Mobil

#TaktikCerdik Menghindari Mobil Terbakar

27/03/2018
BAF Indonesia
852

Mobil merupakan kendaraan roda empat yang cukup nyaman digunakan. Transportasi ini banyak digunakan untuk memudahkan mobilitas khususnya di daerah urban dan sub urban. Kota-kota satelit seperti Bogor, Bekasi, Tangerang yang menunjang Jakarta, penduduknya banyak menggunakan mobil sebagai pilihan transportasi. Mobil sangat nyaman digunakan untuk perjalanan jauh seperti dari Bogor ke Jakarta. Pembangunan infrastruktur jalan raya yang semakin pesat membuat mobil menjadi alternatif transportasi yang utama.

 

Jalan tol yang dibangun untuk menghubungkan berbagai kota tersebut dimanfaatkan banyak penduduk sub urban membawa mobilnya ke kantor yang biasanya beralamatkan Jakarta. Mobilitas yang tinggi membuat mobil bekerja lebih keras dari biasanya. Baca artikel ini untuk menjaga mobil tetap dalam keadaan baik, #TaktikCerdik Bikin Kondisi Mobil Tetap Prima. Performa mobil yang baik dapat menunjang pekerjaan secara baik pula setiap harinya. Ditambah lagi bulan pancaroba seperti sekarang menyebabkan kamu harus ekstra hati-hati ketika berkendara di saat hujan. Selengkapnya baca artikel ini untuk tahu pemanfaat fitur di mobil yang berguna saat hujan, Fitur di Mobil Ini Sangat Bermanfaat Saat Hujan Lho!

 

Sering digunakan untuk pemakaian sehari-hari membuat mobil terkadang mengalami masalah mesin. Mungkin BAF Friends pernah melihat ada mobil terbakar saa melewati jalan tol atau jalan raya. Mobil terbakar dapat menimpa jenis mobil apapun. Salah satu faktor penyebab mobil terbakar adalah kebocoran di selang bahan bakar mesin serta konsleting pada sistem listrik di dalam mobil. Ada kasus mobil terbakar yang langsung hanya menyisakan kerangka hanya dalam waktu 10 menit. Berikut #taktikcerdik untuk menghindari mobil terbakar ini dia ulasannya.

 

Cek selang bahan bakar

Bahan bakar mesin merupakan hal utama yang menggerakkan mobil. Tanpa bahan bakar mesin mobil bisa mogok dan seluruh mesin tidak dapat menyala. Bahan bakar sendiri mudah sekali terbakar, jika ada pemantik atau percikan api walaupun sedikit dapat langsung menimbulkan kobaran api yang besar. Nah hal yang berhubungan dengan bahan bakar mesin harus kamu perhatikan secara lebih teliti. Supaya tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan nanti.

 

Mobil yang sudah berumur lebih dari 5 tahun khususnya. Harus diperhatikan dengan seksama tempat penyimpanan tangki bensin. Cek pula bagian selang besin karena menggunakan bahan seperti kain. Serat kain yang sudah berusia lebih dari 5 tahun akan lebih mudah sobek serta lebih rapuh. Lebih baik ganti selang bensin supaya tidak terjadi kebocoran yang dapat memicu kebakaran pada mobil.

 

Menjaga setrum kabel busi dari kebocoran

Kabel busi ternyata merupakan komponen mesin yang sensitif lho BAF Friends. Jika banyak tikus di rumah hati-hati lho, tikus-tikus tersebut menggigiti kabel busi mobil. Kabel busi yang sobek, sedikit terkelupas atau retak dapat mengganggu kerja mesin. Kabel busi yang rusak menjadikan mesin agak bergetar hingga pincang. Jika hal ini dibiarkan terus menerus bisa terjadi backfire atau ledakan di sekitar knalpot atau intake. Penyebabnya adalah karena bahan bakar bensi yang tidak terbakar secara sempurna.

 

Sobek atau retaknya kabel busi membuat isolasi tidak dapat melindungi kawat inti yang tujuannya mengalirkan tegangan tunggu, sehingga dapat terjadi lonjakan arus listrik menuju ground terdekat seperti body mesin mobil tersebut. Terjadinya lonjakan arus listrik tersebut membuat aliran listrik yang diterima busi sangat sedikit bahkan tidak ada sama sekali. Hal ini yang membuat mesin bergetar.

 

Mengecek pipa knalpot

Pipa knalpot yang bocor dapat menyebabkan mobil terbakar, apalagi jika pipa knalpot melewati bawah tangki bensin. Hawa panas yang terbawa dari pipa knalpot membuat bensin mudah menguap. Meskipun butuh waktu yang agak lama sampai pada tahap mobil terbakar akan lebih baik hal tersebut ditanggulangi dengan mengecek keadaan pipa knalpot dalam keadaan masih prima atau sudah ada bagian yang bocor.

 

Pipa knalpot yang bocor bisa disebabkan karena usia kendaraan yang sudah tua. Korosi membuat pipa knalpot lebih mudah bocor dan rusak. Knalpot yang rusak atau bocor bisa didengar dari suaranya dan dilihat apakah ada lubang di sekitarnya. Jika mendengar suara yang cukup bising dan asing pada knalpot cepat-cepat periksalah. Knalpot mengeluarkan zat-zat berbahaya dan mematikan sehingga apabila bocor dapat berbahaya bagi penumpang pula.

 

Perhatikan sistem karburator

Mobil yang menggunakan sistem karburator usaha untuk tidak menggunakan air filter yang terbuka. Hawa panas bensin dapat tembus melewati celah kecil pada book air filter yang dapat menyebabkan kabel lecet dan bergesekan. Gesekan tersebut cukup berbahaya karena lambat laun dapat menyebabkan panas dan percika api. Periksa juga bagian saringan bahan bakar atau needle jet jika terjadi keausan atau kotor ganti dan bersihkan supaya tidak mengganggu penggunaan kendaraan tersebut.

 

Mengecek saluran ventilasi karburator juga cukup penting. Saluran ventilasi yang tersumbat dapat menyebabkan terganggunya kerja kendaraan mobil kamu. Sistem karburator yang terganggu dapat menyebabkan putaran pada mesin (rpm) melemah. Saat menarik tuas gas hingga ¼ dari ukuran normal, maka dapat terlihat putaran mesin tidak dapat naik. Hal ini dapat membua mesin mobil tidak mau dinyalakan.

 

Penyebab dari mobil terbakar memang cukup banyak. Pastikan untuk selalu memperhatikan dan menjaga semua bagian mesin dalam keadaan baik sehingga tidak terjadi hal-hal yang merugikan di jalan. Jika kamu ingin mengganti mobil dengan yang baru langsung saja kredit mobil dengan jasa pembiayaan mobil dari BAF. Ikuti #taktikcerdik saat mengajukan kredit mobil dan kamu bisa mendapatkan voucher belanja hingga 5 juta. Tunggu apa lagi cek yuk di bawah.

 

KLIK DI SINI

 

 

Halo, ada yang bisa Santi bantu?