Motor Yamaha

Pilih Motor Baru atau Motor Bekas? Simak #TaktikCerdik Berikut!

17/02/2018
BAF Indonesia
3171

Saat ini, motor sudah menjadi kebutuhan wajib setiap orang. Bayangkan saja jika kamu tidak punya sepeda motor. Ke mana-mana harus naik angkutan umum atau nebeng temen. Pastinya tidak nyaman, bukan? Belum lagi jika kamu tinggal di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan sebagainya, di mana kemacetan terjadi di setiap ruas jalanan.

Sepeda motor memang menjadi solusi paling tepat untuk menghadapi kondisi seperti ini. Hanya saja, pertanyaannya sekarang, apakah harus membeli motor baru atau cukup membeli motor bekas? Pastinya antara kedua pilihan tersebut ada kelebihan dan kelemahan masing-masing. Nah, sebelum kamu menentukan pilihan untuk kredit motor, simak dulu keunggulan sekaligus kelemahan membeli motor baru maupun bekas berikut ini.

 

# Keunggulan Membeli Motor Baru

Membeli motor baru ternyata tidak hanya akan membuat kamu merasa bangga. Ada banyak lagi keunggulan yang bisa kamu dapatkan dari  kredit motor baru. Berikut ini beberapa di antaranya:

1.  Mendapatkan Motor dengan Model Baru

Pada umumnya, motor baru yang diperjualbelikan dealer merupakan sepeda motor dengan model terbaru. Ini artinya, kalau kamu beli motor baru, otomatis kamu akan mempunyai motor keluaran terkini. Dengan begitu, bisa dipastikan kamu tidak akan ketinggalan tren untuk masalah yang satu ini.

2.  Mendapatkan Garansi Resmi

Saat membeli motor baru, sudah pasti kamu akan mendapatkan garansi resmi. Garansi ini merupakan salah satu layanan istimewa dari produsen yang diberikan untuk semua konsumen sebagai jaminan atas kualitas dari motor itu sendiri.

3.  Tidak Perlu Memikirkan Biaya Rekondisi

Satu lagi keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan membeli motor baru. Kamu tidak perlu lagi memikirkan biaya rekondisi. Sebab, motor baru sudah pasti didesain sedemikian rupa sehingga memberikan performa yang luar biasa. Begitu kamu membelinya misal dengan pinjaman tunai, sudah bisa langsung digunakan tanpa perlu melakukan perubahan performa apa pun.

 

#Kelemahan Membeli Motor Baru

Membeli motor baru memang akan memberi banyak keunggulan. Namun begitu, ada beberapa kelemahan yang juga. Berikut ini beberapa di antaranya:

1.  Harus Servis di Bengkel Resmi selama Masa Garansi

Ini merupakan kelemahan yang paling utama. Ada pembatasan tempat servis jika ingin garansi yang kamu dapatkan tetap berlaku. Garansi servis hanya bisa kamu ambil jika menggunakan jasa dari bengkel servis saja. Sebenarnya, hal ini tidak menjadi masalah selagi di sekitar rumah kamu ada bengkel resmi dari sepeda motor tersebut. Apa jadinya jika ternyata rumahmu jauh dari bengkel resmi? Tentu sangat merepotkan, bukan?

2.  Kelengkapan Dokumen Tidak Langsung Diperoleh

Kalau kamu membeli motor baru, kelengkapan dokumen baru bisa kamu dapatkan setelah beberapa hari, maksimal 30 hari. Hal ini untuk memberi kesempatan pada leasing untuk melengkapinya. Ini artinya, meskipun sepeda motor sudah diantar ke rumah, kamu belum bisa menggunakannya secara leluasa. Kamu harus menahan diri untuk bepergian ke luar, karena dokumen perjalanan dengan motor belum ada di tanganmu.

 

# Kelebihan Membeli Motor Bekas

Meskipun tersedia motor baru, bukan berarti motor bekas tidak banyak diminati masyarakat. Hal ini tentu karena ada beberapa kelebihan saat membeli motor bekas. Berikut ini beberapa di antaranya:

1.  Harga yang Lebih Miring

Membeli motor bekas bukan berarti pilihan buruk jika memang kamu tidak mempunyai budget banyak. Bahkan, justru inilah jalan yang terbaik. Sebab, harga yang ditawarkan untuk motor bekas biasanya lebih miring. Apalagi jika kamu mendapatkan motor tersebut dari pemiliknya yang memang sedang membutuhkan dana cepat. Biasanya, meskipun ditawar sangat rendah, motor akan dilepaskan buat kamu.

2.  Tersedia Banyak Pilihan Sesuai dengan Budget

Berapa pun budget yang kamu miliki, selalu ada pilihan motor yang tersedia. Hanya saja, memang harga akan sangat menentukan kualitas barang. Sepeda motor dengan jenis dan tipe sama bisa jadi akan diberikan harga berbeda, karena beberapa faktor, misalnya tahun produksi atau beberapa kerusakan yang ada.

3.  Bisa Langsung Digunakan

Tidak seperti kalau kamu membeli motor baru, dengan membeli motor bekas kamu langsung menggunakannya, keluar kota sekalipun. Sebab, semua dokumen yang diperlukan selama perjalanan, seperti STNK, sudah bisa langsung kamu peroleh saat itu juga.

 

# Kekurangan Membeli Motor Bekas

Membeli motor bekas memang menguntungkan, terlebih jika dana yang kamu miliki tidak banyak. Namun begitu, ada beberapa kekurangan jika kamu membeli motor bekas. Berikut ini beberapa di antaranya:

1.  Harus Siap Dana Rekondisi atau Balik Nama

Karena motor bekas, bisa jadi motor tersebut sudah mengalami beberapa kerusakan atau aus. Maka dari itu, kamu perlu untuk menyiapkan dana tambahan untuk rekondisi agar motor mempunyai kondisi sempurna. Tidak hanya itu, kamu juga perlu menyiapkan dana untuk balik nama, dari nama pemilik pertama menjadi nama kamu.

2.  Harus Hati-hati saat Memilih Unit

Seseorang menjual sepeda motor pastinya mempunyai alasan tertentu, mulai dari butuh uang, bosan, atau banyak kerusakan yang terjadi. Sebagai konsumen, kamu harus berhati-hati dalam memilih motor bekas. Jangan sampai kamu membeli motor bekas yang sudah banyak mengalami kerusakan. Sebab, kamu akan mengeluarkan banyak dana lagi untuk perbaikan.

3.  Kebanyakan Model Lama

Dalam beberapa kasus, banyak orang yang menjual motornya karena modelnya sudah lama dan ingin menggantinya yang baru. Maka tak heran jika motor bekas yang dijual di pasaran kebanyakan mempunyai model yang ketinggalan zaman.

Nah, bagaimana? Kamu ingin membeli motor baru atau bekas? Semua keputusan ada di tanganmu, yang pastinya disesuaikan dengan kondisi keuangan. Namun, jika ditimbang-timbang lebih teliti lagi, sebenarnya, membeli motor baru lebih menguntungkan daripada motor bekas.

Peluang mendapatkan barang berkualitas lebih besar. Jika harga menjadi kendala terbesar bagimu, gunakan sistem kredit motor. Siapa bilang membeli motor baru itu harus punya kocek besar? Daripada harus menanggung risiko saat membeli motor bekas, lebih baik gunakan BAF untuk membantu memiliki motor baru impianmu.

Nah, buat kamu yang membutuhkan pinjaman dana tunai untuk membeli motor baru, BAF merupakan solusi yang tepat. Klik di sini untuk info selengkapnya!

 

KLIK DI SINI

 

Halo, ada yang bisa Santi bantu?