Dana Syariah

Bisnis dengan Modal Minimalis

22/06/2018
BAF Indonesia
752

Bosan harus melulu mengejar bus kota di pagi buta dan pulang malam setelah matahari terbenam. Ini tanda kamu sudah mulai harus memikirkan untuk memiliki bisnis sendiri. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menjalankan bisnis sendiri. Misalnya adalah kamu menjadi lebih kreatif. Menjalankan bisnis mandiri kamu harus banyak putar otak supaya ‘dapur tetap mengebul’. Memutar otak dan mencoba berbagai strategi membuat kamu lebih terpacu untuk mencoba berbagai eksperimen.

 

Mencoba banyak cara supaya masalah yang kamu hadapi bisa teratasi. Misalnya saja kamu harus menghadapi barang yang ternyata tidak sesuai ekspektasi, pasti bete berat kan. Belum lagi kekecewaannya terobati kamu harus dihadapi bagaimana cara pemasaran yang harus dilakukan. Salah satu cara untuk mengatasinya mungkin kamu bisa melakukan promosi buy one get one atau pun jika membeli minimal 2 produk tersebut bisa mendapatkan hadiah lainnya.

 

Lagi-lagi kamu harus menghadapi kenyataan bahwa kamu harus mengirit sedemikian rupa modal minimalis yang digunakan. Bingung sendiri menghadapi strategi pemasaran yang harus dihadapi, lebih baik kamu memilih bisnis dengan modal minimalis terlebih dahulu deh. Kira-kira apa ya bisnis dengan modal kecil tapi punya keuntungan segunung? Nah simak dulu yuk lebih lengkapnya bisnis apa aja yang bisa kamu contek untuk strategi usahamu kelak.

 

Mie ayam keliling

Bisnis kecil yang satu ini sering dianggap sepele oleh banyak orang tapi ternyata keuntungan yang didapatkan setelahnya tergolong besar lho, BAF Friends. Memang sih pertamanya kamu membutuhkan beberapa peralatan memasak seperti dandang besar untuk tempat kuah dan air, alat memasak seperti saringan dan sutil atau sendok kuah. Hingga harus mempersiapkan gerobak. Modal awal yang dikeluarkan lumayan juga tapi dari pengalaman beberapa penjual mie ayam, mereka bisa balik modal sebesar 3 kali lipat.

 

Kamu bisa menggunakan pangsit goreng untuk tambahan. Pangsit goreng lebih awet dibandingkan pangsit basah. Pangsit goreng bisa digunakan maksimal 3 hari setelah diolah jadi kamu tidak perlu rugi saat belum habis. Usahakan untuk menakarnya ke dalam plastik kecil secara langsung sehingga tidak mudah melempem. Pangsit yang dimasukkan ke dalam plastik kecil bisa kamu tutup dengan api jadi lebih awet dan kedap udara. Usahakan untuk menyimpannya di tempat yang sejuk dan tak terpapar matahari langsung.

 

Warung kopi

Membuka warung kopi juga bermodal kecil nih. Kamu bisa memulainya dari tukang kopi keliling. Biasanya bermodalkan gelas plastik minuman sachet, air panas dalam termos dan tempat es beserta es batunya. Moda menjajakannya menggunakan motor atau sepeda. Bisa juga jika memang dalam acara yang berskala besar kamu menggunakan mobil. Biasanya simple dan praktis karena menggunakan minuman seduh dalam kemasan sehingga kamu hanya tinggal menuang air ke dalamnya. Cukup murah kok modalnya paling besar adalah Rp5.000, itu pun skalanya sudah cukup mewah.

 

Jika kamu memang punya lapak yang murah dan tak terlalu besar kamu bisa memanfaatkannya dengan menambah produk yaitu mie instan seduh dan roti bakar. Modal yang digunakan memang bertambah namun kamu bisa memanfaatkannya dengan baik. Biasanya akan ada barang tambahan seperti panci, teflon, sutil, kompor dan gas, selain itu juga mangkuk dan sendok. Namun tidak terlalu berlebihan jika ditambahkan dalam varian menu. Mie instan pada umumnya menjadi pilihan pertama dan darurat saat orang sedang lapar namun tak punya waktu banyak untuk makan. Jadi warung kopi kamu bisa lebih ramai nih.

 

Menjual gorengan

Orang Indonesia itu hobi soal makanan yang digoreng-goreng lho. Cemilan satu ini ada pertolongan pertama di kala lapar melanda. Pilihannya ada yang asin seperti bakwan, tempe dan tahu goreng. Sedangkan yang manis juga ada seperti pisang dan ubi goreng. Keduanya bisa dibeli secara bersamaan sehingga cukup praktis ketika kamu sedang mencari makanan yang asin sekaligus manis. Harga yang ditawarkan untuk gorengan juga cukup murah.

 

Tahu yang biasanya digunakan adalah tahu goreng yang berwarna cokelat dengan tambahan isian seperti sayur-mayur yang sudah dibumbui. Pilihan lainnya juga bisa menggunakan tahu Sumedang yang dikenal juga sebagai tahu pong. Teksturnya lebih garing dan renyah ketika sudah digoreng, selain itu juga lembut dan agak berongga. Tahu Sumedang ini juga menjadi favorit dalam dunia pergorengan ini. Tambahan lainnya adalah cireng atau aci goreng serta misro. Misro ini adalah singkong parut dengan isian gula Jawa yang diparut juga. Pasangannya adalah combro singkong yang diparut juga dengan isian combro tumis pedas.

 

Katering makanan

Beberapa orang yang bekerja terkadang memilih makanan yang seperti rumahan dibandingkan makan di luar. Mengakomodasi hal ini kamu bisa menawarkan kepada teman-teman kantor untuk menyediakan makan siang. Jujur deh pasti beberapa orang merasa bosan dengan pilihan di kantin atau warung pinggir jalan. Pas deh kamu bisa menjadi pilihan untuk menyajikan menu makan siang yang lebih variatif. Isinya sederhana saja seperti sayur dan lauk-pauk kamu bisa menambahkan sambal dan kerupuk supaya makin sedap. Penyajiannya bisa seperti nasi box atau juga menggunakan kotak makan sterofom yang sekali pakai.

 

Pertama kalinya kamu bisa mengajukan terlebih dahulu beberapa menu harian selama seminggu. Semakin banyak akan semakin baik. Usahakan untuk menggunakan menu yang mudah diolah dan ditakar sehingga kamu tak kerepotan ketika packaging. Jika memang sedang sepi pemesan kamu bisa memanfaatkan car free day atau beberapa acara sejenis untuk berjualan makanan. Modelnya seperti warung Tegal yang ada pilihan sayur dan lauk. Gunakan mobil untuk bisa menyajikan beberapa pilihan lauk dan sayur. Jangan lupa untuk memilih tempat yang stainless dan tahan panas untuk menaruh lauk dan sayur tersebut.

 

Jika memerlukan modal untuk bisnis kamu bisa kok memanfaatkan dana syariah dari BAF. Sistemnya mudah hanya bermodalkan BPKB motor yang berusia maksimal 10 tahun dan bisa ajukan langsung lewat website. Kamu juga bisa kok mengajukan melalui BAF Mobile dengan hanya mendaftarkan email dan nomor telepon. Buruan mengajukan sekarang mumpung ada CASHBACK Rp200.000 untuk kamu yang mengajukan dana syariah melalui aplikasi online. Isi data diri langsung di bawah ini yuk.

 

KLIK DI SINI

 

 

Halo, ada yang bisa Santi bantu?