Dana Syariah

Persiapan Nikah Jadi Mudah

19/04/2018
BAF Indonesia
982

Mungkin zaman bapak dan ibu kita kebanyakan mereka menikah karena perjodohan atau karena keputusan pihak pria untuk melamar pihak perempuan. Di abad 21 ini mulai ada budaya baru datang, pihak pria tak bisa sembarang seperti dahulu memutuskan perempuan mana yang ia pilih. Kini pria harus melamar terlebih dahulu supaya perempuan pilihannya mau menerima pinangan teersebut. Masa penjajakan dan pacaran menjadi proses awal pengenalan diri kamu dan pasangan. Ini menjadi pertimbangan juga apakah hubungan kamu akan berlanjut pada jenjang yang lebih serius atau masih nyaman di hubungan pacaran.

 

Melamar pun butuh cara yang unik dan menarik harus kamu lakukan supaya si pacar merasa spesial dan menerima ajakanmu untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih serius. Memutar otak menciptakan cara kreatif untuk melamarnya adalah keharusan nih. Misalnya melamarnya di tempat pertama kali kalian bertemu atau melamarnya ketika kalian nonton konser kesukaannya. Ide-ide melamar bisa kamu ikuti di artikel ini, #TaktikCerdik Melamar Pacar Anti Gagal. Banyak hal bisa kamu jadikan ide untuk melamar sang kekasih. Hal paling penting yang harus dipersiapkan adalah niat dan keberanian. Kamu harus berani mengutarakan niat kamu untuk menjadikannya teman hidup selamanya serta siap bertanggung jawab kepada keluarga untuk selalu mencoba membahagiakannya.

 

Proses lamaran sudah kamu lewati tahap selanjutnya adalah persiapan kamu menuju pelaminan. Momen menikah terjadi sekali seumur hidup. Peristiwa penuh kenangan dan sangat ditunggu-tunggu ini menjadi awal perjalanan kehidupan yang baru. Menjadikan dua insan menjadi satu memang bukan perkara mudah apalagi penyatuan dua keluarga butuh effort yang lebih lagi untuk membuat acara pernikahan menjadi paripurna. Apalagi ketika kita dan pasangan sudah sangat serius mempersiapkan pernikahan kalian tapi ada saja halangannya. Mungkin katering tidak ada menu yang cocok, gedung yang belum dapat, atau gaun pengantin yang ternyata tidak sesuai harapan.

 

Persiapannya memang seperti tak ada habisnya, pasti ada saja yang terlupa dan rasanya ribet nggak ketulungan. Mulai dari urusan gaun dan jas pengantin, dekorasi bunga, urutan acara, katering, seragam, undangan yang disebar, gedung, souvenir hingga urusan mobil pengantin pun terasa tak ada habisnya menyita perhatian. Urusan kecil seperti pengaturan keluarga juga harus kamu perhitungkan lho BAF Friends. Jangan sampai nanti ada bentrok antar keluarga maupun sahabat-sahabat kamu. Pasti kan kamu ingin acara pernikahan ini menjadi spesial dan bisa menjadi kenangan terindah tak hanya untuk kamu tapi juga untuk kedua belah pihak keluarga serta sahabat.

 

Mencari konsep yang pas juga perlu banget nih supaya pernikahanmu makin semarak. Ada beberapa tema menikah yang sedang tren di 2018 yang bisa kamu contek di sini, 4 Tren Konsep Menikah di 2018 yang Bisa Dicontek. Supaya menjadi acara yang tak terlupakan tentu butuh pertimbangan dan perencanaan yang sangat matang terkait persiapan pernikahan kamu. Ada beberapa hal yang bisa kamu persiapkan jauh-jauh hari sebelum menikah. Berikut beberapa keperluan yang perlu kamu lakukan sebelum menikah.

 

Menghitung jumlah undangan

Sebelum semuanya dipersiapkan ada baiknya kamu membuat daftar siapa saja yang kamu dan pasangan undang. Buat list serinci mungkin dan jangan sampai ada yang terlewat. Setelah daftar undangan kamu dan pasangan sudah dibuat. Tanyakan kepada kedua orang tua masing-masing siapa saja dari pihak orang tua yang ingin diundang. Pastikan untuk mencatatnya dengan detil. Setelah semua sudah terdaftar mulai kalikan 4 untuk mendapatkan angka pasti dari semua undangan kamu yang datang.

 

Memastikan banyaknya undangan harus kamu perhitungkan dari awal supaya dapat mendapatkan angka perkiraan tamu yang datang. Lewat daftar perkiraan tamu yang datang kamu jadi tahu harus menyiapkan katering seberapa banyak serta harus menyewa gedung yang seperti apa supaya tidak terlalu sempit untuk undangan yang banyak. Jumlah undangan sangat krusial nih BAF Friends jadi lebih baik kamu perhitungkan dengan matang sebelum mengambil langkah seperti cari lokasi pernikahan atau booking katering.

 

Lokasi pernikahan

Lokasi pernikahan adalah salah satu hal yang juga penting dan harus dipersiapkan jauh hari. Jika tidak ada lokasi persiapan nikah kamu masuk dalam kategori gagal total. Pencarian lokasi pernikahan seperti mencari jodoh juga nih. Ada kalanya kamu langsung dapat namun kadang perlu usaha yang lebih keras untuk mendapatkannya. Kenapa lokasi pernikahan harus kamu persiapkan jauh hari? Karena biasanya berebutan nih untuk sewa gedungnya, kan nggak cuma kamu aja yang sedang persiapan nikah. Banyak pasangan lain yang juga mempersiapkan hari bahagianya.

 

Kamu bisa menggunakan gedung pertemuan, aula kampus, restoran bahkan rumah sendiri untuk lokasi pernikahan. Tergantung berapa banyak undangan yang kamu buat daftarnya. Nah daftar undangan penting banget kan jadinya sebagai tahap awal kamu menentukan mau pilih lokasi pernikahan di mana. Sebenarnya ini juga dalam rangka kamu membuat anggaran yang lebih efisien dan pengeluaran yang tak penting. Jadi kamu bisa lebih hemat dan mengalokasikan dana tersebut untuk bulan madu atau angsuran rumah nanti.

 

Katering

Sudah punya daftar tamu undangan, sudah punya lokasi pernikahan, sekarang kamu bisa fokus ke katering. Pilih menu makanan yang enak namun mudah diporsikan untuk sejumlah undanganmu. Jika undanganmu tak memakan terlalu banyak, masih sekitar di bawah 200 orang kamu bisa memanfaatkan menu makanan yang bisa dibuat satuan, misalnya ebi furai dan sejenisnya. Namun jika memang kamu mengundang banyak tamu pilih menu yang bisa dimasak sekali banyak dengan cepat. Seperti sayur cap cay, sapi lada hitam, mie goreng atau sayur sop. Pilih menu yang tidak memerlukan waktu lama ketika dimasak dan bisa diolah sekaligus.

 

Katering merupakan persiapan nikah yang penting yang harus diurus jauh hari. Kebanyakan tamu yang datang akan membicarakan katering di acara kamu jika porsinya tidak dapat memenuhi sejumlah tamu yang datang. Hal tersebut harus ada yang membantu kamu untuk mengontrol di bagian pengateringan nih. Pilihlah yang memang kamu percaya dan sstt… galak, mungkin tante atau pakde kamu yang kira-kira orangnya tegas. Jadi jika petugas kateringnya tidak bergerak cepat tante atau pakde kamu itu bisa membantu mengawasi para petugas katering mengisi kembali wadah yang kosong.

 

Administrasi

Tahu sendiri kan jika birokrasi di Indonesia itu ribet. Nah sambil mempersiapkan daftar tamu, lokasi pernikahan serta katering kamu dan pasangan bisa mengurus administrasi pernikahan. Jika sah di mata agama kan harus juga sah di mata negara dong apalagi negara Indonesia kan negara hukum. Kamu bisa menanyakan terlebih dahulu dokumen apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengurus surat nikah berikut dengan syaratnya. Bisa tanya-tanya terlebih dahulu pada pengurus RT atau RW. Pada dasarnya kamu harus mempersiapkan KTP, ijazah, kartu keluarga, pas foto, serta materai. Persiapkan pula fotokopinya serta pulpen pada saat akan ke kantor kecamatan atau kelurahan. Pada saat kamu sudah membawa dokumen dan syarat tersebut kamu harus mengurus beberapa formulir sampai akhirnya keluar surat keterangan belum menikah kamu dari kecamatan terdekat.

 

Tanya selengkapnya di kantor kecamatan tersebut dokumen serta surat apalagi yang harus dipersiapkan selanjutnya. Setelah urusan negara terselesaikan jangan lupa untuk mengurus sesuai dengan keyakinanmu. Urus administrasi ke masjid atau lembaga agama terkait supaya bisa mendatangkan penghulu. Berarti kamu perlu menyiapkan urusan ketersediaan masjid. Begitu pula dengan gereja mungkin kamu harus mengikuti kursus singkat pernikahan sebelum acara pemberkatan supaya pernikahan dan rumah tangga kamu lancar. Berlaku pula untuk keyakinan lain yang berlaku di Indonesia. Jangan sepelekan urusan administrasi yah BAF Friends jika tidak diurus segera hati-hati akan mengganggu kelancaran pernikahan kamu nantinya.

 

Tabungan

Hal yang terpenting dalam kelancaran pernikahan kamu adalah tabungan. Semua harus dipersiapkan dengan baik termasuk pengeluaran. Persiapan nikah pasti akan merogoh hampir semua kantong kamu tapi jangan hanya karena masalah prestige kamu sampai menghabiskan semua tabungan. Acara pernikahan memang penting namun hidup setelah pernikahan alias rumah tangga kamu jauh lebih penting. Kamu dan pasangan masih membutuhkan pengeluaran untuk membayar angsuran rumah yang penting untuk tempat tinggal keluarga kecil kalian.

 

Rumah tinggal sendiri jauh lebih baik jika dibandingkan tinggal bersama orang tua. Jika masih keberatan soal harga rumah yang mahal kamu bisa mengambil KPR. Tak harus KPR kamu bisa juga mengontrak. Memang terkadang rasa kasihan pada orang tua yang tidak sudah mulai berumur membuat kita tidak tega meninggalkannya. Tapi yakinlah bahwa orang tuamu juga ingin kamu mandiri dan membina keluargamu sendiri.

 

Walaupun berat tapi setidaknya kamu mencoba berdiri dengan kakimu sendiri dibandingkan meminta bantuan orang tua. Ingat lho BAF Friends, orang tuamu sudah merawat dirimu sampai sebesar ini sampai kapan lagi mereka harus bertanggung jawab pada BAF Friends. Padahal yang namanya suami istri harus saling bertanggung jawab satu sama lain dan orang tua harus mulai melepaskan pula.

 

Tabungan juga diperlukan supaya biaya pernikahan tak harus meminta lagi pada orang tua. Masa kamu tega meminta biaya pernikahan pada orang tua pada mereka sudah mengeluarkan begitu banyak biaya untuk pendidikan mungkin sampai kamu sarjana. Karena ini pernikahan kamu maka usahakan sendiri modal pernikahan kalian. Demi berjuang untuk dana pernikahan kamu secara mandiri, BAF bisa kasih solusi nih. Kamu bisa menggunakan Dana Syariah untuk mendapatkan dana tunai guna menambah modal menikahmu. Pembiayaan dana tunai bisa kamu dapatkan dengan bermodalkan BPKB motor saja.


Syaratnya apa? Jika kamu memiliki motor maksimal berusia 10 tahun berarti kamu sudah memenuhi syarat pertama. Tak hanya motor Yamaha tapi kamu juga bisa menggunakan Honda, Kawasaki, dan Suzuki Satria. Datang langsung ke cabang BAF terdekat dari rumah dengan membawa BPKB motor, motor tersebut, KTP asli dan kartu keluarga asli. Kamu bisa mendapatkan dana tunai hingga 30 juta rupiah lho. Kalau mager kamu juga bisa kok mengajukan langsung via online dengan klik di bawah ini.

 

KLIK DI SINI

 

Halo, ada yang bisa Santi bantu?