Mobil

Siapkan Kebutuhan Ini Menjelang Ramadhan

26/04/2018
BAF Indonesia
1380

Ramadhan memang masih 2 minggu lagi tetapi euforia di hati sudah mulai meledak - ledak nih. Nggak sabar campur bahagia melingkupi perasaan kita. Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu - tunggu oleh seluruh umat Muslim. Di Indonesia sendiri kemeriahan bulan Ramadhan biasanya mulai terasa seminggu sebelum bulan puasa datang. Beberapa jam pulang kantor bahkan sampai menyesuaikan dengan jam buka puasa. Cukup spesial bulan Ramadhan ini dirayakan khususnya di Indonesia karena sebagian besar penduduk Indonesia adalah penganut agama Islam.

 

Lewat bulan Ramadhan kita selalu diberi kesempatan untuk memulai segalanya dari awal, mulai dari berbenah diri sampai berbenah seluruh rumah. Lewat bulan puasa ini selain memperbaiki diri kamu bisa atau memperbaiki rumah yang memang butuh perbaikan. Hal tersebut tak hanya untuk menyambut hari raya namun juga udara yang cukup kering paling pas dimanfaatkan untuk membangun rumah. Jadi pembangunan rumah kamu tak terkendala hujan yang mengguyur atau udara lembap lainnya.

 

Namun ada banyak hal lain yang lebih penting dari memperbaiki rumah atau renovasi saja karena yang paling penting adalah ritual ruhaniyah daripada badaniyah. Dilansir dari Republika.co.id (2016), Ketua Umum Ikatan Dai Indonesia (IKADI), KH Prof Ahmad Satori Ismail menyampaikan bahwa ada 4 aspek yang harus disiapkan dalam menyambut bulan Ramadhan.

 

Aspek Fikriah

Aspek fikriah merupakan persiapan kamu tentang ilmu yang berkaitan dengan Ramadhan termasuk fikih tentang puasa. Kiai Satori menjelaskan fikih tentang puasa adalah ilmu tentang puasa itu sendiri terkait syarat, sunah puasa, apa saja yang bisa membatalkan puasa, serta rukun. Mendalami ilmu puasa wajib hukumnya supaya bisa lebih memaknai puasa itu sendiri. Memahami ibadah secara lengkap dan benar supaya lebih keilmuan kita terhadap Islam itu lebih penuh.

 

Aspek Amaliah

Hayoo… Kamu rajin beramal nggak nih, BAF Friends? Atau sudahkah kamu menyisihkan uang untuk membayar zakat? Di bulan penuh berkah ini aspek amaliah harus manfaatkan secara maksimal. Sisihkan pendapatan kamu untuk bersedekah pada orang-orang yang membutuhkan. Banyak lho orang di luar sana yang kurang beruntung dan membutuhkan uluran tanganmu. Berkah akan lebih berlimpah jika ibadah dan bersedekah di bulan Ramadhan dioptimalkan lho.

 

Aspek Jasadiah

Aspek yang satu ini berhubungan dengan kesehatan tubuh. Mempersiapkan diri memang tak hanya dari dalam tapi juga dari luar. Lebih memperhatikan kebugaran tubuh supaya ibadah kamu lebih optimal ketika bulan Ramadhan. Bayangkan saja jika pada saat menjalankan puasa kamu sakit. Puasa bisa saja batal dan kegiatanmu pun terganggu. Tak ingin kan hal tersebut sampai kejadian. Apalagi saat puasa biasanya makanan tidak terlalu dijaga karena banyak tawaran buka bersama. Nah patut dipertimbangkan nih, BAF Friends, menjaga kebugaran tubuh adalah hal yang penting sehingga makanan yang kamu makan pun dijaga dengan baik.

 

Aspek Qolbiah

Menurut Kiai Satori aspek qolbiah ini adalah yang berhubungan dengan akhlak dan keikhlasan umat. Banyak cobaan yang biasanya kamu alami saat menjalani puasa dan terkadang sangat menggoda kamu untuk marah dengan orang lain. Selama bulan Ramadhan perasaan yang dapat membatalkan puasa lebih baik dibuang jauh - jauh misalnya seperti yang disebutkan sebelumnya yaitu marah, dengki, takabur dan perasaan hati yang dapat merusak hati dan membuat jadi penyakit.

 

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang bisa melipatgandakan ibadah dan pahala kita karena di bulan ini Allah SWT menurunkan wahyu lewat Alquran. Kitab suci Alquran ini merupakan tuntunan umat Muslim dalam membedakan kebaikan dan kebatilan. Memperdalam dan menghayati Alquran saat bulan Ramadhan juga bisa jadi pilihan sambil kamu menunggu jam berbuka puasa lho, BAF Friends. Biasanya yang suka nongkrong - nongkrong akan lebih baik jika kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk memperkaya ilmu pengetahuan dengan memperdalam semuanya tentang Islam.

 

Beberapa kebutuhan lain yang bisa kamu persiapaan menjelang Ramadhan adalah:

 

Keuangan

Perhatikan deh, BAF Friends, saat menjelang Ramadhan harga bahan pokok biasanya melonjak tinggi karena permintaan yang juga sangat tinggi. Biasanya orang akan membeli kebutuhan pokok tersebut untuk persiapan atau stok selama di bulan Ramadhan. Kebutuhan bumbu dapur, nasi hingga daging-dagingan melonjak tinggi karena mulai sulit didapatkan alias langka. Ini lah yang terkadang membuat keuangan kita lebih boros dibandingkan dengan bulan - bulan lainnya. Ditambah lagi seringkali membeli barang - barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan namun ‘sepertinya’ harus dibeli, misalnya sarung atau baju baru.

 

Bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk menahan hawa nafsu termasuk menahan pengeluaran. Yakin deh kamu jadi jauh lebih hedon ketika bulan Ramadhan tiba kan. Padahal seharusnya yang terjadi adalah sebaliknya kamu harus menjaga supaya kamu tidak kalap saat bulan Ramadhan tiba. Memang sih akan banyak sekali diskon yang akan diberikan pada pusat - pusat perbelanjaan atau supermarket. Ikat pinggangmu ketat - ketat dan jagalah hati supaya tak termakan oleh bualan diskon. Lebih baik uangmu disisihkan untuk zakat atau sedekah pada kaum dhuafa. Kegiatan buka bersama kamu bisa dialihkan untuk diadakan bersama anak panti asuhan atau orang yang tinggal di bawah kolong jembatan. Daripada harus berhura - hura kan.

 

Kendaraan

Yep! Seperti yang disebutkan sebelumnya pasti banyak diskon yang bisa kamu dapatkan saat bulan Ramadhan tiba termasuk diskon untuk alat transportasi alias kendaraan. Banyak pameran kendaraan yang biasanya digelar sebelum dan saat bulan Ramadhan tiba. Misalnya Pekan Raya Jakarta yang biasanya diadakan sebulan dari Juni hingga Juli. Banyak brand otomotif yang mengeluarkan produknya pada saat pameran ini. Angsuran hingga bunga biasanya menjadi incaran utama para pengunjung. Mungkin kamu pun salah satunya dari mereka yang mencari diskon ini. Manfaatkan dengan baik perihal ini supaya saat pulang mudik kamu bisa lebih leluasa tak perlu gasrak - gusruk mencari yang lain.

 

Kamu bisa mendapatkan mobil impian kamu dengan harga yang paling menarik dari pameran tersebut. Eits… Tapi nggak harus nunggu sampai pameran kok karena kamu bisa mendapatkan harga mobil terbaik dari BAF. Salah satunya adalah Daihatsu All New Terios dengan angsuran mulai Rp4.231.037 per bulan* kamu bisa langsung bawa pulang.

Yakin nggak mau? Nanti nyesel lho. Mumpung masih bulan April kamu bisa mendapatkan VOUCHER BELANJA setiap pengajuan kredit mobil hingga Rp3JUTA lho. Isi data diri lengkap kamu sekarang, di bawah ini.

 

KLIK DI SINI

 

 

 

Halo, ada yang bisa Santi bantu?