Dana Syariah

Bisnis Kuliner dengan Untung Luber

23/07/2018
BAF Indonesia
749

Membangun bisnis sendiri memang tak mudah, BAF Friends, namun bukan berarti tak bisa dilakukan dan diwujudkan. Memiliki hobi memasak atau makan bisa dijadikan awalan untuk kamu membuka bisnis kuliner. Semua orang membutuhkan makanan sehingga bisnis kuliner adalah bisnis yang tidak akan pernah surut. Hal tersebut juga menjadi kekurangan dari bisnis kuliner, karena semua orang butuh makanan maka banyak juga yang ingin memulai bisnis kuliner ini. Misalnya dari warteg, tenda kaki lima, sampai waralaba dari makanan siap saji yang sudah punya nama.

 

Banyak juga pengusaha bisnis kuliner yang melakukan inovasi supaya produknya tidak tenggelam dan ketinggalan zaman. Inovasi memang penting dilakukan untuk menggaet pembeli serta menciptakan tren makanan baru yang lebih kekinian. Beberapa bisnis kuliner modal yang dikeluarkan relatif lebih kecil namun BAF Friends bisa mengambil untung 100%. Nah ini juga yang menjadi daya tarik kenapa orang berbondong - bondong memulai bisnis kuliner. Ada strategi yang biasanya digunakan beberapa pembisnis nih.

 

Ada yang memiliki kontrakan untuk usaha dan diberikan kepada seseorang untuk dijadikan tempat berbisnisnya. Bila sudah ramai dan menjadi favorit biasanya kontrakan tersebut akan diselesaikan dan dijadikan tempat usaha kuliner dengan produk yang sama oleh pemilik tempat usaha. Ini sering dilakukan oleh beberapa pemilik usaha supaya bisnis kulinernya langsung ramai ketika dibuka. Akan tetapi cara seperti ini tidak disarankan ya, BAF Friends. Cara seperti ini merupakan cara instan supaya bisnis kamu langsung ramai. Padahal kamu seharusnya memulai bisnis dari awal. Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan untuk memulai bisnis kuliner.

 

Ciri khas

Memulai bisnis yang terpenting adalah ciri khas. Kamu tak harus menyajikan berbagai jenis makanan secara lengkap, ujungnya malah tak fokus dan dalam soal rasa tidak konsisten. Lebih baik kamu menentukan dari awal ingin menjual apa dan buat sesuai dengan kemampuan. Misalnya jika ingin menjual mie ayam, konsisten saja untuk berjualan mie ayam. Ciri khasnya mungkin bisa menggunakan ayam rica untuk campuran ayamnya. Tidak harus selalu menggunakan ayam kecap.

 

Begitu pun dengan rumah makan, jika ingin menjual sop daging iga bisa fokuskan saja untuk satu menu tersebut. Rumah makan yang menyajikan banyak menu sebenarnya juga akan merepotkan kamu lho, BAF Friends. Pertama modal yang kamu keluarkan lebih banyak, karena kamu harus belanja banyak bahan makanan. Kedua, fokus kamu terbagi karena harus mengembangkan serta mengerjakan banyak menu. Baiknya kamu memilih menu yang bisa dijadikan keunggulanmu serta yang kira-kira kamu pede untuk menyajikannya.

 

Cara melayani pelanggan

Jangan disepelekan soal ini lho, BAF Friends. Pelayanan kamu adalah first impression untuk pelanggan, jika ada yang kurang berkenan dari apa yang kamu tawarkan berhati-hati lah karena ini akan tertanam terus dalam diri pelanggan tersebut. Pelanggan akan ingat terus hal yang tidak berkenan saat mereka datang ke tempat makanmu. Setelah sudah kesal maka dia tidak akan merekomendasikan kepada orang lain. Misalnya saja di daerah Surakarta ada tempat makan yang bernama Warung Sate Mbok Galak.

 

Mbok Galak pemilik tempat makan ini melayani pelanggannya dengan galak. Seperti memotong daging dengan kencang hingga dibanting sampai teriak dengan karyawannya. Jadi memang sudah menjadi ciri khas pelayanannya dengan galak. Pelanggan yang datang pun sudah terbiasa hal tersebut. Menu sate dan tengkleng yang disajikan di sana pun  memang bercita rasa enak. Mungkin adalah salah satu contoh tentang pelayanan. Jika pelayananmu baik kamu juga bisa menimbulkan efek baik pada pelanggan. Ramah serta membantu pelanggan memenuhi pesenan hingga yang paling berkesan adalah kecepatan pelayananmu.

 

Urusan perizinan

Bisnis apa pun boleh kok kamu ciptakan namun jangan melupakan soal perizinannya. Jika kamu memang menggunakan tempat atau sesuatu yang memiliki nilai hukum lebih baik urus soal perizinannya. Urusan administrasi dan perizinan sering kali disepelekan padahal dampaknya krusial untuk keberlangsungan bisnis kamu nantinya. Misalnya kamu mengontrak sebuat tempat untuk dijadikan usaha kuliner, nah dimulai dari surat perjanjian kontraknya dan izin usahanya.

 

Semuanya harus dibicarakan secara terus terang kepada sang pemilik tempat. Jangan sampai tiba-tiba tempat usaha kamu didatangi orang karena pemilik usaha merasa dibohongi karena bisnis fiktif. Selesaikan terlebih dahulu semua administrasi usaha kamu sebelum membuka bisnis. Hal tersebut dilakukan supaya kamu tak perlu khawatir ketika bisnis sudah berjalan. Asas kejujuran harus kamu utamakan jika ingin berbisnis supaya bisnis kamu juga menjadi berkah untuk kamu dan orang lain.

 

Nah setelah hal-hal yang kamu persiapkan sebelum membangun bisnis kuliner sudah selesai sekarang berikut informasi bisnis kuliner kekinian dengan untung luber.

 

Tumpeng mini

Mungkin beberapa BAF Friends sudah mengetahui tumpeng mini dari selebgram atau artis-artis yang memiliki acara seperti selametan, aqiqah, tukar cincin atau pernikahan. Persepsinya saat memesan tumpeng pasti mahal kan, BAF Friends. Maka dari itu bisnis tumpeng mini mengurangi biaya tumpeng besar yang selama ini menghantui pelanggan.

 

Bento

Makan siang a la Jepang yaitu bento bisa juga kamu ikuti nih. Menunya bisa dengan menu a la Jepang, Asia atau pun Indonesia. Sistemnya bisa seperti katering atau tempat seperti besekan. Targetnya bisa untuk ibu-ibu aktif bekerja yang tidak memiliki waktu untuk menyiapkan bekal makan anak namun ingin anaknya makan makanan yang sehat. Pas banget nih dijadikan ide bisnis kulinermu.

 

 

Kue 3D

Banyaknya action figure dan tokoh kartun membuat creator kue harus lebih kreatif menciptakan kue yang menyerupai tokoh-tokoh kesukaan anak-anak tersebut. Apabila kamu jago membuat kue nah boleh mencoba untuk mempelajari membuat kue berbentuk 3D ini.

 

Jadi kamu mau mau coba berbisnis kuliner apa nih, BAF Friends? Sudah ada rencana belum kira-kira? Apabila punya ide bisnis lainnya kamu bisa langsung mengajukan dana syariah untuk modal bisnis mulai dari Rp2 juta hingga Rp30 juta lho. Langsung isi data diri lengkap di bawah ini.

 

AJUKAN KREDIT SEKARANG!

 

Halo, ada yang bisa Santi bantu?