Berita Lainnya

Perencanaan dengan #TaktikCerdik Buat Impian Jadi Kenyataan

06/03/2018
BAF Indonesia
828

Masih awal tahun seperti ini pasti ada beberapa dari kamu sedang membuat perencanaan ingin  memiliki barang-barang impian di tahun ini. Apalagi beberapa bulan lagi kita akan menyambut perayaan Hari Raya Idul Fitri.. Pasti banyak terbersit rencana-rencana seperti renovasi rumah, mengisi furnitur atau mengganti elektronik rumah tangga dan gadget, bisa juga perencanaan biaya sekolah anak tercinta, sampai punya kendaraan baru seperti motor dan mobil. Perencanaan dibuat sebagai bantuan kamu menentukan prioritas dan sebagai acuan supaya kamu lebih semangat mewujudkan cita-cita atau pun barang impianmu. Menentukan target juga salah satu cara dalam perencanaan yang harus kamu buat.

 

Misalnya di tahun ini kamu ingin punya mobil sendiri supaya lebih mudah mobilisasi dan lebih nyaman. Berarti kamu harus menyisihkan sebagian gaji untuk tabungan mobil. Ingat! Sisihkan ya bukan sisakan. Setiap dana tunai yang kamu terima harus ada alokasinya supaya target bisa kamu capai untuk mendapatkan mobil tersebut. Ada baiknya kamu menyisihkan minimal 10 persen dari pendapatan atau gaji. Ini bersifat minimal ya, berarti bisa lebih dari itu sesuai dengan kebutuhan dan barang impian yang kamu rencanakan.

 

Bila kamu tak ingin tabungan diganggu gugat kamu bisa menggunakan deposito atau reksa dana sebagai pilihan untuk menyimpan uang. Kedua tabungan ini tidak seperti tabungan biasa yang sewaktu-waktu uang bisa diambil lewat Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Biasanya deposito dan reksa dana memiliki bunga yang lebih besar daripada tabungan biasa. Dalam jangka waktu tertentu kamu tidak bisa mengambil uang yang kamu tabung tersebut, sekitar 5 sampai 10 tahun uang yang ditabung akan dikelola serta berkembang dalam target tertentu. Berikut penjelasan singkat mengenai deposito dan reksa dana.

 

Deposito

Deposito biasanya memiliki bunga dengan jumlah 3 kali lipat dibandingkan tabungan pada umumnya. Jika uang simpananmu saat ini cukup banyak, misalnya karena dapat bonus dan sebagainya, akan lebih baik memilih deposito sebagai pilihan investasi. Ketika orang berinvestasi yang pertama akan dipikirkan adalah risikonya. Bahagianya, deposito memiliki risiko lebih rendah dibandingkan jalan investasi lain, seperti beli saham atau pasar modal yang bergejolak. Apabila negara tidak mengalami krisis yang sangat ekstrim dan gejolak politik, deposito akan aman, nah ini lah mengapa deposito memiliki risiko yang rendah.

 

Pemerintah juga menjaga keamanan dana yang tersimpan di deposito dan telah dibentuk Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang menjamin dana simpanan kita di bank. Deposito memang baik digunakan bagi investor pemula atau kamu yang bingung menyimpan dana yang banyak. Pemerintah menjamin bunga tertinggi sebesar 7,5 persen untuk kamu yang menyimpan dana sebesar 2 miliar di deposito.

 

Nah jika kamu punya target ingin menikah atau keliling Indonesia dan bahkan sampai dunia dengan dana yang kamu simpan, boleh lho mempertimbangkan deposito untuk tempat simpanan dana tunai kamu. Buat impian menjadi kenyataan makin mudah kan.

 

Reksa Dana

Bagi kamu yang memiliki dana yang tidak sebanyak deposito, reksa dana bisa menjadi alternatif yang bagus. Reksa dana merupakan cara investasi yang sangat baik untuk menabung dengan modal yang relatif kecil. Biasanya kamu bisa memilih berapa jumlah yang ingin kamu simpan per bulannya bisa dimulai dari Rp200.000 hingga berapa pun yang kamu bisa. Reksa dana biasanya identik dengan mempersiapkan dana pensiun. Sebenarnya tidak salah juga jika ingin disebut dana pensiun karena sifat reksa dana yang menyimpan dana dengan jangka waktu yang panjang.

 

Penyimpanan di reksa dana tidak satu atau dua tahun namun bisa sampai 15 tahun bahkan 20 tahun sesuai dengan kesepakatan berapa lama kamu ingin menabung. Maka dari itu reksa dana sering dikaitkan dengan persiapan dana pensiun, sehingga saat pensiun nanti kamu bisa menikmati hasil misalnya beli rumah di tempat yang lebih tenang atau jalan-jalan sepuasnya. Jadi kamu tak perlu mengkhawatirkan kehidupan setelah pensiun nanti karena semua sudah dipersiapkan semenjak kamu masih aktif bekerja. Selain itu juga reksa dana juga bisa dipergunakan untuk persiapan dana lainnya misalnya dana pendidikan atau rumah.

 

Risiko reksa dana juga tergolong rendah sehingga kamu bisa lebih merasa aman menyimpan dana. Biasanya perhitungan untuk reksa dana, semakin lama kamu menabung maka tabungan yang akan kamu dapatkan bisa semakin besar. Dana tersebut dikumpulkan hingga 10 tahun untuk dapat kamu nikmati hasilnya nanti. Buat impian jadi kenyataan dengan menyimpan tabungan sedari masih muda dan aktif bekerja sehingga masa tua bisa lebih menyenangkan.

 

Investasi lainnya kamu bisa kamu coba juga adalah bancassurance. Ini penjelasan singkat mengenai bancassurance untuk menjadi bahan pertimbangan.

 

Bancassurance

Kamu pasti tahu kan asuransi itu apa, BAF Friends? Nah bancassurance merupakan perpaduan dari bank dan asuransi. Bancassurance merupakan cara lain berinvestasi lewat bank dengan tambahan keuntungan asuransi. Bancassurance merupakan produk bank yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi dan cukup menguntungkan untuk bank sendiri, perusahaan asuransi dan terlebih nasabah.

 

Keuntungannya mengambil bancassurance adalah kamu tak perlu ke perusahaan asuransi untuk mendapatkan produk asuransi. Kamu tinggal ke bank kepercayaan kamu yang memiliki produk bancassurance. Bancassurance biasanya memiliki minimal dana yang ingin kamu masukkan per bulannya. Sistemnya mirip dengan reksa dana, di mana kamu menyalurkan dana minimal Rp500.000 misalnya dan tidak boleh diambil hingga jangka waktu 5 tahun atau 10 tahun sesuai dengan kesepakatan awal.

 

Untungnya selama menabung dengan cara bancassurance, kamu dilindungi dengan layanan asuransi seperti layaknya kamu memiliki asuransi. Misalnya (amit-amit) terjadi kecelakaan selama kamu menabung maka bisa mendapatkan fasilitas yang sama ketika kamu mempunyai asuransi. Senangnya saat pengajuan klaim untuk biaya rumah sakit, pihak bank akan membantu supaya pengurusan dana tersebut bisa cepat diproses. Biasanya dari pihak asuransi akan menempatkan agennya di bank tersebut supaya pencairan dana bisa lebih mudah.

 

Keuntungan yang banyak bisa kamu dapatkan ketika menggunakan bancassurance. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah kira-kira asuransi apa yang ingin kamu ambil, karena bancassurance terdiri dari asurasi jiwa, pendidikan, properti dan lainnya. Pilih yang menjadi prioritas kamu supaya nanti kamu tidak rugi. Bancassurance bisa buat impian menjadi kenyataan lho jadi pertimbangkan baik-baik.

 

Ingin berinvestasi namun kebutuhan rumah tangga masih butuh banyak perhatian? Supaya kegiatan berinvestasi bisa lebih tenang dan kebutuhan rumah tangga terpenuhi lebih baik kamu menggunakan pembiayaan. Eits… Nggak perlu takut rugi. Buat impian jadi kenyataan dan rencanakan semua kebutuhan rumah tangga dengan #taktikcerdik.

 

Kamu bisa mendapatkan voucher belanja hingga 5 juta setelah mengajukan mobil. Dapatkan voucher belanja sebesar 200 ribu saat mengajukan motor Yamaha. Voucher belanja sebesar 100 ribu untuk kamu yang mengajukan Dana Syariah. Nggak ketinggalan, bisa bawa pulang elektronik, gadget dan furnitur hanya dengan 200 ribu dan dapat tambahan pulsa pula!

 

Bebas rugi dengan #taktikcerdik. Cek info selengkapnya ya di baf.id/tatikcerdik!

 

 

 

 

KLIK DI SINI

 

 

Halo, ada yang bisa Santi bantu?