besi. Kamu bisa menggunakan produk-produk yang memiliki cat agak pudar atau sedikit mengelupas untuk memberikan kesan klasik atau vintage. Kursi serta sofanya gunakan yang menggunakan kayu atau besi yang bagian bawahnya terlihat tanpa kain penghalang. Potongan kayu atau besi tersebut usahakan yang kecil dan lurus tanpa ukiran atau variasi lekukan artistik.

 

Konsep industrial vintage memberikan nuansa minimalis dengan aroma klasik yang kental. Penggunaan lekukan artistik akan mengurangi nuansa minimalis karena memberikan kesan yang kompleks. Bahan untuk melapisi sofa atau kursi kamu bisa menggunakan bahan beludru (suede), kanvas, maupun kulit. Pilih warna yang menonjol seperti merah darah atau bisa juga warna hijau toska yang manis. Variasi properti yang bisa digunakan adalah radio model lama yang berbentu kotak dan garis-garis pada bagian speakernya. Ini akan memberikan kesan antik untuk meja tamu kamu. Bisa juga menggunakan vas dengan bunga plastik seperti bunga matahari atau tulip yang satu tangkai sehingga terkesan sederhana.

 

European Style

Gaya yang satu ini mengacu pada model klasik seperti khas Eropa seperti yang ada di film klasik kerajaan. Kaki sofa yang tertutup kain dengan bantalan yang empuk serta handrest yang full tertutup busa. Biasanya menggunakan kain dengan pattern tertentu, misalnya bergaris warna-warni atau bunga-bunga dengan warna pastel yang dominan. Warna hijau juga menjadi pilihan yang cukup sering digunakan. Kamu juga bisa menggunakan throw pillow yang bermotif jika sofa yang digunakan polos. Begitu pula sebaliknya, gunakan throw pillow polos dengan pilihan warna yang menyolok atau pun yang agak bertabrakan dengan warna sofa tersebut.

 

Kamu juga bisa menggunakan kain renda berbahan seperti tule yang berjaring untuk memberikan kesan artistik dan mewah. Percantik juga dengan lampu klasik yang berbentuk unik dengan motif tertentu seperti bunga atau juga garis. Bagian tirai dapat kamu permanis dengan pilihan warna emas dengan pengikat menggunakan tali yang terkepang serta rumbai kecil. Gunakan lukisan sebagai hiasan, bisa juga menggunakan vas dan guci hiasan untuk menambah kesan klasik di area ruang tamu. Karpet bermotif juga membuat kesan european semakin kental. Merenovasi rumah atau ruang tamu bisa dibantu dengan pembiayaan dana tunai supaya terealisasi. Langsung pilih Dana Syariah untuk mendapatkan dana tunai hingga 30 juta rupiah.

 

Retro

Bahan-bahan yang sudah pernah digunakan atau pun yang sudah tak terpakai bisa dimanfaatkan untuk membantu membuat konsep ruang tamu retro. Kamu bisa menggunakan kemasan produk di zaman dulu untuk dijadikan hiasan. Membuat quilt dari sprei zaman dulu yang sudah jarang digunakan untuk dijadikan sarung bantal di ruang tamu juga oke. Bebaskan kreatifitas kamu untuk mengubah barang usang menjadi barang serbaguna. Barang zaman dulu biasanya catnya memang sudah agak mengelupas, nah sebenarnya ini mempertegas konsep retro sehingga ruang tamu klasik kamu punya konsep retro yang kece. Furnish juga beberapa barang yang sudah kelihatan karatan supaya berkesan bersih.

 

Vas bunga dari botol kaca bekas juga bisa mempercantik ruang tamu kamu lho. Gunakan warna terang seperti hijau atau jingga supaya ruang tamu lebih meriah. Bisa juga menggunakan warna pastel agar terkesan ruangan menjadi lebih terlihat luas. Jika kamu menyukai tanaman kaktus bisa juga menjadikannya hiasan ruang tamu. Kamu bisa memanfaatkan kaleng bekas biskuit atau cat untuk pot. Supaya lebih menarik kamu bisa mengecat atau menggunakan piloks untuk memberikan warna pada kaleng. Bisa juga lho menggunakan ban bekas untuk furnitur kamu misalnya kursi tamu dan juga meja. Atau bisa menggunakan kayu olahan (engineered wood) serta kayu daur ulang yang memberikan kesan lebih tradisional dan dekat dengan alam.

 

Cantik-cantik kan tema ruang tamu klasik yang di atas. Kamu bisa punya beberapa furnitur cantik untuk ruang tamu klasik di rumah. Ada beberapa referensi yang cocok banget untuk membuat ruang tamu berkonsep vintage.

 

Rattan Bench Tania Sky Blue

Sumber image: Livien

 

Cocok banget untuk area ruang tamu nih. Sofa rotan ini juga bisa kamu gunakan untuk menyimpan beberapa barang dengan keranjang yang ada di bawahnya. Modelnya memang simpel tapi tetap elegan. Yakin deh ruang tamu klasik kamu makin cantik dengan sofa rotan dari Livien ini. Dengan harga sekitar Rp1.600.000 kamu bisa mengangsurnya hanya Rp152.000 selama 12 bulan.

 

Sofa Kayu Minimalis Narita 311 dengan Meja

Membuat ruang tamu bertema industrial kamu bisa menggunakan sofa kayu Narita 311 dari Fortuna ini. Warna kayu yang digunakan serta bantalan sofa yang putih memberikan nuansa industrial yang kental pada ruang tamu klasik kamu. Kamu bisa mengajukan lewat pembiayaan multiproduk dengan angsuran sekitar Rp421.000* selama 12 bulan.

 

Furniture French Series Meja Nakas Ivory

Meja nakas dari Livien ini memang khas gaya European nih. Walaupun tak terlalu klasik seperti zaman kerajaan tapi cantik banget untuk dijadikan meja pajangan atau tempat lampu. Memiliki bahan dari kayu mahoni yang kuat serta cat ramah lingkungan yaitu cat duco. Kamu tak perlu khawatir cepat terkelupas karena cukup tahan lama. Angsurannya hanya Rp150.000* selama 12 bulan lho.

 

Furnitur gaya vintage untuk ruang tamu klasik kamu bisa dimiliki dengan mengisi data diri lengkap di bawah sini.

 

KLIK DI SINI

 

 

*Syarat & ketentuan berlaku

Halo, ada yang bisa Santi bantu?