Mobil

#TaktikCerdik Bikin Kondisi Mobil Tetap Prima

10/02/2018
BAF Indonesia
860

Masyarakat sub urban atau pinggiran kota biasanya menggunakan mode transportasi mobil untuk mobilitas sehari-hari. Mobil dipilih karena lebih nyaman dan tak perlu berganti-ganti transportasi yang lain. Biasanya masyarakat yang berada di kota-kota satelit Jakarta, seperti Bekasi, Tangerang dan Cikarang menggunakan mobil sebagai salah satu pilihan mode transportasinya.

 

Mobil merupakan aset penting yang harus selalu dijaga kualitas mesin dan body-nya. Menjaga kebersihan dan kesehatan mesin mobil harus menjadi prioritas utama jika kamu menggunakan mode transportasi ini setiap hari. Sebab penggunaan yang cukup sering dan sehari-hari terkadang membuat mobil cepat rusak atau pun rewel.

 

Mengganti oli secara rutin

Setiap alat yang memiliki mesin dan digerakan dengan bahan bakar biasanya harus menggunakan oli supaya mesin dapat bekerja secara maksimal. Oli pada kendaraan mencegah benturan pada logam-logam di komponen mesin, selain itu mencegah adanya goresan dan keausan. Penggantian oli tergantung pada jenis dan kinerja mobil, bisa jadi sangat berbeda-beda tergantung kemampuan mesin. Jika kurang yakin, bisa langsung tanyakan kepada mekanik di bengkel supaya mobil tersebut mendapatkan oli yang sesuai. Perhatikan juga oli power steering karena sangat berpengaruh terhadap setir mobil. Jika oli power steering hampir habis maka setir mobil akan lebih susah saat dikemudikan. Kamu juga bisa mengetahuinya dari munculnya suara pada pompa ketika mobil berbelok. Jadwalkan secara rutin untuk mengganti oli supaya mobil tetap prima. Baca artikel ini sebelum kamu mengganti oli mobil, Memilih Oli yang Paling Tepat.

 

Mengecek cairan radiator dan coolant

Fungsi radiator sebenarnya untuk menetralkan panas di dalam mesin. Jadi kalau di film-film pernah melihat air yang muncrat dari keluar dari mesin itulah yang namanya air radiator. Jika air radiator kosong dapat menyebabkan overheat sehingga membuat mesin mobil jadi lebih mudah rusak. Tapi perlu diingat untuk tidak membuka radiator saat mesin mobil masih menyala atau mesin mobil masih dalam keadaan panas. Jika radiator ingin dibuka pastikan mobil dalam keadaan mati dan dingin. Lakukan pengurasan atau penggantian air radiator saat mobil sudah mencapai 1000km. Jadi penting banget lho menjaga keadaan cairan radiator supaya tak membahayakan kamu sebagai pengemudi, BAF Friends dan yang terpenting mobil tetap prima.

 

Menjaga kebersihan filter karburasi

Apakah mobil kamu sering susah ketika akan dinyalakan? Nah itu merupakan tanda kalau filter karburasi mobil kotor. Sebenarnya cara membersihkan filter karburasi mudah saja kok, BAF Friends. Gunakan sikat gigi bekas dan gosokan pelan-pelan sambil melepaskan kotoran serta kerak yang menempel pada filter karburasi. Usahakan tidak menggunakan hairdryer serta compressor saat membersihkan filter karburasi karena hal tersebut menyebabkan risiko kerusakan pada filter karburasi mobil. Supaya lebih mudah dinyalakan perhatikan kebersihan filter karburasi sehingga mobil tetap prima.

 

Lakukan tune up rutin dan gunakan spare part resmi

Servis rutin sering sekali dilupakan para pemilik mobil. Padahal menjaga mobil tetap prima salah satunya adalah melakukan servis rutin. Pada proses tune up, semua komponen vital kendaraan akan diperiksa menyeluruh, apakah perlu ada penggantian atau hanya dibersihkan. Penggunaan mesin dari bengkel resmi membantu menjaga supaya jika ada kerusakan mesin, kerusakan tersebut tidak menjalar ke mesin yang lainnya. Jangan sampai kamu menggunakan mesin lain yang harganya lebih murah tanpa tahu kualitas barangnya karena bisa jadi mobil kamu malah ‘turun mesin’.

 

Pastikan poin-poin di atas kamu lakukan ya, BAF Friends. Jangan sampai ada yang terlewat karena bisa fatal sekali akibatnya. Pilih mobil yang bisa tak rewel juga penting untuk menunjang keseharianmu.

 

Misalnya Toyota 2018 C-HR yang desainnya pas sekali untuk para pengendara yang aktif dan smart. Dilengkapi dengan Toyota Safety Sense™ P (TSS-P) sehingga berkendara kamu lebih aman dan orang di sekitarmu juga lebih aman. TSS-P memperingatkan jika ada obyek di sekeliling yang bergerak sehingga membantumu lebih waspada. Bagi kamu yang sering berkendara jarak jauh C-HR memang teman paling pas dan nyaman deh.

 

Yuk ajukan mobil Toyota 2018 C-HR sekarang di BAF.

 

AJUKAN SEKARANG

 

Halo, ada yang bisa Santi bantu?