Mobil

Bingung Beli Mobil Matic? Baca Dulu Tipsnya!

26/02/2018
BAF Indonesia
1348

Tak bisa dipungkiri, mobil matic sudah banyak menjadi pilihan karena kepraktisan dan kegesitannya. Tapi tunggu dulu! Sebelum beli atau kredit mobil matic, simak tips berikut ini , yuk:

 

1. Konsumsi bahan bakar mobil matic lebih boros dari manual. Bandingkan satu produk dengan yang lainnya

Dari segi penggunaan bahan bakar, mobil matic memang lebih boros daripada mobil manual. Hal ini disebabkan karena kinerja mesin di mobil matic jauh lebih berat dibandingkan dengan mobil dengan transmisi manual. Jangan hanya memperhatikan desain atau harga mobil saja namun konsumsi bahan bakar juga harus masuk ke dalam salah satu daftar pertimbangan kamu sebelum membeli mobil matic.

Percuma jika kamu membeli mobil matic dengan harga murah namun bahan bakarnya sangat boros. Mobil tersebut justru akan menguras kantong kamu. Meskipun demikian, kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak perusahaan yang sudah memproduksi mobil matic hemat bahan bakar. Kamu bisa mencari tahu beberapa merek tersebut di internet. Misalnya, mobil matic dengan dukungan di dapur pacu mobil sehingga pemakaian bahan bakar dapat diminimalkan. Harga mobil seperti ini memang tidak murah namun kamu bisa kredit mobil agar pembayaran menjadi terasa ringan.

 

2. Pastikan kamu sudah melakukan test drive untuk uji kenyamanan berkendara

Test drive mempunyai kegunaan yang sangat penting untuk kamu. Jangan asal mengemudikan saja saat kamu melakukan test drive. Sebelum masuk ke mobil, perhatikan eksterior dari mobil tersebut seperti lekukan di bagian pintu, tinggi dan lebar, panjang, lekukan dan model bodi serta jarak bodi dengan aspal. Saat masuk ke dalam mobil, lihat juga kondisi interior mobil . Kamu harus memeriksa sistem keamanan dari mobil tersebut.

Cek kapasitas bagasi, kapasitas penumpang, ruang gerak untuk kaki, dan apakah jok mobil terasa nyaman atau tidak untuk dipakai mengemudi. Hal ini sangat penting untuk kenyamanan kamu saat berkendara. Sebelum kamu menjalankan mobil, cobalah untuk duduk di bagian belakang stir dengan posisi jok yang paling nyaman untuk kamu.

Perhatikan juga pandangan ke bagian depan, kiri, dan kanan serta periksa suhu AC di dalam mobil. Dengarkan juga suara yang dihasilkan  oleh sistem audio di mobil tersebut agar kamu bisa memeriksa kualitas suaranya. Setelah mesin menyala, jangan buru-buru untuk mengendarai mobil tersebut dengan kecepatan tinggi, sebaiknya kamu jalankan mobil dengan perlahan-lahan agar kamu dapat mengetahui performa mesin saat putaran tinggi, sedang, dan rendah. Dari semua putaran tersebut, kamu pasti dapat merasakan apakah mobil ini cukup responsif atau justru lambat.

Selain  itu, transmisi pada mobil juga menentukan kenyamanan kamu saat berkendara. Rasakan perpindahan transmisi tersebut apakah lembut atau kasar. Terakhir untuk mencoba suspensi dan handling, kamu bisa mengendarai mobil tersebut dalam berbagai kondisi jalan. Coba saja untuk mengendarai mobil tersebut di jalan bebas hambatan, tikungan, jalan bergelombang, dan berkelok.

Hal ini bertujuan untuk menilai performa mobil tersebut di berbagai kondisi jalan dan melihat apakah mobil tersebut tetap stabil saat pengereman, melalui jalan menikung atau berjalan cepat. Mobil dengan performa yang sempurna memang mematok harga yang cukup mahal namun kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai untuk membeli mobil impian kamu.

 

3. Mobil matic lebih mudah dikendarai, jadi pas untuk pemula.

Belajar mengendarai mobil ternyata memang sulit namun kehadiran mobil matic dapat memudahkan orang yang ingin belajar mengendarai mobil. Jika kamu pemula, maka mobil matic adalah mobil yang tepat untuk kamu karena mobil ini lebih sederhana dan tidak akan membuat kamu merasa kesulitan untuk mengoperasikan mobil ini. Meskipun terlihat  mudah, mobil matic tetap saja mobil yang mempunyai transmisi sehingga kamu harus menghafal posisi dari tuas transmisi tersebut saat berkendara.

Karena sistemnya yang lebih sederhana dibandingkan dengan mobil manual, maka harga yang harus dibayar untuk membeli mobil ini juga lebih mahal daripada membeli mobil manual. Ini adalah hal yang wajar apalagi saat ini mobil matic menjadi semakin populer. Ada banyak pengendara yang beralih ke mobil matic karena dirasa lebih praktis dan nyaman untuk berkendara di kota-kota besar yang dipenuhi dengan kemacetan. Nah, agar kamu tetap bisa membeli mobil matic, maka kamu bisa mengajukan kredit mobil sehingga kamu bisa mencicil mobil tersebut setiap bulan.

 

4. Mobil matic tidak memiliki engine brake sehingga pengemudi mobil harus hati-hati pada saat menggunakan rem apalagi saat melalui jalan turunan yang panjang.

Mobil dengan transmisi otomatis memiliki umur kampas rem yang lebih pendek dibandingkan mobil dengan transmisi manual karena mobil matic hanya mengandalkan rem saja untuk mengurangi laju mobil. Jika kamu ingin membeli mobil matic, maka kamu wajib mengecek sistem pengeraman secara rutin. Intensitas penggunaan rem yang sangat tinggi dapat membuat  umur kampas lebih cepat habis.

Apalagi setiap hari kamu menggunakan mobil ini di saat macet, maka sistem pengereman akan bekerja lebih berat. Jika kamu sudah merasa rem tersebut sudah aus, maka kampas rem harus segera diganti agar tidak membahayakan keselamatan kamu sendiri. Jangan pernah menyepelekan masalah ini sebelum kamu membeli mobil matic dengan mengajukan pinjaman dana tunai karena kampas rem akan masuk ke dalam biaya perawatan mobil kamu.

 

5. Pilih angsuran mobil matic terbaik, yang mudah dan aman

Banyaknya pengendara yang menyukai mobil matic membuat permintaan mobil ini semakin meningkat dan harga jual di pasaran juga dipastikan menjadi lebih mahal dibandingkan dengan mobil manual. Kredit mobil adalah langkah yang tepat agar kamu bisa mengganti mobil manual kamu dengan mobil matic yang canggih.

Pertanyannya, di mana kamu bisa menemukan lembaga yang terpercaya? BAF (Bussan Auto Finance) adalah jawaban yang tepat untuk mengajukan pembiayaan mobil yang kamu inginkan dengan persyaratan yang mudah dan cepat. Prosesnya sangat cepat dan mudah, bunganya juga sangat ringan kok! Yuk, ajukan pembiayaan di BAF dan miliki mobil impianmu sekarang!

 

KLIK DI SINI

 

Halo, ada yang bisa Santi bantu?