Berita Lainnya

Mau Belanja Sekaligus Berhemat? Ikuti #TaktikCerdik Ini

08/02/2018
BAF Indonesia
826

Belanja adalah kegiatan yang sering kali dianggap menghambur-hamburkan uang. Padahal berbelanja itu cukup penting lho, jika tidak berbelanja kebutuhan sehari-hari bahkan sebulan tidak bisa terpenuhi. Buat kamu yang hobi belanja harus memperhatikan juga pengeluaran yang akan dikeluarkan, kalau bisa alokasikan dana untuk keperluan sehari-hari, makanan, serta tagihan seperti listrik, air dan internet.

 

Jika kamu ingin tetap membeli barang-barang entertainment di luar kebutuhan utama masih bisa kok, BAF Friends. Tetapi memang harus memperhatikan barang-barang yang akan dibeli berkualitas atau tidak. Jangan sampai baru pakai sebentar sudah rusak, ujung-ujungnya malah kamu jadi boros. Supaya belanja bisa sekaligus berhemat ada #taktikcerdik lho.

 

Disiplin belanja

Disiplin belanja harus mulai kamu lakukan bulan ini. Caranya tak sulit hanya dibutuhkan niat kamu untuk berhemat. Setiap bulan kamu kan sudah sering belanja barang yang sama, sehingga pasti tahu perkiraan harga barang kebutuhan. Pastikan barang kebutuhan apa saja yang akan kamu beli, buat daftarnya dengan model check list. Selain itu tuliskan pula perkiraan harganya sehingga kamu bisa menjumlahkan keseluruhan barang belanja kamu. Membuat daftar belanja membuat kamu tidak mengambil barang-barang lain yang tidak diperlukan. Dijamin belanja lebih hemat.

 

Lebih bijaksana saat membayar

Setelah mengetahui jumlah barang yang akan dibeli, kamu jadi tahu harus membawa jumlah uang yang sesuai. Kamu bisa membawa uang sejumlah yang akan dibelanjakan, lebihkan sekitar Rp150.000 sampai Rp200.000. Jika biasanya kamu menggunakan kartu kredit atau kartu debit untuk belanja, hapuskanlah kebiasaan itu. Penggunaan kartu kredit atau debit sebenarnya malah bisa membuat kamu  merogoh kantung lebih banyak. Selain itu kamu jadi tidak mengatur untuk kebutuhan lain karena tak ada bisa melihat jumlah sisa tabungan. Kalau mengkhawatirkan keamanan karena penggunaan uang tunai saat belanja, kamu bisa menggunakan tabungan khusus yang dialokasikan untuk belanja. Menggunakan uang tunai pasti belanja lebih hemat.

 

Beli barang dalam jumlah banyak

Membuat daftar belanja dengan harganya kamu jadi bisa memperhitungkan sekaligus membeli barang untuk tiga bulan ke depan. Belum tentu kan di bulan selanjutnya harga atau diskonnya akan sama. Selain itu belanja dalam jumlah banyak membuat kamu mengurangi beli barang secara impulsif atau istilahnya hanya mengikuti kata hati bukan kebutuhan utama. Jangan terpaku harus membeli swalayan atau supermarket retail, kamu juga bisa kok belanja kebutuhan seperti sabun, shampoo, dan lain-lain di pasar. Pilih toko yang menjual barang grosiran sehingga harga yang kamu dapatkan pun jauh lebih murah.

 

Mencatat pengeluaran dengan rinci

Uang yang kamu dapatkan akan lebih baik jika dicatat semua arusnya mulai dari masuk hingga keluarnya. Mintalah bon atau bukti belanja setiap habis belanja, cek kembali jumlah dan rincian belanjaan supaya tidak ada yang terhitung dua kali atau belum dikurangkan dengan diskon. Mencatat setiap pengeluaran yang dilakukan akan membantu kamu menyadari barang mana yang memang penting dan mana yang hanya bersifat keinginan semata. Selain itu kamu dapat memperhitungkan dengan baik daftar belanja untuk bulan selanjutnya. Sebelum belanja, kamu wajib membayar semua tagihan yang ada jangan sampai terlewat lho.

 

Bandingkan barang dari toko satu dengan yang lain

Jika doyan belanja kamu pasti akan melakukan hal ini. Barang dengan kualitas yang sama bisa berbeda harganya dari toko satu dengan toko yang lain. Kamu bisa mempersiapkan barang mana yang akan kamu pilih, pastikan barang yang kamu pilih mendapatkan diskon sehingga membantu belanja lebih hemat. Pilih toko atau penyedia barang yang selalu memberikan diskon serta promosi. Keputusan bijaksana jika kamu bisa memilih perusahaan pembiayaan yang dapat memberikan banyak promosi dan kemudahan bagi pelanggannya, yaitu BAF.

 

Bagi kamu yang mengajukan pembiayaan di BAF, pastikan untuk menggunakan BAF Mobile. User BAF Mobile baik yang sudah mengajukan atau mendaftar sering lho mendapatkan promosi menarik dan spesial. Misalnya saja cashback jika kamu membayar angsuran pada merchant tertentu. Untung banget kan saat kamu belanja kebutuhan secara online kamu bisa lho mendapatkan promo spesial hanya dengan mendaftarkan dan melengkapi data diri.

 

Belanja itu kebutuhan mendasar dan cari yang hemat itu pilihan pintar. Jadi kamu masih mau pilih pembiayaan lain? Ngapain. Langsung aja dapat promonya di sini.

 

LIHAT PROMOSI

 

Halo, ada yang bisa Santi bantu?