Dana Syariah

Peluang Bisnis Bermodal Kecil untuk Anak Rantau

08/03/2018
BAF Indonesia
3622

Tinggal jauh dari orang tua dan keluarga memang sangat menyedihkan. Nasib jadi anak rantau yang ingin tetap melanjutkan pendidikan tapi sebenarnya ingin membantu orang tua supaya nggak usah kirim uang jajan lagi. Ini lah dilema yang sering dialami oleh banyak anak rantau. Merantau di negeri atau daerah orang memang membuat kita banyak hidup prihatin terutama dalam pengelolaan uang.

 

Anak rantau sudah pasti punya mental yang lebih kuat, karena harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru serta bertemu orang yang berbeda dengan biasanya. Sebagai perantau juga sering kali harus mencari seluk beluk tempat perantauan supaya tidak mudah dikelabuhi dan supaya tahu ke mana kamu harus membeli barang kebutuhan sehari-hari. Memang beberapa orang pasti ada yang hidup dengan hedon alias boros saat hidup di perantauan. Namun tahu kah kamu, aslinya anak rantau hidup jauh dari kata hedon dan mewah. Biasanya makan di warung tenda pinggir jalan pun sudah serasa makan di restoran terkenal.

 

Berani mencoba hal baru memang harus dilakukan oleh si perantau apalagi rasa mandiri yang tinggi menjadikan kita semangat untuk selalu mencari kesempatan terutama yang menghasilkan uang. Ingin rasa mencukupkan uang bulanan yang diberikan orang tua tapi kejadian dadakan sering kali membuat kita mau tak mau meminta uang lagi untuk keberlangsungan hidup di perantauan. Rasa ingin punya penghasilan sampingan sambil tetap fokus kuliah seperti menjadi keinginan semua anak rantau. Tapi keinginan ini sering kali bentrok dengan jadwal kuliah yang padat dan tugas yang seabrek. Melakukan bisnis sendiri pun sering kali terbesit di benak anak rantau. Seru juga kalau bisa tetap full time kuliah tapi punya bisnis yang mendukung biaya tambahan.

 

Ada beberapa contoh pembisnis sukses dan terkenal yang ternyata seorang perantau lho, misalnya saja Johny Andrean. Dia adalah seorang penata rias dari Kalimantan yang sukses juga di bidang kuliner. J.Co dan BreadTalk siapa sih yang nggak tahu, ternyata Johny juga tak kalah sukses di usaha perotian ini. Ayah Johny merupakan seorang pedagang di Singkawang, Kalimantan Barat sedangkan ibunya seorang miliki salon kecil di kampungnya. Bermodal kemampuan menata rambut dari sang ibu, Johny nekat ‘kabur’ ke Jakarta untuk memulai usaha salon kecil di Jakarta Utara.

 

Johny selalu inovatif terhadap gaya rambut zaman sekarang sehingga kemampuannya pun secara bersamaan terasah. Tips khusus yang selalu dipegangnya selama jadi pembisnis adalah selalu ramah pada pelanggan. Berkat hal ini bisnis Johny semakin besar dan cabang salonnya semakin banyak di daerah, bahkan sampai membuka kursus tata rambut juga. Sikap tak pernah puas dan selalu ingin belajar yang dimiliki Johny ini patut ditiru. Sempat jatuh saat tahun 1998, Johny bangkit kembali dengan usaha bisnis J.Co dan BreadTalk tersebut. Siapa sih nggak suka makanan manis seperti roti dan donat?

 

Punya usaha sendiri di perantauan memang susah-susah gampang. Kamu bisa punya usaha sendiri juga selama merantau lho. Enaknya kamu bisa memilih sendiri sesuai dengan kemampuan dan waktu yang dimiliki untuk usaha apa yang ingin dijalankan. Kira-kira peluang bisnis apa ya yang bisa dijalankan oleh anak rantau? Berikut beberapa pilihan usahanya.

 

Jadi dropshiper dan reseller untuk supplier

Ini biasanya dilakukan oleh online shop barang kecantikan atau fashion. Biasanya untuk baju-baju kekinian atau impor supplier akan memberikan kesempatan untuk siapa saja yang ingin menjadi reseller atau dropshiper. Dua cara ini adalah cara termudah karena kamu tak perlu lagi berurusan atau mengambil barang dari supplier besar. Kamu tinggal memasarkan kembali  barang yang sudah disediakan. Kedua istilah tersebut biasanya digunakan oleh penjual daring alias online shop. Apa sih bedanya reseller dan dropshiper?

 

Pada dasarnya keduanya memang hanya menjual lagi dari supplier. Bedanya, reseller itu memiliki sistem membeli terlebih dahulu barangnya, lalu baru dijual lagi pada konsumen. Reseller pada umumnya membeli barang yang banyak dibeli atau populer saja. Misalnya baju, untuk reseller akan memilih model-model yang kekinian saja karena pasti banyak dicari dan dibeli. Begitulah sistem penjualan berbasis reseller.

 

Sedangkan dropshiper dia hanya memasarkan barang supplier tanpa membeli terlebih dahulu. Jadi nanti supplier lah yang mengirim barang tersebut kepada konsumen. Dropshiper banyak dilakukan via sosial media salah satunya adalah Instagram. Misalnya BAF Friends ingin menjual produk si A karena barangnya bagus dan sudah menjadi langganan. Kamu bisa meminta izin untuk mengambil fotonya kemudian dipasarkan lewat akun sosial media. Jika ada konsumen yang tertarik kamu tinggal menanyakan data diri lengkap kemudian diberikan kepada supplier baru nanti supplier lah yang akan mengirimkan barang tersebut langsung kepada konsumen.

 

Enaknya keduanya tak membutuhkan modal besar hanya handphone yang harus selalu aktif menerima pesanan konsumen dan posting via sosial media. Jika memerlukan dana tunai kamu bisa mengajukan pembiayaan dana tunai untuk bantu modal usaha kamu ini.

 

Jasa Desain Grafis

Ini pas banget untuk kamu yang jago menggambar dan menggunakan software ilustrasi dan editing foto seperti Adobe Illustrator atau pun Adobe Photoshop. Di tempat perantauan biasanya banyak usaha kreatif yang membutuhkan jasa desain. Pada umumnya desain untuk membuat jasa desain kaus, jasa desain logo dan jasa desain produk. Misalnya desain logo untuk kafe atau gambar kaus untuk di distro tergantung dari kemampuan dan kebutuhan kamu.

 

Kamu bisa memasang hasil desain di beberapa portal desain online, karena biasanya banyak perusahaan yang melihat hasil karya desainer dari portal desain tersebut. Dengan mengunggah hasil karya kamu sebenarnya secara tidak langsung kamu sudah memperlihatkan portofolio. Desain logo saja yang paling sederhana biasanya dihargai mulai dari 300 ribu tergantung dari tingkat kesulitan dan besar kecil perusahaan yang membayar kamu. Untuk pertama jangan terlalu dilihat nominal penghasilannya ya, anggap saja di awal pembuatan desain ini kamu memperkaya portofolio dan mendapatkan pengalaman baru. Baru setelah kurang lebih 5 pelanggan kamu bisa menentukan harga yang diinginkan.

 

Jangan lupa selalu update mengenai kesempatan untuk mengikuti kompetisi desain. Bisa lihat sambil browsing atau pun referensi dari teman karena biasanya hadiahnya cukup menarik lho. Jika kamu bisa memenangkan kompetisi desain tersebut ini akan membantu meningkatkan nilai pasaranmu. Desainmu akan lebih diperhatikan dan bisa menjadi prioritas. Selain lihat di online kamu bisa ikut komunitas bisnis dan desain supaya bisa lebih update serta belajar tentang hal baru seputar desain. Bergabung dengan komunitas bisnis bisa jadi nilai plus lho, kamu bisa menawarkan jasa desain kepada mereka yang sedang membutuhkan.

 

Sebagai desainer handal pasti membutuhkan perangkat lunak alias software yang mumpuni, umumnya memang cukup merogoh kocek. Kamu bisa mengajukan dana tunai supaya bisa punya software yang mumpuni dan berlesensi asli. Ini merupakan investasi yang bagus sehingga kamu tetap lancar saat mendesain. Paling penting lagi adalah laptop yang khusus untuk desain. Jika spesifikasi laptop kurang bagus ini juga akan menggangu proses desain kamu. Nah dengan laptop khusus desain kamu tak perlu menambahkan fitur-fitur lainnya karena di dalam laptop tersebut biasanya sudah disediakan perangkat ekstra untuk desain.

 

Jualan pulsa

Era teknologi seperti sekarang semua orang pasti sudah punya handphone mulai dari supir angkot hingga konglomerat. Pulsa menjadi seakan kebutuhan primer yang tak terelakkan. Beberapa orang bahkan beranggapan tanpa koneksi internet hidup menjadi hambar alias mati gaya. Jadi jualan pulsa menjadi bisnis anak rantau yang pasti laku, kamu bisa sekalian jadi populer karena menjual pulsa. Berbasis marketing words of mouth pasti kamu menjadi orang paling dicari ketika ada yang memerlukan pulsa darurat.

 

Bisnis jual pulsa juga harus terus mengikuti zaman lho, BAF Friends. Selain voucher pulsa elektrik kamu bisa juga menjual pulsa data untuk internet. Jadi ketika ada yang kuotanya habis mereka bisa langsung mencari kamu. Cari supplier pulsa yang bisa memberikan harga bersaing dan all in one sehingga kamu bisa membeli saldo pulsa sekaligus tanpa mencari supplier lain. Selain pulsa biasa dan pulsa data internet, pulsa token listrik tak kalah penting lho. Kebanyakan sekarang rumah menggunakan token listrik sehingga memerlukan pulsa agar listrik tetap on.

 

Sebagai penjual pulsa di era digital kamu nggak boleh kudet alias kurang update lho. Harus selalu cari tahu usaha apalagi yang bisa kamu lakukan dengan berbasis pulsa. Kamu bisa menjual semua jenis pulsa, yakin deh tak hanya teman-teman sekampus yang mencari kamu, ibu rumah tangga, sampai babang ojek online pun pasti nyariin kamu deh. Nah jika bisnis kamu semakin besar, mulai pikirkan untuk membuka store kecil sehingga semua langganan bisa mampir ke toko kamu nih.

 

Kang Foto

Jago fotografi jangan kamu sia-sia kan nih. Manfaatkan kemampuan dan alat-alat fotomu untuk nambah penghasilan tambahan. Jika kamu tak tahu harus memulai dari mana, bisa lho memulai dari kegiatan mahasiswa yang doyan fotografi. Ikut komunitas fotografi membantu memperluas pengetahuan dan hubungan pertemanan serta bisnis. Beberapa teman kamu pasti ada yang sudah memiliki lingkup pertemanan lain atau kelompok bisnis berbasis fotografi. Nah kamu bisa tuh mendekati mereka supaya bisa join ketika mereka punya project.

 

Sebagai kang foto profesional kamu mesti selalu tahu teknik dan model terbaru dari foto-foto mulai dari lokasi yang lagi hits sampai filter-filter unyu yang bikin foto makin ciamik. Jika belum punya modal untuk menjadikan bisnis fotografi lebih maju kamu bisa mengajukan dana tunai di BAF lho. Atau kamu bisa menggunakan barang-barang reuse untuk perlengkapan foto. Kamu bisa lho memanfaatkan kantung plastik putih untuk dijadikan reflektor. Tempelkan kantung plastik putih di atas blitz lihat perbedaannya muka akan lebih cemerlang dengan reflektor ala-ala ini.

 

Pakai perlengkapan murah dari barang-barang di sekitarmu harus banyak dicaritahu lebih lho. Sebab tidak selalu kamu bisa menggunakan perlengkapan profesional jadi gunakan lah barang-barang yang ada. Belajar juga harus selalu dilakukan supaya sebagai kang foto amatir kamu bisa menjadi kang foto profesional. Caranya mudah, perbanyaklah hunting. Pasti kamu berpikir ini terlalu klise tapi yakinlah, BAF Friends, practice makes perfect. Kamu nggak akan bisa jadi lebih baik tanpa latihan yang banyak karena tak ada yang instan di dunia ini. Dengan banyak hunting kamu lebih tahu seluk-beluk pengambilan gambar yang bagus.

 

Ajak atau bergabunglah dengan komunitas saat hunting, sehingga sambil cekrak-cekrek kamu bisa sambil mengobrol tentang project atau pun teknik foto yang sedang populer dilakukan. Diskusi menjadi sarana pembelajaran yang baik juga selain hunting dan browsing ilmu. Jangan lupa untuk belajar editing foto dan ikut workshop gratis supaya kamu makin kaya. Kamu juga menawarkan diri ketika saudara dan temanmu ada yang ingin prewedding atau pun wisuda.

 

Nah banyak banget kan yang bisa dilakukan anak rantau untuk mendapatkan tambahan uang saku. Jika kamu perlu dana tunai untuk modal usaha bisa diajukan dengan bermodalkan BPKB motor lho. Langsung aja isi data diri lengkap di bawah ini.

 

KLIK DI SINI

 

 

Halo, ada yang bisa Santi bantu?