Berita Lainnya

Nambah Uang dengan #TaktikCerdik Ini

19/03/2018
BAF Indonesia
1395

Setiap orang pasti ingin memiliki uang simpanan untuk persiapan di masa depan. Uang simpanan atau tabungan bisa dilakukan di mana saja. Tabungan sangat bermanfaat untuk pembiayaan seperti pendidikan, kesehatan, hingga bisnis. Penggunaannya memang tak harus saat ini namun bisa jadi kejadian mendadak memaksa kamu untuk mengeluarkan uang, mungkin dalam jumlah besar. Mewaspadai hal tersebut tabungan sangat membantu untuk mengantisipasi kejadian mendadak seperti itu. Tabungan berguna untuk kebutuhan mendadak sehingga tak mengganggu pengeluaran kita sehari-hari.

 

Kebutuhan yang semakin banyak seperti sekarang ini membuat kita terkadang memerlukan uang. Apalagi sudah ada si kecil pasti kebutuhan sehari-hari maupun bulanan jadi bertambah. Melihat hal ini rasanya punya simpanan tambahan dan penghasilan tambahan juga penting untuk menunjang kebutuhan yang meningkat. Kamu harus membuat strategi keuangan yang paling pas untuk keluarga supaya nggak kewalahan bila terjadi sesuatu yang mendadak.

 

Bersyukurlah kamu yang sudah memiliki pekerjaan yang tetap. Beberapa orang mengalami kesulitan saat mencari sebuah pekerjaan sehingga terpaksa harus menganggur sambil menunggu panggilan lowongan kerja. Kesulitan keuangan bisa menimpa siapa saja. Mungkin juga kesulitan keuangan sedang menghadang kamu yang sedang bekerja. Memenuhi kebutuhan sehari-hari yang semakin mahal membuat kamu terpaksa harus berputar otak kira-kira apa lagi yang perlu dilakukan untuk menghasilkan uang di masa yang sulit seperti sekarang.

 

Sebab itulah strategi dan perencanaan keuangan harus kamu siapkan dengan baik dan matang. Perhatikan setiap pengeluaran, bahkan jajan yang sering kamu beli di pinggir jalan maupun di minimarket. Jangan lupa untuk mencatat pula penghasilan per bulan yang kamu terima dan begitu pula ketika kamu ambil uang di ATM simpan kertas printnya. Sehingga kamu bisa melihat kira-kira berapa saldo yang masih kamu miliki di tabungan. Pisahkan langsung tabungan ke rekening yang berbeda supaya tidak mengganggu dana simpananmu. Jadi sebelum terpakai untuk hal yang lain seperti kebutuhan sehari-hari dan bulanan kamu sudah mengalokasi tabungan tersebut.

 

Terkadang kamu berpikir bekerja seperti ini tak ada habisnya. Selalu saja ada yang kurang dan harus dibeli serta urus. Ditambah sesampai di rumah kamu sudah lelah dan kehabisan tenaga sehingga sering kali di akhir pekan kamu memanfaatkannya untuk berisitirahat sambil menyiapkan diri untuk berjibaku lagi pada hari Senin. Membahas soal uang tabungan kamu bisa lho menambah penghasilan selain uang gaji yang diterima. Ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk menambah penghasilan.


 

Buka jastip alias jasa titip

Sering berkembangnya zaman menjadi ke era digital. Perilaku konsumen pun berubah seiring perubahan zaman ini. Dunia seakan tak berjarak sehingga kamu bisa mendapatkan apapun yang kamu incar atau inginkan. Orang zaman sekarang kebanyakan memilih belanja online atau titip secara online sehingga tak perlu mengeluarkan ongkos dan macet-macetan. Pergeseran perilaku konsumen menjadikan jasa titip alias jastip jadi lahan basah untuk kamu coba.

 

Jadi untuk kamu yang doyan ke mall manfaatkan hobi kamu ini dengan menerima jasa titipan barang. Beberapa brand banyak di kota besar seperti Jakarta namun belum tentu brand tersebut memiliki store di kota lainnya. Ini dia yang membuat jasa titipan barang mulai marak khususnya di Instagram. Kamu tinggal posting barang yang kira-kira best seller dan jarang dijual kemudian beri info harga, ukuran dan warna yang tersedia. Tentukan langsung biaya ongkosnya supaya customer tahu berapa jumlah yang harus dibayarkannya.

 

Kumpulkan barang-barang pribadi

Kamu pasti punya kan barang yang dibeli karena takut menyesal, tapi ujung-ujungnya malah jarang digunakan. Mulai kumpulkan barang-barang pribadimu mulai dari barang yang tak pernah digunakan, barang yang sudah tak terpakai karena kamu bosan, atau barang yang sudah tak digunakan lagi karena kekecilan atau kebesaran. Kebanyakan mungkin akan baju, celana, tas ataupun sepatu. Jika sudah dikumpulkan, kelompokkan sesuai dengan jenis, apakah itu baju, aksesoris, celana, tas atau sepatu. Kemudian kelompokkan lagi berdasarkan kualitasnya. Buang saja jika memang sudah tak bisa digunakan.

 

Cari lokasi atau aplikasi tempat kamu bisa menjual barang-barang preloved di beberapa aplikasi online. Kamu juga bisa menjual saat ada pasar pagi, tinggal mencari lokasi yang cocok dan dekat dari rumah. Tak harus pakaian kok, bisa jadi lampu, gelas mug unik, tirai sekalipun, atau barang-barang koleksi kamu yang lain. Kamu juga bisa memanfaatkan kendaraan pribadimu untuk disewakan. Misalnya saja mobil, bisa kamu sewakan kepada yang mencari. Begitu pula jika kamu memiliki motor apalagi lebih dari satu. Sewakan saja untuk menambah uang tanpa bekerja tapi harus tetap waspada terhadap pencurian ya.

 

Gunakan aplikasi menabung

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, zaman digital seperti sekarang membuat perubahan di bagian perilaku konsumen. Banyak konsumen memilih cara online untuk melakukan transaksi baik membeli, menjual sampai menabung. Pasti kamu pernah kan melihat iklan dari aplikasi online untuk menabung. Beberapa bank sudah menyediakan jasa seperti ini. Kamu hanya tinggal menyiapkan KTP, foto dengan KTP, serta mengisi form yang diberikan pihak bank tersebut. Lebih serunya lagi kamu bisa mengalokasi dana kamu khusus dengan tujuan tertentu.

 

Misalnya kamu memang punya tujuan untuk melanjutkan kuliah dengan misalnya 20 juta aplikasi tersebut akan memberikan simulasi sesuai dengan kemampuan kamu mengangsur per bulannya. Tak hanya aplikasi menabung kamu juga bisa mencoba menabung lewat pasar saham. Jika kamu ada beberapa pilihan perusahaan yang sudah diincar, bisa nih kamu cari tahu bagaimana bisnis perusahaan tersebut. Cari tahu juga informasi tentang pasar modal berbasis online. Bursa Efek Indonesia (IDX) memberikan kesempatan untuk kamu supaya bisa menabung saham lewat online dengan informasi cara menabung yang bisa kamu akses sekaligus.

 

Memberikan pinjaman atau kredit

Jika kamu memiliki rezeki lebih kamu bisa lho memberikan pinjaman kepada orang lain, misalnya teman. Supaya tidak lupa kamu harus mencatat dan didata kapan orang tersebut akan mengembalikannya. Bisnis pinjam meminjam akan membuka kesempatan kamu untuk menjadi sebuah bank di masa depan. Sesuaikan dengan kesepakatan, misalnya kamu memberikan tenggat waktu tertentu untuk pembayaran pinjaman tersebut tapi jika melewati tanggal yang ditentukan bisa mulai diberikan bunga.

 

Tentukan juga pembayaran angsurannya, jika dibayar dengan tenor tertentu atau yang sudah disepakati berapa bunganya. Gunakan kesepakatan tertentu untuk meminimalisir kamu juga mengalami kerugian. Bisnis pinjam meminjam memang bisa nambah uang dengan pesat dengan ketentuan kamu tekun menjalani. Berhubungan dengan uang, ini merupakan hal sensitif yang harus diperhatikan. Jangan karena kamu meminjamkan pada teman atau saudara tidak ada hitam di atas putih. Dokumen perjanjian harus tetap dibuat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Kamu bisa nih memulai bisnis pinjam meminjam tanpa harus keluar uang. Hah! Tapi mana ada bisnis seperti itu? Ada dong. Kamu bisa join jadi agen BAF lho!

 

Gampang banget caranya, gini nih.

  1. Unduh BAF Mobile di sini

  2. Jangan lupa daftar dengan mengisi data diri lengkap.

  3. Setelah daftar selesai, meluncur ke menu Agen BAF kemudian unggah dokumen yang diminta seperti NPWP dan KTP.

  4. Taddaaa! Kamu sudah terdaftar jadi Agen BAF dan bisa mulai menawarkan kepada orang-orang terdekat tentang Dana Syariah.

 

Tenang saja walaupun berbeda pulau ataupun kota kamu tetap bisa mereferensikan calon customer yang berbeda domisili. Hal yang perlu diperhatikan adalah kamu sudah terdaftar sebagai referantor di BAF. Pastikan kamu ke cabang terdekat untuk melihat ID referantor agent. Jadi ketika kamu akan mengambil komisi, minta cabang tempat customer untuk memasukkan ID referantor agent milik kamu.

 

Serunya lagi ID referantor tersebut bisa dideteksi dari cabang BAF manapun di seluruh Indonesia. Komisi kamu juga bisa dilakukan melalui pengiriman transfer yang bisa didapatkan H+1. Jadi tunggu apalagi langsung yuk daftar dengan klik di bawah ini.

 

KLIK DI SINI

 

 

Halo, ada yang bisa Santi bantu?