Dana Syariah

Pertanyaan Ini Harus Kamu Jawab Jujur Sebelum Lanjut Kuliah

13/04/2018
BAF Indonesia
893

Melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi memang impian semua orang. Keputusan untuk memilih sekolah lagi adalah keputusan yang tepat dan mulia kok. Nggak ada salahnya kok mengedepankan pendidikan sebagai pilihan masa depanmu. Pendidikan sebenarnya adalah salah satu bentuk dari investasi jangka panjang. Kamu mungkin tak dapat menerima atau melihat hasilnya sekarang namun yakin deh di masa depan kamu pasti bisa menuai hasil pendidikan kamu ini. Melanjutkan kuliah bukan hanya perkara kamu punya gelar sarjana aja ya BAF Friends tapi lebih dari itu.

 

Komitmen adalah hal utama saat memutuskan untuk akan lanjut kuliah. Komitmen inilah sebenarnya yang paling susah dilakukan oleh orang yang akan lanjut kuliah. Kamu harus komit pada semua urusan kampus, fokus pada pendidikan yang akan diambil, siap menghadapi mata pelajaran dengan tema yang sama selama 3 tahun. Menghadapi mata kuliah yang lebih rumit dibandingkan mata pelajaran di sekolah menengah. Hal ini terdengar sepele tapi yakin deh ini sulit banget lho dilakukan. Apalagi kamu sedang masanya early adult, ada di posisi kamu bebas menentukan sendiri apa yang ingin kamu lakukan dan pilih.

 

Memasukki usia dewasa, memilih untuk melanjutkan kuliah merupakan otoritas penuh kamu. Orang tua hanya bertindak sebagai suporter dan penjaga, serta bertindak sebagai penasihat yang membantu kamu memutuskan yang terbaik untuk kelanjutan kuliah kamu. Nah sebelum kamu memutuskan akan lanjut kuliah coba jawab beberapa pertanyaan berikut.

 

Apa hobi atau minat kamu?

Ini pertanyaan awal yang harus kamu jawab tanpa berpikir panjang. Hobi adalah kegiatan yang kamu sukai yang biasa dilakukan pada waktu senggang. Sedangkan minat adalah dorongan atau kecenderungan kamu pada suatu obyek dan erat kaitannya dengan perasaan. Bisa dicontohkan hobi seperti bersepeda sedangkan minat kamu lebih suka sepeda MTB (mountain bike). Kesamaannya adalah dua hal tersebut sama-sama berhubungan dengan sesuatu hal yang disukai. Jika ditanyakan tentang hal yang kamu minati atau hobi merupakan hal yang mudah tanpa harus berpikir banyak dan lama.

 

Kenali dirimu dengan baik, renungkan dengan seksama apakah kamu ingin mengambil jurusan kuliah sesuai dengan hobi atau minat. Perlu diingat ya BAF Friends melakukan hal yang kamu minati mungkin tetap akan menghadapi banyak halangan namun setidaknya kamu akan lebih tulus mengerjakan dan meraihnya tanpa paksaan karena kamu memang sudah suka pada dasarnya. Biasanya kamu akan lebih mudah dan tanpa beban ketika melakukan hal yang kamu sukai dibanding ketika seseorang menyuruhmu. Jadi pikirkan kembali apakah kamu akan lanjut kuliah sesuai dengan hobi atau minat kamu.

 

Bagaimana prospek ke depannya?

Sudah menentukan jurusan kuliah yang akan diambil sekarang pikirkan bagaimana prospek ke depannya. Kamu pasti bisa mengira-ngira pekerjaan apa yang bisa kamu lakukan dengan modal skill tersebut. Misalnya jika kamu mengambil jurusan komunikasi visual kamu bisa menjadi seorang desainer grafis yang membantu sebuah perusahaan untuk menciptakan logo tertentu atau bekerja di agensi iklan yang banyak menangani keperluan desain grafis dari banyak perusahaan. Menjadi seorang desainer grafis perlu kreativitas yang tinggi lho apalagi dituntut untuk bekerja dengan cepat.

 

Pikirkan baik-baik apakah orientasi kamu setelah lanjut kuliah adalah bekerja atau ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Nah jika kamu ingin langsung bekerja coba cari jurusan kuliah yang kira-kira dibutuhkan oleh semua perusahaan dan kesempatan kerjanya besar. Di era digital seperti sekarang ada beberapa pekerjaan yang biasanya dibutuhkan banyak perusahaan. Salah satunya ada IT, sarjana teknologi informasi ini memang cukup dibutuhkan bagi banyak perusahaan. Integrasi besar dari segi bisnis konvensional ke bisnis digital menjadikan IT cukup dibutuhkan di perusahaan. Selain itu pekerjaan baru yang muncul karena perubahan ini adalah digital marketer. Pemasaran berbasis daring ini sedang marak dan cukup mengambil andil besar dari segi bisnis perusahaan.

 

Sesuaikah jurusan kuliah tersebut dengan nilai yang kamu junjung selama ini?

Nah ini lebih ke masalah prinsip ya BAF Friends. Selama kita hidup hingga umur segini pasti banyak nilai serta kebiasaan yang kita jadikan junjungan. Apakah itu berhubungan dengan sosial atau spiritualitas. Semua itu kamu lah yang menentukan BAF Friends karena nanti kamu sendiri yang akan menjalankannya. Jangan sampai ternyata jurusan kuliah yang kamu ambil akan menghalangi atau membawa beban tersendiri karena ada suatu nilai yang membuat kamu kurang sreg.

 

Daripada kamu berhenti di tengah jalan lebih baik cari tahu terlebih dahulu secara detil tentang jurusan kuliah yang akan kamu ambil tersebut. Bisa saja hal tersebut mengganggumu ketika sedang aktif-aktifnya kuliah, jika ada satu hal yang membuat kamu kurang nyaman nanti akan berpengaruh terhadap semangat belajar. Nilai yang kamu junjung sudah kamu bawa sejak masih kecil jadi ini termasuk faktor yang cukup krusial lho dalam pengambilan keputusanmu. Jadi lebih baik cari tahu dan pahami secara menyeluruh apa yang akan kamu ambil.

 

Bisa kamu berkomitmen mencintai pilihanmu?

Sama seperti pacar nih jurusan kuliah juga perlu dicintai karena merupakan salah satu pilihanmu. Karena kamu yang memilih sendiri jurusan kuliah mu kamu juga harus menjalankan pilihanmu secara konsisten. Melakukan sesuatu dengan komitmen itu berat lho bahkan untuk sesuatu yang kamu sukai juga. Jika kamu sudah mencintai pacarmu kamu harus menerima segala yang ada dalam dirinya. Begitu pula dengan jurusan kuliah yang kamu pilih harus dijalankan dengan sepenuh hati.

 

Jangan karena masalah kebosanan menjadikan kamu urung menyelesaikan tugas dan kewajiban. Pada awal memilih kamu sudah berkomitmen akan menyelesaikan kuliah dan memilihnya berdasarkan keinginan sendiri. Maka dari itu selesaikan lah sampai titik darah penghabisan. Jika kamu lulus nanti ingatlah bahwa orang tuamu juga akan turut melihat dan bahagia karena anaknya sudah sukses menyelesaikan jenjang perkuliahan. Godaan kadang datang dari orang-orang terdekat kamu lho, misalnya teman. Jangan jadikan hal tersebut alasan untuk mundur dari perjuangan.

 

Coba jawab jujur di dalam hati pertanyaan di atas. Kalau perlu kamu catat dalam buku kamu supaya kamu ingat terus apa yang ingin kamu capai. Nanti jika saat kuliah kamu ada dalam tahap jenuh dan ingin berhenti lihat kembali catatan tersebut dan ambil langkah untuk apa yang ingin kamu capai selanjutnya. Hal yang pasti jangan jadikan hal kejenuhan sebagai alasanmu berhenti melangkah. Bagi kamu yang ingin melanjutkan ke jenjang S2 coba baca artikel berikut supaya kuliah lagi tak hanya sekedar mimpi, Kuliah S2 Bukan Mimpi dengan Cara Ini.

 

Masih khawatir soal dana yang tidak cukup? Kamu bisa kok mengajukan pembiayaan dana tunai untuk membantu rencana lanjut kuliah. Tak ada lagi alasan tak bisa melanjutkan kuliah karena terhalang dana karena Dana Syariah siap membantu segala kebutuhanmu. Kamu bisa mendapatkan dana tunai hingga 30 juta rupiah. Yuk klik di bawah ini untuk informasinya.

 

KLIK DI SINI

Halo, ada yang bisa Santi bantu?