Dana Syariah

Peluang Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

14/02/2018
BAF Indonesia
888

Ibu rumah tangga merupakan pekerjaan mulia yang sering kali disepelekan. Padahal pekerjaan ibu rumah tangga sangat berat dan tak ada habisnya lho, BAF Friends. Full time mengurus rumah, full time mengurus suami dan anak-anak. Banyak yang mengira kalau ibu rumah tangga tidak banyak melakukan kegiatan. Namun tahu kah kamu selain menguras tenaga menjadi ibu rumah tangga bisa mendatangkan pundi-pundi tabungan lho.

 

Sebagai ibu rumah tangga kamu juga dapat membuat peluang bisnis dari rumah. Tak perlu khawatir modal besar atau sewa tempat. Kamu hanya membutuhkan niat yang teguh untuk berbisnis dan izin suami serta anak-anak, pasti semuanya dimudahkan. Nah sebagai ibu rumah tangga apa aja ya yang bisa dijadikan peluang bisnis. Ini lah beberapa peluang bisnis untuk ibu rumah tangga.

 

Kerajinan tangan

Jika kamu cukup ahli dalam jahit-menjahit atau membuat kerajinan tangan kamu bisa menjadikan kerajinan tangan sebagai peluang bisnis. Salah satunya merajut, kamu bisa membuat pernak-pernik lucu untuk bayi dengan rajutan. Contohnya membuat topi, kaus kaki atau pun jaket. Benang wol sebagai bahan utama rajutan yang hangat membuat kerajinan tangan ini cocok banget untuk si kecil. Membuat kerajinan yang lain misalnya menjahit, bisa baju, celana atau memperbaiki baju. Peluang bisnis ini cukup besar karena baju merupakan kebutuhan primer.

 

Jasa les privat

Kamu jago bahasa Chinese, Inggris, Perancis atau Jepang? Bisa banget tuh dijadikan kemampuan untuk membuat tempat les di rumah. Tak hanya bahasa, jika kamu jago fisika, matematika atau hitung-hitungan bisa juga lho memberikan les untuk membantu anak-anak tetangga rumahmu. Selain pelajaran sekolah, kamu juga bisa mengajarkan alat musik misalnya saksofon, piano atau pun cello. Kamu bisa mencoba ke anak teman-teman kamu terlebih dahulu. Karena sifatnya yang privat jadi muridnya pun tidak terlalu banyak, targetkan paling banyak 5 orang per hari supaya kamu bisa menangani semua anak. Jangan terlalu banyak mengambil anak murid karena bisa jadi malah kewalahan dan belajar jadi tidak produktif.

 

Membuat katering atau tempat makan

Kemampuan memasak bisa sekalian diasah jika kamu ingin membuka usaha katering atau tempat makan. Katering bisa dari acara-acara sederhana seperti snack untuk pengajian, makan siang untuk petugas kelurahan atau nasi box untuk acara syukuran tetangga. Tak perlu yang ribet, kamu bisa memilih menu ayam goreng atau ayam bakar untuk menu pertama. Hanya perlu nasi, ayam yang sudah diungkep dengan bumbu rempah, sambal dan lalapan. Kamu bisa mengembangkan langganan dan sosialisasi dengan cara membuka tempat makan yang menjual nasi, lauk-pauk, dan sayur seperti di warteg. Usahakan buka saat orang mencari sarapan karena biasanya tak banyak warung makan yang menjual makanan di pagi hari.

 

Membuat kue, roti atau gorengan

Membuat kue kering menjadi salah satu alternatif peluang bisnis yang bisa kamu lakukan di rumah. Bisa mengajarkan si kecil untuk berkreasi membuat kue atau roti sambil belajar usaha. Kamu bisa membuat kue kering dan basah sesuai selera. Kue kering memang seasonal tapi tak ada salahnya mencoba kok, tetap coba saat bulan ramadhan dan Natal tiba namun jangan tolak pesanan jika datang di luar bulan itu ya.

 

Kue basah biasanya banyak dicari saat pagi sebelum jam bekerja dan pulang kantor, kamu bisa menaruh kue, roti atau gorengan tersebut di koperasi, dijual di dekat sekolah dan kantor atau di pinggir jalan. Buatlah menu kue, roti dan gorengan yang memiliki rasa asin dan manis, supaya lebih bervariasi.

 

Bisnis tanaman

Tak punya skill di bahasa maupun kuliner tak masalah, mungkin kamu jago bercocok tanam. Mulailah dengan mencangkok tanaman buah atau bunga yang ada di tamanmu. Taruh di pot-pot kecil sehingga bisa langsung dijual. Jika kamu memiliki tanaman hias yang berwarna-warni juga bisa jadi peluang bisnis yang bagus. Jadi tak harus tanaman berbunga atau berbuah. Selain itu juga ada tanaman air yang bisa dimanfaatkan seperti teratai.

 

Tanaman lain yang bisa kamu jadikan peluang bisnis lainnya adalah tanaman obat. Tanaman obat seperti daun Afrika, kumis kucing atau pun sirih yang banyak sekali manfaatnya. Sayur-mayur juga bisa kamu tanam lho di halaman rumah. Kamu bisa menggunakan teknologi hidroponik, yang ditanam di pipa pralon atau pun container. Sederhana, praktis dan dijamin organik. Penanaman tanaman sayur hidroponik pertama bisa kamu konsumsi, untuk selanjutnya jika kamu sudah punya alur dan terbiasa baru deh dijual untuk umum. Pasti deh banyak yang tertarik untuk mencoba sayur yang ditanam sendiri.

 

Memilih menjadi ibu rumah tangga yang mengurus rumah, anak dan suami merupakan tugas yang mulia tapi bukan berarti kita berhenti mengasilkan peluang bisnis untuk membantu perekonomian keluarga. Bukan tidak menghargai pemberian suami atau pendapatan suami tidak cukup. Komunikasi kepada suami dengan bekerja dari rumah pengalaman dan ilmu menjadi lebih kaya apalagi ekonomi sekarang ini sangat fluktuatif sehingga resesi sering terjadi. Kamu dan keluarga harus putar otak supaya uang yang ada terus berputar.

 

Jika izin suami dan anak-anak sudah kamu kantongi, niat sudah bulat tapi modal belum cukup, tak usah bingung langsung ajukan Dana Syariah saja dengan menukarkan BPKB motor kamu. Dapatkan dana hingga 20 juta rupiah dan potongan 4% setiap angsuran via pengajuan online.

 

KLIK DI SINI

 

Halo, ada yang bisa Santi bantu?