Elektronik - Furnitur

Ikuti #TaktikCerdik Ini Agar Tak Salah Pilih Mesin Cuci

20/03/2018
BAF Indonesia
1333

Cuci mencuci merupakan urusan rumah yang sering disepelekan. Baju yang digunakan sehari-hari harus dalam keadaan benar-benar bersih. Penyebaran penyakit kulit akibat pakaian yang kotor mudah sekali terjadi. Mulai dari gatal-gatal, jamur kulit maupun alergi bisa mengganggu pemakainya. Jika kebersihan pakaian tidak diperhatikan penampilan sehari-hari juga bisa terpengaruh. Pakaian yang digunakan sehari-hari sudah bercampur dengan keringat serta debu sehingga mencuci pakaian harus dilakukan secara rutin.

 

Bagi kamu yang suka menumpuk pakaian juga harus hati-hati lho. Pakaian yang ditumpuk akan menyebabkan pengendapan materi walaupun kamu menumpuk hanya sehari atau dua hari tetap saja bau pada pakaian akan tidak sedap. Apalagi bagi kamu yang banyak kegiatan di luar sehingga produksi keringatnya cukup tinggi dan kamu yang suka merokok. Asap rokok yang menempel pada pakaian lebih sulit dihilangkan walaupun sudah dicuci beberapa kali. Jika pakaian yang terkena asap rokok ditumpuk semakin lama, coba bayangkan baunya akan seperti apa kan.

 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pakaian yang tidak dicuci dengan bersih dapat menimbulkan gatal-gatal dan alergi. Ini bisa jadi karena adanya kutu yang hidup di pakaian kita. Pakaian yang digunakan sudah mengandung banyak kuman dan bakteri akibat debu serta keringat. Jika ditumpuk lagi kuman dan bakteri akan semakin banyak menempel pada pakaian apalagi ada kutu yang senang tinggal di pakaian kotor. Kuman dan kutu tersebut bisa saja bertelur dan berkembang biak di pakaian kita. Padahal kita tahu kuman dan kutu tersebut berbahaya atau tidak. Nah bahaya banget kan, BAF Friends.

 

Pakaian yang ditumpuk terlalu lama juga menyebabkan noda yang tertinggal lebih sulit dihilangkan. Berbeda dengan pakaian yang langsung dicuci, pakaian kotor sudah mengendap noda dan bakterinya sehingga lebih sulit dihilangkan walaupun sudah disikat sekalipun. Ada cara mudah untuk menghilangkan noda di pakaian. Siapkan sikat, tepung jagung dan cairan cuci piring. Bilas terlebih dahulu pakaian yang terkena noda tersebut, kucek dengan cairan cuci piring sampai noda hilang. Bila masih ada noda yang tertinggal gunakan tepung jagung dan sikat dengan sikat gigi sampai noda hilang.

 

Kegiatan mencuci memang menyita banyak waktu apalagi untuk kamu yang mobilitasnya tinggi dan jarang di rumah. Pakaian jadi menumpuk sampai akhir pekan tiba, baru bisa kamu cuci. Kamu bisa kok menggunakan mesin cuci untuk mempersingkat waktu mencuci kamu apalagi kamu masih bisa melakukan pekerjaan lain saat mencuci dengan mesin cuci. Berikut ada beberapa tips memilih mesin cuci yang paling baik.

 

Sesuaikan keperluan

Tentukan dulu berapa banyak anggota keluarga kamu, apakah 3-4 orang atau lebih dari 4 orang. Jika 3 sampai 4 orang kamu bisa menggunakan mesin cuci berkapasitas 8kg, apabila lebih dari 4 orang gunakan mesin cuci yang berkapasitas lebih besar. Selain itu keperluannya untuk apa, apakah hanya untuk penggunaan rumah tangga atau kah untuk keperluan laundry. Pastinya jika untuk laundry kapasitas mesin cuci yang harus dipilih lebih besar.

 

Penggunaan rumah tangga tidak memerlukan teknologi yang tinggi sesuaikan saja fungsinya untuk mencuci dan mengeringkan. Apabila ada tambahan pilihlah yang child safe sehingga aman digunakan ketika anak sedang iseng bermain. Saat membeli pastikan mengecek daya pemakaian listrik dari mesin cuci pilihan kamu. Ada beberapa pilihan mesin cuci murah namun daya pemakaian listriknya cukup boros. Bandingkan beberapa pilihan tersebut mana yang paling hemat penggunaan daya listriknya.

 

Layanan setelah membeli

Penting untuk menanyakan apakah mesin cuci tersebut mendapatkan garansi selama berapa lama. Kita tak tahu bagaimana kondisi mesin cuci yang ditawarkan, bisa jadi berhenti beroperasi saat sedang atau baru dijalankan. Penting untuk mengetahui service center produsen mesin cuci tersebut. Apakah sparepart yang digunakan dalam mesin cuci tersebut mudah untuk dicari atau tidak. Pilih merk produsen yang sudah terpercaya dan mempunyai banyak service center yang terjangkau.

 

Memilih produk dari produsen yang sudah terkenal dan terpercaya membuat kita lebih sedikit untuk worried. Tanyakan semua sebelum kamu membeli mulai dari cara pemakaian, prosedur pengembalian apabila terjadi apa-apa pada mesin cuci tersebut. Bagaimana cara claim saat akan mengajukan ke service center, apa saja syarat perlu disiapkan serta kemudahan mengakses service center tersebut. Jangan sampai kamu kesulitan setelah membeli mesin cuci ini ya.

 

Memilih jenis mesin cuci

Perbedaan fitur dan jenis mesin cuci sering kali membuat bingung pelanggan yang ingin membeli. Ada beberapa perbedaan dari jenis mesin cucinya sendiri, ada yang menggunakan 1 tabung, ada yang menggunakan 2 tabung. Selain itu juga dibedakan melalui tempat memasukkan pakaiannya ada yang top loading dan front loading. Belum apa-apa sudah bikin bingung kan, BAF Friends. Cara penggunaannya tak ribet kok, berikut detil lengkapnya.

 

Mesin cuci 1 tabung. Mesin cuci 1 tabung memiliki tabung tunggal yang berbeda mengikuti jenis bukaannya. Ada bukaan depan (front loading), ada pula yang bukaan atas (top loading). Ini merujuk pada tempat kamu memasukkan pakaiannya. Mesin cuci satu tabung biasanya dioperasikan dengan cara otomatis. Cocok sekali untuk kamu yang sibuk dan tak punya waktu banyak untuk mencuci.

Jika kamu merupakan ibu yang bekerja sekaligus mengurus anak lebih baik menggunakan mesin cuci ini. Pengoperasian yang otomatis merujuk pada sistem penggunaan. Mesin cuci 1 tabung menggabungkan pencucian dan pengeringan dalam satu tabung. Mesin cuci 1 tabung juga ada yang memiliki sistem operasi semi otomatis. Kamu harus menguras dan menambahkan air ke dalam tabung sendiri.

 

Mesin cuci 2 tabung. Mesin cuci 2 tabung merupakan mesin cuci semi otomatis yang lebih populer. Sesuai dengan namanya mesin cuci ini memiliki 2 tabung yang berfungsi untuk memutar atau mencuci pakaian dan tabung yang lainnya untuk mengeringkan pakaian. Semi otomatis karena kamu mengatur sendiri semua pengoperasiannya. Mulai dari memberikan deterjen, menyetel kecepatan putaran hingga penggunaan airnya.

Kamu harus memasukkan air yang akan digunakan sesuai dengan yang ingin kamu gunakan. Bukan berarti kamu harus memasukkan air menggunakan ember ke dalam mesin cuci ya tapi saluran air bisa diatur sesuai dengan keperluan. Misalnya kamu sedang mencuci pakaian berarti saluran air diarahkan ke tabung cuci, begitu pula jika kamu ingin mengeringkan saluran air bisa kamu arahkan ke tabung pengering.

 

Masih bingung, BAF Friends? Ada beberapa referensi mesin cuci yang bisa kamu gunakan untuk keperluan rumah tangga nih. Cekidot.

 

LG Top Loading Twinwash Mini TG2402NTWV

Garansi 10 tahun dari LG dengan teknologi 6 motion washing dan smart diagnosis. Tidak bergetar dan tidak berisik serta cocok banget untuk ibu yang memiliki anak aktif karena ada child lock function yang menjaga supaya anak tidak iseng. Cicilannya hanya Rp364.000 per bulan*.

 

PANASONIC Semi Auto Washer NAW120BBX2H

Berkapasitas 12kg ini sudah menggunakan teknologi Ag clean yang dapat menghilangkan bakteri pada pakaian. Daya listrik maksimumnya 300 watt cocok sekali untuk penggunaan rumah tangga. Menggunakan alat brushing board yang mampu membersihkan pakaian secara maksimal. Cicilannya hanya Rp178.000 per bulan* lho!

 

AQUA Front Loading Washer FQW810QD

Memiliki kecepatan putaran 1200Rpm dengan kapasitas 8kg. Menggunakan daya listrik sebesar 400watt dan hanya menggunakan sedikit air. Mencuci hanya 15 menit dan menggunakan wave drum technology. Kamu tak perlu khawatir karena mesin cuci ini menggunakan child lock function dan LED display panel. Hebatnya lagi mesin cuci dari Aqua ini menggunakan teknologi anti bacterial dan sangat bersahabat dengan pakaian berbahan wool. Cicilannya hanya Rp295.000 per bulan*.

 

Pas banget nih ada promo untuk elektronik nih:

#TaktikCerdik Punya Barang Idaman Berkat Bunga Ringan

#TaktikCerdik Belanja Murah Barang-Barang Elektronik

 

Dapatkan semua mesin cuci dengan mengisi data diri pada link di bawah ini.

 

KLIK DI SINI

 

 

*Syarat & ketentuan berlaku

Halo, ada yang bisa Santi bantu?