Motor Yamaha

Cari Pasangan Harus Tepat Seperti Cari Ban

24/04/2018
BAF Indonesia
764

Memilih pasangan memang susah ya BAF Friends. Ada yang kita suka tapi dia nggak suka. Kadang ada yang dia suka tapi kitanya nggak suka. Mungkin ada yang sudah sama-sama suka tapi ternyata orang tuanya nggak suka atau malah ditikung sama teman sendiri. Sad kan jadinya. Jangan-jangan malah pacar orang nih yang kita taksir. Eits nggak boleh ya BAF Friends. Mencari pasangan terkadang bisa tanpa rencana, dia suka datang ketika kita tidak sedang mencari. Yah namanya rencana Tuhan, kadang Dia akan memberikan ketika kita benar-benar membutuhkan kan.

 

Seperti mencari pasangan, mencari ban untuk motor kita pun nggak boleh asal pilih lho BAF Friends. Kita butuh kenyamanan dan keamanan dalam suatu hubungan begitu juga dengan ban. Harus memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Ban merupakan fungsi yang penting untuk kendaraan. Tanpa ban, motor tidak akan dapat berjalan seperti biasa. Jika diibaratkan tubuh manusia, ban seperti kaki kita jika kaki kita sakit maka pasti saat berjalan atau melakukan aktivitas jadi kurang nyaman dan terganggu kan BAF Friends. Sama seperti jika adalah masalah dengan ban, mungkin ban yang tidak sesuai dengan kendaraan kamu atau tidak cocok dengan kondisi jalanan.

 

Beberapa hal harus kamu perhatikan ketika akan memilih ban yang tepat. Ukuran ban harus tepat dan sesuai dengan kegunaan motor tersebut. Ukuran ban tergantung dari velg yang digunakan. Pada ukuran standard ban adalah 70/90 dan 80/90. Sedangkan untuk ukuran motor injection yang dikenal dengan motor matic, ban yang digunakan biasanya 80/90 dan 90/90. Perhatikan ban pabrikan yang diberikan ketika kamu baru membeli motor. Ban tersebut merupakan ban standard yang sudah disesuaikan fungsi motor tersebut.

Jadi ketika kamu mengganti dengan yang ukuran lain hati-hati jika jalannya menjadi kurang nyaman.

 

Hidup di negara tropis membuat kita harus memperhatikan perawatan ban dengan sungguh-sungguh. Memperhatikan perawatan terhadap ban secara ekstra sangat penting karena suhu pada aspal akan sering berubah-ubah sebab perubahan musim di Indonesia terkadang cukup ekstrim. Pada awal membeli kamu pasti sudah memperkirakan akan digunakan untuk apa motor nantinya. Apakah itu untuk acara touring, pemakaian sehari-hari untuk bekerja atau pun membalap. Tujuan tersebut membuat kebutuhan terhadap ban juga sudah pasti berbeda. Bahkan perbedaan topografi pun mempengaruhi ban seperti apa yang motor butuhkan. Jika jalan cukup terjal alias berbukit- bukit membutuhkan ban yang berbeda dengan kamu yang biasanya melewati jalan yang datar seperti daerah perkotaan.

 

Menggunakan ban yang memiliki permukaan telapak sedang. Ban dengan telapak yang relatif kecil tidak terlalu memakan bahan bakar. Motor juga biasanya terasa tingan dan penggunaannya menjadi lebih lincah. Ini lah yang membuatnya lebih irit bahan bakar. Perlu diingat bahwa ban dengan tipe tersebut akan membuat ban motor lebih mudah slip, terpeleset hingga membuatmu terpelanting. Ban motor menjadi mudah pecah sehingga kamu harus ekstra hati-hati saat bermanuver. Lebih gunakan ban denang telapak yang sedang sehingga lebih aman dan stabil serta bahan bakar lebih efisien. Ban dengan telapak sedang sangat baik untuk penggunaan sehari-hari.

 

Tahu kah kamu BAF Friends, jika ban motor juga memiliki best before date. Perlu BAF Friends perhatikan tahun pembuatan ban tersebut. Bisa dilihat dari kode pada motor jika terlihat 1115 mempunyai arti minggu ke 11 dan 15 adalah akhiran tahunnya. Jangan lupa untuk memperhatikan kode ini ketika mengganti ban sehingga kamu bisa mengira-ngira berapa tahun lagi kamu harus mengganti ban motor tersebut. Usia motor impor dan lokal itu berbeda lho, BAF Friends. Ban impor sendiri dapat tahan hingga 2 tahun sedangkan ban lokal lebih singkat yaitu 1 - 2 tahun. Perlu diingat jika ban impor belum tentu sesuai digunakan untuk iklim di Indonesia lho BAF Friends.

 

Ada beberapa jenis ban yang harus kamu ketahui supaya tak salah pilih. Yuk cek dulu.

 

Ban basah

Jika kamu tinggal di daerah yang sering hujan atau bercuaca lembap dan basah, coba gunakan ban basah. Kembangan pada ban basah biasanya lebih besar sehingga dapat menyalurkan air lebih cepat ketika melewati jalan yang basah. Alur kembangan tersebut biasanya ada hingga tepian ban sehingga bisa langsung membuang air yang masuk ke ban dan dialirkan kembali ke permukaan jalan. Akan tetapi traksi ban akan berkurang pada saat jalanan kering. Ban basah atau wet tire tidak cocok digunakan untuk sehari-hari.

 

Ban kering

Pada ban kering alur kembangan tidak terlalu besar dan kompleks. Jika BAF Friends pernah melihat pada saat perhelatan Moto GP kamu mungkin memperhatikan motor pembalap yang digunakan menggunakan ban yang halus tanpa kembangan. Ban motor seperti ini atau dry tire akan membuat motor berakselerasi secara maksimal. Seperti namanya ban kering cocok digunakan untuk jalanan yang kering. Tak perlu khawatir akan terjadinya selip karena ban ini cocok untuk penggunaan sehari-hari. Namun harus berhati - hati ketika melewati jalanan yang basah ya, BAF Friends.

 

Ban basah dan kering

Dari namanya mungkin sudah ketahuan jika ban ini dapat digunakan dan berfungsi baik di jalanan yang kering maupun dengan basah. Di Indonesia ban basah dan kering ini banyak digunakan, karena paling cocok dengan iklam di Indonesia yang tropis. Tak perlu bingung ketika akan mengganti ban karena di setiap bengkel pasti akan ada kategorinya sendiri dan BAF Friends bisa lihat langsung apakah itu jenis ban basah, kering atau ban basah kering. Perhatikan juga penilaian dari bengkel biasanya bengkel resmi sudah menggunakan pabrikan yang sesuai dengan kebutuhan motor.

 

Ban offroad

Motor yang sering digunakan untuk offroad memiliki kebutuhan khusus pada bannya. Penggemar motor cross biasanya sudah mengetahui karena ia harus selalu menghadapi jalan ekstrem yang berbatu serta berlumpur. Kembangan yang digunakan pada ban offroad biasanya besar dan menonjol, beberapa ada yang berbentuk kotak - kotak. Bentuk yang menonjol dibuat sehingga dapat melewati jalan yang terjal dengan medan yang berliku. Tapi perlu diingat, BAF Friends, jangan menggunakan ban offroad pada jalan raya yang datar dan halus karena cenderung akan licin dan membuat motor tidak stabil.

 

Dari beberapa jenis ban tersebut mungkin yang paling cocok untuk digunakan di jalan Indonesia adalah ban basah kering. Cuaca yang sering berganti dari musim kering ke musim hujan membuat masyarakat Indonesia membutuhkan ban yang dapat beradaptasi dengan cepat. Jika kamu ingin bermanuver dengan lebih leluasa Vega Force cocok banget nih.

Memiliki kembangan lurus cocok untuk penggunaan sehari-hari serta di jalan kering maupun basah. Desainnya lebih sporty dengan fuel injection serta teknologi Euro 3 yang membuat motor Vega Force ini ramah lingkungan. Gimana? Oke banget kan. Kamu bisa mendapatkannya dengan angsuran hanya Rp900.000 per bulannya*. Yuk langsung ajukan dengan mengisi data diri lengkap di bawah ini.

 

KLIK DI SINI

 

 

 

*Syarat & ketentuan berlaku

Halo, ada yang bisa Santi bantu?