Dana Syariah

#TaktikCerdik Melanjutkan Bisnis Keluarga Biar Lancar Jaya

24/04/2018
BAF Indonesia
1117

BAF Friends siapa di sini yang sudah lulus kuliah? Beberapa dari kamu yang sudah lulus kuliah mungkin memiliki mimpi bekerja di perusahaan yang keren atau mungkin bermimpi memiliki bisnis sendiri. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menjalankan bisnis sendiri. Mulai dari kamu belajar untuk lebih mandiri dan kuat berdiri dengan kaki sendiri hingga membantu orang lain dalam menciptakan lapangan kerja. Di era presiden sekarang, Joko Widodo, banyak memberikan kesempatan bagi siapa pun yang memiliki ide kreatif untuk menjalankan bisnis sendiri.

 

Banyak anak muda yang tadi tidak yakin akan menjalankan bisnis sendiri kini mulai mengeluarkan taringnya. Ide-ide bisnis kreatif pun kini mulai banyak bermunculan terutama untuk kamu yang bergerak di bidang digital alias daring. Bisnis berbasis daring mulai merebak di Indonesia sejak 2015. Banyak pengusaha muda yang memanfaatkan bisnis berbasis daring sejak masyarakat mulai menggunakan smartphone. Mulai dari bisnis retail, penjualan makanan hingga pengiriman barang kini berbasis internet. Bahkan ojek pun kini dapat diakses melalui pemesanan aplikasi berbasis daring, yang dapat dipanggil langsung ke rumah. Dan banyak lagi bisnis kreatif yang berbasis daring lainnya.

 

Selain bisnis sendiri kamu juga bisa lho melanjutkan bisnis keluarga. Mengembangkan bisnis keluarga nggak ada salahnya kok, BAF Friends, dan bukan berarti kamu tak menjadi lebih mandiri. Banyak yang bisa kamu kembangkan ketika mejalankan bisnis keluarga. Kamu bisa melanjutkan bisnis keluarga yang sudah dijalani oleh orang tua atau kakek nenek dulu. Ini merupakan tantangan yang lebih besar karena secara tidak langsung kamu membawa nama baik keluarga. Mungkin orang tuamu kini ingin menikmati masa tuanya dengan rehat dari dunia bisnis atau memang kakek nenekmu sudah memberikan mandat untuk meneruskan bisnis keluarga ini.

 

Pasti dong bisnis keluarga membutuhkan seorang penerus yang akan menjalankan bisnis ini. Mungkin ketika kamu sudah mulai dewasa serta sudah pantas menggantikan, mereka akan memilih kamu untuk melanjutkan. Menghadapi era digitalisasi dan kemajuan peradaban seperti sekarang mungkin orang tua atau kakek nenekmu mulai beranggapan harus ada generasi yang lebih muda untuk melanjutkan bisnis yang lebih dinamis lagi. Nggak perlu ragu ketika akan mengemban tugas sebagai penerus generasi biar saja orang lain berkata kamu adalah anak manja yang hanya bisa melanjutkan bisnis keluarga. Pelajaran yang bisa kamu petik adalah orang tua dan kamu memiliki passion yang sama terhadap bisnis. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menjalankan amanah tersebut secara maksimal.

 

Buat kamu yang ingin melanjutkan bisnis keluarga di bidang katering bisa ikuti beberapa tips ini supaya bisnis katering keluargamu makin happening, Tips Punya Usaha Katering yang Happening! Banyak banget lho yang bisa kamu kembangkan untuk menjalankan bisnis di bidang makanan ini. Lebih lengkapnya ada beberapa #taktikcerdik ini bisa kamu contek supaya bisa melanjutkan bisnis keluarga biar lancar jaya.

 

Kenali sistem pengelolaan dan keuangan

Ada nilai plus yang sudah kamu miliki ketika melanjutkan bisnis keluarga yaitu kamu sudah mengenal dengan baik karakter orang tua dan nenek kakekmu. Jadi sedikit banyak kamu tahu cara mereka menjalankan bisnis keluarga selama ini. Mungkin dari karyawan orang tua dan kakek nenekmu sudah banyak yang kamu kenal dan ketahui. Ini juga bisa jadi bahan pokok untuk pengenalan terhadap bisnis keluargamu. Ingat jangan mudah percaya siapa pun ya, BAF Friends. Anggap saja kamu adalah selembar kertas putih yang siap ditulis. Anggap kamu tidak mengenal apapun dan siap belajar dari 0 termasuk mengenal para karyawan.

 

Mungkin ada beberapa dari mereka orang kepercayaan orang tua dan nenek kakekmu. Mungkin juga ada beberapa karyawan yang butuh pengembangan diri. Ini harus kamu teliti untuk jadi bahan pertimbangan karyawan mana yang memang betul - betul niat bekerja dan mana yang membutuhkan pengembangan diri. Pelajari pembukuan yang dibuat oleh orang tuamu terkait bisnis keluarga ini. Berapa banyak pengeluaran, modal dan pendapatan yang selama ini ada. Perhitungkan juga aset - aset perusahaan yang dimiliki, jika perlu lakukan inventarisasi ulang sehingga kamu tahu detil apa saja yang dimiliki selama bisnis ini berjalan.

 

Lawan keraguan dan gengsi

Pasti ada lah rasa gengsi ketika ingin melanjutkan bisnis keluarga. Di sisi lain kamu ingin menggapai cita - cita untuk bekerja di perusahaan yang selama ini kamu inginkan. Atau ingin memiliki bisnis yang diciptakan sendiri. Apapun itu coba jalani dulu bisnis keluarga yang sudah dipercayakan padamu. Orang tuamu tak akan mempercayakan bisnis keluarga ini jika mereka tak yakin kamu bisa. Artinya kamu mampu tapi butuh dorongan untuk bisa menjalankan dan mengembangkan menjadi bisnis yang lebih berbasis kekinian. Bahkan mungkin bisa dikembangkan menjadi lebih besar berbasis teknologi informasi. Beruntung banget jika kamu sudah punya basic kuliah di IT misalnya.

 

Ini akan menjadi nilai plus buat kamu. Jika kamu menjual banyak perabot rumah tangga kamu bisa menggunakan Instagram sebagai media promosi. Bisnis keluarga terkait perabotan rumah tangga bisa kamu promosikan lewat Instagram. Perabot rumah yang cantik bisa kamu padu padankan sehingga lebih instagramable ketika difoto. Lebih cantik pengambilan fotonya, orang akan lebih tertarik untuk membelinya.

Paling penting adalah lawan gengsi kamu. Melihat teman - teman pakai baju keren atau bekerja di tempat yang prestisius jangan menjadikan dirimu kecil hati, BAF Friends. Ingat, BAF Friends, jika kamu bekerja untuk dirimu sendiri dan kamulah bos dari usahamu. Teman - temanmu yang bekerja di tempat keren masih bekerja dengan orang lain dan mengandalkan orang lain untuk mendapatkan uang. Lebih keren kamu kan.

 

Kebanggaan tersendiri

Seperti yang disebutkan sebelumnya jika teman - temanmu yang bekerja di perusahaan masih bekerja di bawah orang lain, sedangkan kamu sudah menjadi bos di usia yang muda. Kamu bisa menentukan sendiri apa yang akan kamu lakukan dengan pendapatan yang kamu dapat. Meskipun masih meraba - raba di bidang bisnis kamu tak perlu ragu untuk melangkah apalagi jika itu berkaitan dengan pengembangan diri. Kamu bisa baca buku tentang bisnis, berguru dengan orang tua, bahkan ikutan workshop terkait kewirausahaan kreatif yang banyak banget dilaksanakan oleh pengusaha kreatif yang sudah sukses.

 

Asalkan buang gengsimu untuk bisa belajar lebih banyak lagi. Jangan dikira karena orang tuamu sudah sukses menjalankan bisnis ini lalu kamu jadi santai - santai. Ini salah besar karena mempertahankan itu jauh lebih susah daripada memulai lho BAF Friends. Lakukan pengembangan dengan inovasi terbaru, mungkin lewat produk yang ditawarkan ataupun cara berpromosi. Misalnya lakukan promosi giveaway untuk meningkatkan followers dan penjualan kamu berbasis daring.

 

A post shared by KJ Perabot (@kjperabot) on


Bisnis keluarga memang ada di tanganmu tapi bukan berarti kamu tak bisa melakukan inovasi sesuai dengan perkembangan zaman. Jika kamu ingin mengembangkan bisnis keluarga menjadi lebih besar kamu bisa menggunakan pembiayaan dana tunai untuk menambah modalmu. Ajukan saja dengan Dana Syariah pas banget karena ada potongan 4%* di setiap angsuran jika kamu mengajukan secara online di bawah sini.

 

KLIK DI SINI

 

 

 

*Syarat & ketentuan berlaku

Halo, ada yang bisa Santi bantu?