Motor Yamaha

Cara Merawat Ban di Motor Baru Supaya Awet

17/04/2018
BAF Indonesia
850

Memiliki kendaraan bermotor harus diikuti tanggung jawabnya untuk merawatnya. Bukan perkara yang mudah memang soal perawatan kendaraan bermotor ini. Jika dari awal sudah mengambil pilihan untuk memiliki kendaraan bermotor kamu harus berkomitmen untuk merawat dan bersedia mengatur pengeluaran yang lebih sehingga bisa merawat mobil tersebut. Perawatan tersebut harus dilakukan melihat setiap mesin mobil memiliki fungsi yang berperan untuk membuat mobil tersebut bergerak. Jika ada salah satu mesin mobil yang rusak akan sangat berpengaruh terhadap kerja si mobil itu sendiri. Mungkin bisa tiba-tiba mogok atau pun mesin mobil bahkan tak bisa menyala sama sekali.

 

Beberapa kasus bahkan dapat menyebabkan mobil terbakar, baca faktor yang menyebabkan mobil terbakar pada artikel berikut ini: #TaktikCerdik Menghindari Mobil Terbakar. Di sisi lain bagi pengendara motor pun tak terlepas dari tanggung jawab merawat kendaraan. Tetap harus mengalokasikan pengeluaran lebih untuk merawat motor supaya dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan seharusnya sehingga penggunaannya tetap nyaman dan aman. Betapa bahayanya jika ternyata lampu pada motor kamu ternyata tidak menyala. Pertama kamu akan ditilang karena melanggar peraturan lalu lintas mengenai menyalakan lampu motor setiap saat. Kedua jika dalam keadaan hujan, masuk ke terowongan atau sudah malam kendaraan besar mulai dari mobil, truk atau pun bus terkadang tidak melihat keberadaan pengendara motor.

 

Situasi ini sering disepelekan oleh para pengendara motor apalagi para pengendara motor sering berada dalam blind spot sehingga kecelakaan terjadi akibat pengendara kendaraan besar tidak bisa melihat keberadaan pengendara motor. Bagaimana pun lampu depan pada motor memberi sinyal tentang keberadaan pengendara motor itu sendiri. Itu juga membantu kamu jika sering lupa menyalakan lampu pada saat dalam keadaan gelap seperti masuk terowongan, hujan atau pun malam hari. Apalagi untuk BAF Friends yang suka menyalip dari sebelah kiri. Ini juga salah satu faktor yang menyebabkan banyak kecelakaan terjadi karena seharusnya menyalip kendaraan lain dimulai dari sebelah kanan.

 

Banyak pengendara motor yang sering melupakan betapa pentingnya safety riding. Selain menyalakan lampu motor pada siang hari serta tidak menyalip dari kiri ada hal lain yang juga penting tapi sering dilupakan. Misalnya adalah menggunakan perlengkapan seperti helm, sepatu, celana panjang, serta jaket untuk melindungi kulit terpapar langsung angin atau matahari dan berfungsi ketika kecelakaan terjadi sehingga kulit tak langsung terkena aspal jalanan. Jadi menghindari luka yang parah serta guncangan yang besar. Helm merupakan perlindungan pertama ketika kamu mengendarai motor. Melindungi kepalamu dari bahaya kecelakaan atau terpentok dahan pohon. Serta melindungi dari terpaan angin atau sinar matahari berlebih. Melindungi penglihatan dari debu sehingga terhindar dari masuknya benda asing ke mata atau lebih dikenal dengan kelilipan.

 

Selain hal di atas hal yang sering disepelekan oleh pengendara motor yaitu kelayakan ban motor. Perawatan ban motor juga cukup penting lho. Ukuran ban serta tekanan udara yang tidak pas dapat membuat motor berjalan oleng serta kenyamanan berkendara jadi terganggu. Perawatan terhadap ban tidak boleh terlupakan saat kamu servis rutin ya BAF Friends. Ada beberapa tips merawat ban motor supaya baik jalannya.

 

Cek keadaan pentil ban motor

Selalu cek keadaan pentil ban motor BAF Friends. Jangan sampai pentil ban tersebut dalam keadaan bocor ketika BAF Friends sedang mengendarainya. Cara memeriksa pentil ban motor yang bocor cukup mudah lho BAF Friends. Kamu bisa meneteskan air di atas lubang penting. Jika ditemukan gelembung yang kemudian pecah, ini menandakan pentil ban kamu dalam keadaan bocor. Lebih baik untuk langsung mengganti pentil ban motor kamu dengan yang baru.

 

Perihal tekanan ban

Ketidaksesuaian tekanan angin dan beban penumpang dapat membuat ban ‘kewalahan’ nih BAF Friends. Jika tekanan angin pada ban kurang bisa membuat ban tidak bisa menahan beban berat. Ini menyebabkan lebar ban tidak sesuai dengan ketentuan yang dikapasitaskan. Perhatikan ban motor kamu jika sering bocor, bisa jadi itu karena kapasitas penumpang melebihi kekuatan standar dari motor tersebut.

 

Gunakan velg sesuai dengan ukuran

Modifikasi sering kali malah merusak ban motor kamu. Terkadang motor tersebut dimodifikasi sedemikian rupa sehingga mengubah bentuk asli dari velg motor tersebut. Ada beberapa pengendara yang bahkan menggunakan velg sekaligus ban sepeda untuk digunakan pada motornya. Hal ini sangat membahayakan pengendara motor karena ketimpangan antara ban dan mesin motor membuat ban akan lebih mudah bocor dibandingkan menggunakan ban yang standar.

 

Ban motor pabrikan yang sudah menempel dengan motor pada saat membeli sudah didesain dan diuji sesuai dengan kemampuan dan berat motor tersebut. Jadi bayangkan saja jika BAF Friends menggantinya dengan yang ban yang lain bisa jadi terlalu besar atau pun terlalu kecil. Keduanya tetap membahayakan bagi pengendara motor. Tekanan angin yang pas akan membantu motor menapak pada jalan lebih sempurna. Jika kurang menapak atau berlebih bisa terjadi selip pada saat jalanan licin atau berlubang.

 

Jadi BAF Friends masih mau sembarangan merawat motor? Membeli motor tidak semudah yang dipikirkan apalagi merawatnya perlu perhatian ekstra apalagi harga motor juga tidaklah murah. Kamu bisa memilih Aerox 155VVA R-Version Yamaha Movistar Livery dengan warna cat yang mirip dengan motor balap Valentino Rossi kamu bisa lebih nyaman dengan motor Aerox ini.

 

Didukung super wide tubeless tire yang menampilkan kesan sporty serta lebih stabil ketika bermanuver. Angsurannya Rp1.080.000 per bulan* untuk bisa bawa pulang si gesit ini. Yuk langsung isi data diri lengkap dengan klik di bawah ini.

 

KLIK DI SINI

 

 

*Syarat dan ketentuan berlaku

Halo, ada yang bisa Santi bantu?