Dana Syariah

Persiapan Renovasi Rumah Jadi Mudah

09/04/2018
BAF Indonesia
930

Rumah merupakan tempat paling nyaman untuk singgah setelah penat dari pekerjaan. Semenjak kecil, rumah merupakan tempat pertama kita menghabiskan waktu dan bertumbuh. Banyak momen yang terjadi pula di dalam rumah mulai dari momen bahagia, momen sedih maupun momen berharga. Segala kegiatan yang dilakukan di dalam rumah pasti memiliki memori tersendiri yang tak terlupakan untuk BAF Friends. Rumah menjadi harta yang berharga selain keluarga kita sendiri. Hal tersebut lah yang membuat bagaimana pun rumah dijaga dengan baik dan telaten.

 

Rumah tanpa penghuni pun lama bisa menjadi rusak begitu pun rumah yang sudah lama dihuni pasti akan ada masanya rumah mulai rusak. Berbagai hal pasti sudah kamu alami dan lewati bersama rumah tersebut. Mungkin bencana alam, musim hujan, musim kering dan hal lainnya sudah pernah terjadi di rumah BAF Friends. Hal tersebut terkadang membuat kondisi rumah kita makin lama semakin berkurang kualitasnya, bahkan ada beberapa bagian yang rusak. Belum lagi jika harus menghadapi bahaya rayap. Perhatikan tanda-tanda ini siapa tahu kayu rumah kamu berayap lewat artikel ini, Mengetahui Ciri-Ciri Kayu Berayap.

 

Rumah merupakan rencana masa depan yang harus dipersiapkan sejak dini. Sebagai seorang yang berwawasan ke depan rumah perlu perawatan dan persiapan yang matang sehingga investasi rumah merupakan hal yang prioritas. Jika sudah membeli tanah dan ingin membangun rumah harus dipersiapkan bahan baku dan desainnya. Mungkin juga beberapa dari kamu harus melakukan renovasi karena keadaan rumah sudah tidak layak lagi untuk dihuni. Merenovasi rumah tidak harus dilakukan keseluruhan, mungkin hanya bagian dapur yang ingin dirombak, mungkin menambah kamar karena si kecil lahir atau juga memperbaiki keadaan taman.

 

Sebelum semua itu terealisasi persiapan renovasi rumah harus dilakukan. Di beberapa daerah mungkin BAF Friends sering mengalami kebanjiran. Bencana banjir ini biasa terjadi setahun sekali di saat musim hujan tiba sekitar bulan November hingga bulan Februari. Hujan yang menyebabkan banjir dapat membuat rumah lama kelamaan rusak. Tantangannya dalam persiapan renovasi rumah adalah dana. Ini hal cukup krusial BAF Friends, jika dana tak cukup maka renovasi rumah pasti akan berhenti di tengah-tengah dan tak terselesaikan. Renovasi rumah yang tak selesai bisa membuat kesehatan juga terganggu lho. Debu semen dan udara lembab siap menghantui kesehatan keluarga BAF Friends. Jadi sebelum pelaksanaannya perhatikan persiapan renovasi rumah berikut ini.

 

Persiapkan bugdet

Pentingnya mempersiapkan dana renovasi rumah karena ini hal yang paling signifikan. Jika kamu tidak memiliki persiapan dana sudah pasti kamu tak bisa melakukan renovasi rumah. Persiapkan dana dari jauh-jauh bulan jika kamu memang akan merenovasi rumah. Catat semua perkiraan pengeluaran. BAF Friends juga bisa studi perbandingan terhadap pemborong yang akan mengurus renovasi rumah. Biasanya pemborong tersebut merupakan artsitek yang sudah memiliki kenalan serta tim yang akan mengurus semua urusan renovasi rumah kamu. Mulai dari rancangan rumah, bahan baku, tukang hingga pengurusan gaji tukang tersebut.

 

Pemborong juga bisa seseorang yang memiliki pengalaman di bidang renovasi rumah mungkin dia menjual bahan baku untuk membangun rumah dan sebagainya. Jadi tak harus seorang arsitek juga kamu pun bisa meminta tolong teman yang cukup paham soal perihal renovasi rumah. Studi bisa dilakukan juga dengan menanyakan kepada toko bangunan yang menyediakan bahan baku untuk membangun rumah. Kamu bisa menanyakan dengandetil pengeluaran apa saja yang dibutuhkan untuk renovasi rumah dan berapa biaya yang harus dikeluarkan. Semua itu harus dicatat sehingga kamu tahu berapa budget yang harus dipersiapkan. Jika kamu membutuhkan bantuan dana tunai, BAF Friends bisa memanfaatkan pembiayaan Dana Syariah untuk dana renovasi rumah.

 

Mempelajari lingkungan

Nah ini juga harus kamu perhatikan apalagi kamu baru membeli rumah tersebut. Mulai dari tekstur tanah, bahaya banget kalau ternyata tekstur tanahnya lembek bisa jadi nanti ada kemungkinan amblas. Maka dari itu perhatikan baik-baik teksturnya sehingga kamu bisa mempersiapkan fondasi seperti apa yang paling cocok digunakan untuk tipe tanah seperti itu. Begitu juga jika tanahnya padat, kamu juga harus mempersiapkan fondasi tertentu sehingga struktur bangunan kokoh dan terhindar dari amblas.

 

Berbincanglah juga dengan orang sekitar, terutama RT dan RW. Pertama mintalah izin jika kamu akan membangun atau renovasi rumah. Tetangga perlu diberitahu karena secara tidak langsung pembangunan atau renovasi rumah kamu pasti akan mengganggu kenyamanan mereka mulai dari suara bising hingga debu yang disebabkan oleh pembangunan tersebut. Kamu juga bisa mempelajari apakah lingkungan sekitar kamu kondusif atau tidak.

 

Gaya hidup

Kamu juga harus memperhatikan keseharian dan kebiasaan yang dilakukan oleh semua anggota keluarga. Mungkin kamu memiliki hobi berkegiatan di luar bersama anak-anak dan pasangan. Nah desain rumah yang harus dipersiapkan adalah lahan taman yang luas serta ruang lapang yang menunjang kegiatan kamu. Misalnya kamu dan keluarga menyukai olahraga renang dan ternyata halaman belakang kamu lebih dari cukup untuk membuat kolam renang tak ada salahnya juga. Kamu juga bisa lho memanfaatkan lahan sempit untuk kolam renang. Buatlah kolam renang berbentuk persegi panjang, manfaatkan lahan sisa untuk jalan setapak dan tempat menaruh lazy chair dengan bantal dan payung taman.

 

Jika kamu lebih suka kegiatan di dalam maka buatlah ruang tamu menjadi lebih luas. Bisa juga menambah dengan beberapa sudut bermain yang menunjang kegiatan si kecil yang sedang aktif-aktifnya bermain. Jika pasangan hobi memasak kamu juga bisa membangun dapur yang nyaman sehingga segala eksperimen masak sang pasangan terakomodir dengan baik. Siapa tahu bisa sekalian mengajak si kecil belajar dan mengenal lebih jauh mengenai dunia masak memasak.

 

Gimana? Sudah punya melakukan persiapan renovasi rumah? Jika kamu butuh dana tambahan karena pengeluaran tak terduga dari renovasi rumah bisa lho langsung diajukan lewat Dana Syariah. Kamu bisa mendapatkan dana tunai hingga 30 juta* yang bisa kamu pilih sendiri tenornya. Gunakan #taktikcerdik untuk mendapatkan hadiah tambahan saat mengajukan pembiayaan dana tunai. Yuk isi lengkap data diri kamu di sini.

 

KLIK DI SINI

 

*Syarat & ketentuan

 

Halo, ada yang bisa Santi bantu?