Dana Syariah

Intip Trik Biar Jadi Entrepreneur Sukses

04/12/2017
BAF Indonesia
331

Terkadang ingin sekali ya sukses menjalankan bisnis sendiri dan menjadi entrepreneur sukses. Apalagi bagi kita yang sering terkungkung dalam rutinitas kantoran setiap hari. Berdiri di atas usaha sendiri memang lebih membanggakan dan kamu bisa melakukan apa pun yang menurutmu baik dilakukan untuk usaha.

 

Untuk menjadi seorang entrepreneur sukses kamu harus menjadi seorang leader yang berani, berani bersuara, mencoba dan ambil risiko. Walaupun di bisnis kamu nantinya menjadi seorang owner, tak hanya menunggu ide usaha dijalankan oleh staff tapi kamu sendiri yang harus mencoba dan turun tangan pertama kali. Jadi apa saja sih trik menjadi entreprenur sukses?

 

Kenali diri. Sebelum menjadi entrepreneur sukses kamu harus terlebih dahulu mengenali diri sendiri. Apa kesukaan, kekuatan serta kelemahan dirimu, jika suatu saat menemui hal yang tidak disenangi atau kelemahan diri mulai menguap, kamu tahu cara mengendalikan diri dan mencari solusi keluar dari rasa tak nyaman tersebut. Tapi tetap fokuslah pada kekuatuanmu karena your number one support is yourself! Jadi sebelum kompetitor atau musuh mengetahui kelemahanmu, kenalilah diri lebih dahulu.

 

Pertimbangkan kegagalan. Setelah mengenali dirimu dengan baik, mulailah membuat perencanaan bisnis. Buatlah SWOT yaitu Strength, Weakness, Opportunity & Threat, ini merupakan rumusan awal untuk menjadi seorang entrepreneur sukses. Setelah merumuskan kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman, kamu jadi bisa memprediksi langkah apa yang baik untuk kamu jalankan. Selain itu kamu dapat mempertimbangkan kegagalan seperti apa yang dapat kamu hadapi suatu saat nanti. Jangan lupa untuk menanyakan pendapat orang lain mengenai langkah atau rencana yang akan kamu ambil, karena entrepreneur sukses selalu terbuka dalam pikiran dan pendapat terutama dari orang lain.

 

Terbuka dan selalu cari jaringan. Perbanyak bertemu dengan orang lain, mungkin kamu bisa memulai dengan mengikuti komunitas sesuai hobi atau minat kamu. Misalnya kamu suka kopi, ikut saja komunitas pencinta kopi, dari situ kamu akan mendapat teman-teman dan pengetahuan baru. Lewat komunitas kamu sebenarnya juga bisa memperdalam SWOT nih. Apalagi kalau ada yang punya bisnis kopi, bisa sekalian kamu serap nih ilmunya. Selain itu kamu juga harus terbuka jika ada pendapat dan pemikiran yang berbeda dengan kamu. Itu sebenarnya memperkaya pengetahuan juga.

 

Jadi gimana nih? Menjadi entrepreneur sukses memang tidaklah gampang yang paling penting kerja keras dan usaha terus untuk mencapai visi dan tujuan kamu. Kalau kamu punya impian memiliki kafe sendiri bisa lho mengajukan mesin kopi yang sederhana seperti,

Delonghi Expresso Machine + Drip BCO260, yang harganya hanya Rp3.760.000 dan angsuran per bulannya hanya Rp299.000*. Pompa espresso berukuran 15 bar dapat membuat espresso sempurna. Apalagi mesin ini dilengkapi capuccino emulsion system yang membuat capuccino buatan kamu lebih creamy.

 

Nescafe Dolce Gusto Mini Me, harganya hanya Rp 1.799.000 dan angsuran per bulannya hanya Rp179.000*. Cantik dan elegan memang gambaran yang pas untuk yang satu ini. Lebih ringan namun tetap bisa memberikan sajian kopi terbaik. Tak hanya kopi kamu juga bisa membuat green tea latte di sini lho.

 

Atau kamu punya ide bisnis yang lain untuk tujuanmu menjadi enterpreneur sukses tapi kekurangan modal? Cari tahu cara mendapatkan modal dengan mudah di artikel “4 Cara Mudah Mendapat Modal Usaha”.

 

Kamu juga bisa langsung mengajukan modal usaha dengan mengisi data diri di bawah ini.

 

*Syarat & ketentuan berlaku

Halo, ada yang bisa Santi bantu?