Mobil

Perlukah Servis Mobil Setelah Mudik?

19/06/2019
BAF Indonesia
376

Minggu ini sudah saatnya kembali beraktivitas setelah dua minggu libur lebaran. Mungkin beberapa dari BAF Friends mengikuti kegiatan mudik yang selalu menjadi kebiasaan setiap tahunnya bahkan rela bermacet-macetan demi berkumpul bersama dengan orang tua, sanak saudara hingga keluarga besar. Suhu di bulan Juni ini cukup panas dan sering kali membuat orang bahkan terkena dehidrasi.

Namun tahukah BAF Friends bahwa suhu juga berpengaruh terhadap mobil. Cuaca yang panas mempengaruhi body mobil sehingga dapat meningkatkan suhu di dalam mobil. Selain itu ditambah jarak tempuh mobil yang jauh membuat terkadang mobil bisa sampai overheat. Kondisi overheat ini adalah ketika lampu indikator bergerak menuju huruf ‘H’. Jika jarum sudah berhenti di strip satu, diharapkan BAF Friends langsung menepi. Lebih baik berhenti sejenak untuk menunggu sampai kondisi mobil kembali ke suhu normal.

Suhu yang terlalu tinggi bahkan hingga overheat dapat mempengaruhi berbagai komponen mesin. Misalnya saja oli yang dapat menguap akibat terlalu tingginya suhu kendaraan. Selain itu bunyi kasar akan lebih terdengar serta pendingin udara tidak berfungsi sebagaimana mestinya alias mulai panas. Sudah paham sedikit kan BAF Friends, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan setelah melakukan perjalanan mudik. Simak selengkapnya di sini.

 

Mengecek oli

Oli mesin juga sangat penting. BAF Friends bisa mengecek menggunakan dipstick untuk mengetahui oli sudah masih dalam batas normal atau sudah perlu ditambahkan. Perhatikan juga kondisi bentuk oli apakah masih normal atau berubah menjadi lebih kental, mulai keruh atau berubah warna lebih pekat. Bawa segera ke bengkel jika ada perubahan bentuk atau oli berkurang secara drastis.

 


Cara Irit Merawat Mobil

Baca selengkapnya!


Mengecek ban

Ban memiliki tugas yang cukup penting seperti menahan getaran, menopang beban tubuh mobil, mengatur laju mobil. Paling tidak untuk perjalanan mudik ban mobil akan bekerja lebih banyak dibandingkan rutinitas biasanya, misalnya menopang beban lebih besar serta perjalanan yang cukup lama. Perhatikan bentuk dan kondisi masing-masing ban, apakah masih dalam keadaan baik. Selain itu tekanan pada mobil jangan sampai terlalu penuh atau kurang.

 

Periksa kaki-kaki mobil

Dalam kaki-kaki mobil terdiri dari banyak komponen penting seperti rem, kemudi, penggerak roda dan suspensi. Komponen tersebut bergerak secara simultan dengan tekanan dari mengemudi serta kondisi jalan. Kebanyakan komponen tersebut ada di bagian depan yang membuat mobil berat ke depan. Pastikan kondisi karet getas serta tidak ada kebocoran pelumas serta periksa spooring dan balancing sehingga dalam kondisi baik juga.

 

Periksa cairan dalam mobil

Pastikan semua cairan mobil terisi dan dalam kondisi baik, seperti air aki (basah), minyak kopling, freon pendingin udara, oli, air wiper, air radiator, minyak rem serta oli transmisi otomatis. Sesuaikan dengan takaran dan periksa supaya tidak ada kebocoran atau kerusakan. Jika ada yang menetes langsung bawa ke bengkel untuk dilakukan servis.

 

Jangan sepelekan hal-hal tersebut agar mobil BAF Friends bisa awet dan dapat digunakan dengan baik. Jika BAF Friends berencana untuk mengganti mobil mudah banget kok, cicil aja di BAF. Proses mudah angsuran murah. Langsung isi aja di bawah sini!

 

AJUKAN KREDIT SEKARANG!

Halo, ada yang bisa Santi bantu?