Elektronik - Furnitur

Hindari Penyakit Jantung dan Diabetes dengan Bersepeda

06/03/2018
BAF Indonesia
1340

Jika kamu tipe orang yang tidak suka berolahraga apalagi olahraga yang sangat menguras energi seperti lari atau ke tempat gimnasium, mungkin  kamu bisa bersepeda. Melihat pemandangan sekitar atau ke tempat-tempat indah bisa ditempuh sambil bersepeda. Kamu tak terlalu merasa seperti berolahraga namun badan tetap menjadi sehat. Sambil bersepeda kamu bisa sekalian melepas penat dan stres sekaligus bisa berkeringat.

 

Bersepeda ternyata merupakan olahraga kardio lho. Artinya olahraga ini sangat baik untuk kesehatan organ jantung dan metabolisme tubuh.,Bukan hanya itu saja, ternyata bersepeda sangat baik untuk kinerja paru-paru dan meningkatkan sistem sirkulasi darah, Membantu menurunkan kolesterol jahat yang  dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Setiap hari mengayuh sepeda membantu melatih otot jantung sehingga lebih optimal dalam menyalurkan darah serta oksigen ke otak dan seluruh tubuh.

 

Semakin efektif darah menyalurkan oksigen ke otak dan seluruh tubuh  maka semua organ tubuh bekerja lebih baik. Ketika kardiovaskular dan sistem peredaran darah membaik maka semakin rendah risiko kamu mengalami stroke, tekanan darah tinggi dan jantung koroner. Tak hanya otot jantung yang terlatih namun juga otot-otot di bagian kaki. Rajin bersepeda membantu memperkuat otot-otot lainnya lebih fleksibel sehingga perkara kram dan pegal-pegal bisa berkurang. Mengayuh sepeda baik juga untuk metabolisme tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kamu tak mudah terjangkit penyakit.

 

Tahukah kamu bersepeda baik untuk menghindari diabetes?

Bersepeda rupanya mampu mengurangi dan mencegah penyakit diabetes. Bagaimana bisa?  Aktivitas fisik yang dilakukan selama mengayuh sepeda dapat meningkatkan produksi insulin, selain itu juga membantu mengontrol kadar gula darah (glukosa) dalam darah. Tak perlu lama-lama dan memaksakan diri saat bersepeda. Kamu bisa bersepeda selama 2 jam selama seminggu atau rata-rata sehari 15 sampai 20 menit. Sebenarnya penyebab utama dari penyakit diabetes ini adalah gaya hidup yang menyebabkan stres tinggi.

 

Pada umumnya penyakit diabetes dapat merusak sistem saraf bagi penderitanya. Berolahraga dapat mencegah kerusakan sistem saraf tubuh dan sekaligus aliran darah ke kaki lebih lancar. Tak perlu memaksakan diri, harus bersepeda hingga 20 menit dan menempuh jarak yang jauh, kamu bisa lakukan sekuatnya walaupun itu hanya 5 menit, sebab lama-kelamaan kamu akan terbiasa dan mulai menambah waktu bersepeda. Kayuh sepedamu dengan berkeliling kompleks atau ke taman dekat rumah,  tak perlu jauh-jauh.

 

Bersepeda baik juga untuk kamu yang mengalami obesitas nih. Olahraga sepeda sangat dianjurkan bagi yang mengalami obesitas karena membantu membentuk dan menurunkan berat badan menjadi lebih ideal. Sisi lainnya bersepeda dapat mengurangi stres sehingga kamu tak terlalu memikirkan sedang dalam proses diet atau benar-benar berolahraga.

 

Bersepeda bisa menghindari penyakit kardiovaskular

Mengayuh sepeda selama kurang lebih satu jam dapat membakar kalori sekitar 400-500 kalori. Orang dengan berat badan sekitar 80 kg mampu membakar hingga 500 kalori per satu jam mengayuh sepeda.Seperti yang disebutkan sebelumnya bersepeda sangat baik untuk kesehatan kardiovaskular. Apa sebenarnya kardiovaskular itu? Kardiovaskular merupakan sistem peredaran darah dari katup jantung kiri ke kanan. Arti harafiahnya cardio merupakan jantung dan vascular berarti jaringan pembuluh darah. Penyakit kardiovaskular sendiri biasanya kita kenal seperti jantung koroner, stroke dan serangan jantung.

 

Seperti misalnya penyakit jantung koroner, terjadi akibat pengerasan dan penyempitan pembuluhkoroner jantung karena pembentukan plak. Penyebabnya bisa karena kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, merokok, tidak suka bergerak, obesitas, dan sebagainya. Ngeri kalau kita membicarakan penyakit kardiovaskular ini apalagi jantung merupakan organ vital penting dalam tubuh. Semuanya bisa dibantu dengan bersepeda.

 

Mengayuh sepeda membuat denyut jantung bekerja lebih mantap, tak hanya untuk untuk orang yang menderita penyakit jantung namun juga kamu yang sering mengalami tekanan darah rendah dan anemia. Bersepeda membantu melancarkan peredaran darah sehingga kamu tak mudah lemas atau pucat. Denyut jantung yang lebih stabil dapat meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh.

 

Kedua penyakit tersebut adalah penyakit zaman now yang paling sering ditakuti. Stres di era sekarang tak bisa terelakkan, apalagi melihat gaya hidup yang makin tak menentu. Nah bersepeda mampu mengeluarkan hormon endorfin. Hormon endorfin memicu suasana hati menjadi lebih positif, lebih bahagia dan menimbulkan rasa nyaman. Endorfin juga mampu mengurangi rasa sakit. Adanya rasa nyaman dalam tubuh mampu mengurangi beban yang ada dalam diri kamu. Apalagi kamu sambil menikmati pemandangan ketika bersepeda, tingkat stres kamu semakin turun. Hal ini menyebabkan kamu lebih sehat, karena stres merupakan akar dari semua penyakit. Menunjang hobi bersepeda kamu bisa memilih beberapa sepeda yang asyik untuk diajak jalan-jalan sore.

 

United Sepeda MTB 26 Inci Monanza 2.0

Sepeda gunung dari United ini cocok untuk medan jalanan dan yang sedikit off-road. Terdapat rem cakram dan komponen Shimano dengan jaminan mutu terutama soal ketahanan. Rangkanya terbuat dari besi kuat yang tahan banting dengan pilihan kecepatan 3 x 7. Tak perlu khawatir soal pengoperan giginya karena cukup diputar sehingga gampang, ringan dan nyaman walau pun di tanjakan. Angsurannya hanya sekitar Rp177.000 per bulan*.

 

Sepeda London Taxi CRB L 26 Inci

Merupakan sepeda dengan desain klasik yang cocok untuk perkotaan. Dilengkapi dengan Shimano 6 speed, rangka Hi Ten Steel, serta frame size 480 mm. Sepeda London Taxi sangat nyaman digunakan untuk kamu yang senang berkeliling di sekitar jalan kompleks dan jalan yang datar sambil menikmati lingkungan serta pemandangan sekitar

Sepeda London Taxi CRB L 26 Inci adalah sepeda city bike 26 inch yang didesain classic dengan Shimano 6 speed, frame Hi ten steel, serta frame size 480 mm. Sepeda edisi London Taxi ini juga dilengkapi ban berukuran 26 x 1.50 untuk memberikan kenyamanan dan performa bersepeda di jalan perkotaan yang datar. Kamu bisa mendapatkannya dengan angsuran hanya Rp352.000 per bulan*.

 

Seru banget kan punya sepeda mumpuni yang cocok digunakan untuk leisure time sambil olahraga. Jangan lupa untuk selalu konsultasikan terlebih dahulu mengenai kesehatan dan bagaimana solusi bersepeda yang paling tepat untuk kamu karena pasti kebutuhan masing-masing orang berbeda. Kalau kamu mau punya sepeda di atas bisa langsung mengajukan dana tunai atau dengan pengajuan kategori multiproduk lewat online lho. Isi data diri lengkap kamu di bawah ini ya!

 

KLIK DI SINI

 

 

 

*Syarat dan ketentuan berlaku

Halo, ada yang bisa Santi bantu?