Mobil

#TaktikCerdik Nyetir Mobil yang Bikin Hemat BBM

06/02/2018
BAF Indonesia
1171

Bahan bakar menjadi salah satu biaya yang perlu dipertimbangkan ketika kamu menggunakan berbagai alat transportasi terutama mobil, jadi dana tunai yang didapatkan berguna untuk maintenance mesinnya saja. Tentu ada berbagai faktor yang bisa membuat bahan bakar menjadi lebih hemat selain mesinnya yang memang dibuat khusus dengan kelebihan tersebut. Kamu bisa melakukan beberapa hal untuk membantu menghemat penggunaan bahan bakar.

 

Lakukan Deselerasi atau Pengereman Dengan Halus

Proses pengereman memang membutuhkan penarikan bahan bakar yang cukup besar. Pastikan untuk selalu melakukan pengereman dengan halus karena dapat membuat pengeluaran bahan bakar jadi lebih rendah. Hal tersebut berguna dalam menghemat bensin mobil. Salah satu cara agar bisa menghindari pengereman mendadak yang membuat kamu menginjak pedal rem secara kasar adalah menjaga jarak dengan kendaraan depan setidaknya 2 detik. Hal tersebut bukan hanya menghemat bahan bakar tetapi juga dapat membantu untuk meningkatkan keselamatan kamu ketika berkendara. Saat ingin menambah kecepatan maka lakukanlah secara bertahap karena konsumsi bahan bakar akan semakin besar jika kamu melakukan akselerasi secara tiba-tiba.

 

Jika Menggunakan Mobil Transmisi Otomatis, Pastikan Perpindahan Gigi Dalam Putaran Rendah

Ini memang teknis terkait penyetiran mobil dengan baik agar hemat bahan bakar. Jika kamu menggunakan mobil transmisi otomatis maka lakukan perpindahan gigi dalam putaran rendah dengan cara menginjak pedal gas secara halus. Pastikan kamu melakukannya dengan baik dan benar sebagai trik yang mudah dilakukan apalagi untuk perjalanan jauh atau melalui daerah-daerah macet yang tentunya padat kendaraan lainnya. Gunakan juga gigi yang tepat untuk berbagai kondisi jalanan yang dilalui. Saat kamu menggunakan gigi rendah atau tinggi secara terus-menerus maka akan sangat boros bahan bakar dan merugikan bagi kamu.

 

Membiarkan Mobil Meluncur Perlahan

Saat kamu sedang berada di jalanan turunan maka akan lebih baik membiarkan mobil meluncur perlahan. Dan kamu tidak perlu menginjak pedal gas, hanya memainkan pedal rem saja. Cara ini dapat menghemat bahan bakar. Namun pastikan kamu tetap berhati-hati dalam kondisi jalanan turun agar tidak sampai oleng dan menimbulkan masalah.

Selain itu, pastikan kamu mengemudikan mobil tersebut sesuai batas kecepatan yang sudah ditentukan karena efisiensi bahan bakar mobil akan menurun secara drastis bersamaan dengan peningkatan kecepatan kendaraa. Jika ada beberapa alat elektronik dalam mobil yang tidak digunakan maka sebaiknya dimatikan agar beban mobil dapat menjadi lebih ringan dalam mengalokasikan bahan bakar yang ada, termasuk ketika kamu mematikan mesin mobil pastikan semua alat elektroniknya sudah dimatikan lebih dulu.

 

Injak Pedal Gas Dengan Halus

Menginjak pedal gas secara lebih halus akan membuat mobil melakukan akselerasi dengan lembut. Jika akselerasi dilakukan secara mendadak dapat mengambil bahan bakar cukup besar apalagi saat kondisi sedang macet. Biasanya dalam kondisi jalanan yang padat, kamu akan menginjak pedal rem dan gas dengan cepat sehingga membuat bahan bakar lebih cepat habis.

Tentunya hal tersebut akan sangat merugikan bagi masyarakat yang berkendara di perkotaan dengan kondisi jalanancukup padat. Sebaiknya hindari jalan yang macet agar tidak perlu terlalu banyak memainkan pedal gas dan rem, selain itu masalah cuaca dengan angin yang cukup besar tentu akan membuat hambatan sehingga mobil berjalan lebih lambat dan membuat pengeluaran bahan bakar menjadi lebih boros.

 

Menjaga RPM Serendah Mungkin

Perputaran mesin yang rendah sangat membantu untuk menghemat bahan bakar semaksimal mungkin. Tentunya hal tersebut butuh pengalaman menyetir dengan baik agar kamu bisa mengetahui bagaimana cara memaksimalkan penggunaan bahan bakar secara optimal.

Kamu juga perlu memperhatikan dengan baik jika ada suara asing saat mesin sedang dinyalakan yang bisa mengindikasikan ada masalah. Beberapa permasalahan pada mobil kamu bisa saja dapat membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih besar. Itulah hal yang sangat penting untuk kamu perhatikan dengan baik. Jika kamu berada di jalanan sepi maka menggunakan kecepatan 57 km/jam di gigi 6 akan sangat menghemat penggunaan bahan bakar, sedangkan putaran mesin yang ideal digunakan adalah 3000 RPM.

 

Menggunakan Mobil Untuk Penggunaan Jarak Dekat

Perlu kamu ketahui dengan baik bahwa di dalam sebuah mobil terutama mobil baru pasti memiliki catalyc converter sebagai pengurang emisi polusi udara. Catalyc converter akan berfungsi dengan baik ketika mesin dalam keadaan hangat. Sehingga jika perjalanan hanya menempuh jarak kurang dari 5 km biasanya akan membuat mesin belum mencapai suhu operasi puncaknya. Jadi perhatikan jarak penggunaan agar bahan bakar yang dikeluarkan bisa lebih efektif dan tidak boros. Jika memang masih memungkinkan kamu bisa berjalan kaki atau menggunakan alat transportasi lainnya.

 

AC Pada Mobil Keluaran Baru

Pada banyak mobil keluaran terbaru biasanya penggunaan AC memang tidak mempengaruhi efektifitas penggunaan bahan bakar. Sehingga memilih untuk menggunakan mobil terbaru adalah pilihan yang sangat menguntungkan untuk kamu pertimbangkan dengan baik. Kamu bisa mulai mempertimbangkan berbagai kesempatan untuk bisa mendapatkan mobil baru apalagi saat ini ada sistem kredit yang memudahkan kamu mendapatkannya, sehingga bisa juga mencobanya sebagai peluang yang memang memiliki manfaat selanjutnya. Isi bahan bakar tepat waktu terutama saat tangkinya masih terisi setengah penuh karena akan lebih sedikit udara yang ada di dalam tangki dan dapat menyebabkan bahan bakar berkurang karena menguap.

Selain berdasarkan cara mengemudi tersebut, memang kamu bisa juga menghemat penggunaan bahan bakar dengan menghindari kebiasaan tetap menyalakan mesin ketika mobil dalam keadaan berhenti. Tentunya hal tersebut sangat tidak baik dilakukan karena akan sia-sia bahan bakar yang digunakan tidak efektif.

Jadi begitulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menghemat bahan bakar pada mobil. Jika kamu ingin memiliki mobil baru yang lebih terbaru, sekarang tidak perlu bingung karena ada pinjaman dana tunai dari pembiayaan BAF yang akan membantu kamu mewujudkan impian memiliki mobil baru dengan mudah.

 

KLIK DI SINI

 

Halo, ada yang bisa Santi bantu?