Dana Syariah

Dulang Rupiah dari Hobi

03/09/2018
BAF Indonesia
659

Senangnya jika bisa menjadikan hobi sebagai ladang untuk memanen pundi - pundi penghasilan. Era digital seperti sekarang ini bisa menambah peluang hobi menjadi sebuah profesi lho. Lihat saja sekarang bertebaran influencer media sosial seperti selebgram dari Instagram atau vlogger dari kanal video Youtube. Tua muda kini mulai beralih profesi menjadi influencer, bahkan cita - cita anak kini berubah. Jika ditanya ingin jadi apa saat dewasa mereka akan menjawab “Menjadi Youtubers.” Nah makin yakin kan jika apa pun hobi kamu bisa jadi bisnis.

 

Yuk cek hobi apa aja yang bisa kamu manfaatkan jadi bisnis!

 

Penulis

Hobi menulis harus kamu manfaatkan lho. Mau jadi penulis buku, penulis lepas (freelancer), atau pun blogger semuanya bisa kamu lakukan. Enaknya menulis bisa dilakukan di mana pun kamu mau. Bisa di cafe, restoran, atau tempat wisata sekalipun. Tema menulisnya bisa dari banyak sudut pandang, misalnya jika kamu suka traveling. BAF Friends bisa mengulas mulai dari tiket perjalanan atau detil kendaraan yang digunakan. Selain itu itinerary yang akan dikunjungi selama perjalanan wisata ini.

 

Jika kamu membuat semacam reportase atau berita ringan, artikel ini bisa dikirimkan kepada beberapa portal berita. Beberapa portal berita memberi kesempatan kepada penulis lepas untuk berkontribusi mengisi konten di rubriknya. Perhitungannya nanti dari banyaknya tulisan yang dipublikasi dalam kanal tersebut. Selain portal berita kamu bisa mempublikasikan di portal website sendiri alias blog. Tak ada salahnya untuk menceritakan pengalaman pribadimu ke blog yang juga menjadi milik pribadi.

 

Fotografer

Hobi foto - foto bisa sekalian mengumpulkan pundi - pundi penghasilan juga. Yes! Kamu bisa jadi fotografer nih. Entah itu dadakan atau dijadikan profesi yang bersifat profesional. Berawal dari obrolan teman kamu bisa menawarkan jasa fotografi untuk prewedding, maternity photography, atau saat acara graduation. Selain itu kamu bisa memanfaatkan kesempatan kepada perusahaan - perusahaan yang memerlukan fotografer untuk acara internal mereka seperti outing atau pun acara eksternal seperti CSR.

 

Enaknya kamu bisa bekerja secara mobile dan bisa dari tempat mana pun sesuai dengan permintaan perusahaan. Termasuk beberapa media juga membutuhkan jasa fotografer lepas untuk meliput berita yang biasanya lebih ke jenis soft news seperti berita gaya hidup, dekorasi rumah dan sebagainya. Dulang rupiah dari hobi fotografer pas banget untuk kamu yang tidak suka bekerja di dalam ruangan atau yang biasa disebut back office.

 

Koki

Dulang rupiah dari hobi masak, bisa banget kok. Apalagi kamu yang menekuni hobi masak ini secara formal hingga mendapat lisensi koki. Serunya jika kamu punya ruangan sisa bisa dimanfaatkan untuk warung makan atau pun restoran. Jika kamu suka makanan Indonesia, enaknya bikin warung makan seperti warung Tegal atau warung nasi ramesan. Jadi sepelekan omzet warung makan seperti warteg lho. Walaupun sepertinya tidak besar dan tak fancy tapi omzetnya bisa mencapai 100% lho.

 

Makanan merupakan produk yang sangat berisiko sehingga kamu harus memperkirakan kerugian, contohnya jika basi karena hanya bertahan hingga 5 jam. Jadi pemilihan menu sangat penting nih. Menu sayur memang paling susah diprediksi sehingga harus dialokasikan berapa olahan menu sayur yang akan dibuat per harinya. Nah dari ini lah kamu bisa menentukan harga jual yang akan digunakan.

 

Kamu berminat untuk membuat bisnis yang mana nih? Atau punya ide bisnis sendiri? Nggak perlu khawatir tentang modal bisnis deh karena dengan Dana Syariah kamu bisa mendapatkan modal bisnis hingga Rp30 juta.

 

Ajukan Kredit Sekarang!

Halo, ada yang bisa Santi bantu?