Mobil

#TaktikCerdik Pilih Mobil untuk Pemula

16/03/2018
BAF Indonesia
1641

Mobil adalah kendaraan yang paling nyaman digunakan terutama untuk bepergian jauh. Kebanyakan orang menggunakan mobil sebagai kendaraan yang digunakan sehari-hari baik untuk bekerja atau pun bepergian bersama keluarga. Mobil membantu mengirit waktu dan uang yang terbuang jika kamu menggunakan kendaraan umum. Memang mengendarai mobil sendiri membutuhkan effort yang lebih di sisi tenaga namun dibandingkan harus menunggu atau berdesak-desakan. Melihat hal tersebut menggunakan mobil sendiri memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengendaranya.

 

Penggunaan mobil yang cukup sering membuat kamu harus benar-benar harus memilih mobil yang tepat dan irit bahan bakar supaya tak membuat pengeluaran membengkak. Hal pertama yang harus dipikirkan adalah kebutuhan kamu terhadap mobil tersebut nantinya. Sebab ada banyak pilihan mobil yang bisa kamu pilih. Mulai dari mobil sport, mobil mewah ataupun mobil keluarga. Kini pasar otomotif semakin berkembang sesuai dengan kebutuhan pasar. Rasanya perkembangan yang sangat pesat terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan. Infrastruktur jalanan yang semakin baik membuat para pengendara mobil mendapat kenyamanan dan kemudahan ketika berkendara.

 

Semakin banyak jalan yang sudah dibangun membuat jalan-jalan di daerah menjadi lebih terhubung dan mudah dijangkau. Hal tersebut membuat beberapa orang memilih untuk menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari terutama membantu mobilitas pekerjaan. Jika kamu sedang memiliki rezeki dan ingin memiliki mobil sendiri. Mungkin beberapa dari kamu memikirkan mobil apa yang cocok digunakan untuk pemula. Ditambah lagi makin banyaknya merk mobil di pasar otomotif Indonesia membuat kamu semakin bingung mobil apa yang paling bagus untuk para pengguna mobil pertama kali.

 

Poin pertama yang harus diperhitungkan adalah kebutuhan kamu terhadap mobil tersebut. Jika kamu punya mobilitas yang tinggi dan memang bekerja kebanyakan di luar ruangan. Pasti membutuhkan mobil yang nyaman dan irit bahan bakar. Setiap merk mobil memiliki keunggulannya sendiri-sendiri sesuai dengan fungsinya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil untuk yang pertama kali.

 

Test drive

Hal yang paling utama dari berkendara adalah kenyamanannya. Makanya jangan menyepelkan test drive. Jika kamu memang mau serius ingin mengambil mobil, sering-seringlah datang ke pameran otomotif atau mobil. Biasanya beberapa brand mobil terkenal yang ada di pameran tersebut memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk melakukan test drive. Kamu bisa menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya.

 

Sebelum ke pameran rencanakan kira-kira mobil apa saja yang ingin kamu ketahui. Sesampainya di sana kamu bisa fokus terhadap pilihanmu tersebut dan tanyakan bila ada kesempatan untuk test drive. Dari situ kamu bisa menilai apakah mobil yang kamu incar tersebut memang nyaman ketika digunakan dan sesuaikan juga dengan fitur-fitur yang ditampilkan apakah sudah sesuai dengan yang disajikan atau tidak. Test drive memberikan alasan apakah kamu harus memilih mobil yang lain atau tetap membelinya.

 

Tetap perhatikan budget

Jangan sampai kamu melupakan hal krusial satu ini. Persiapan keuangan yang perlu kamu perhatikan misalnya cicilan per bulan. Supaya tidak terlalu kaget saat akan kredit mobil kamu bisa coba langsung simulasi pembiayaan mobil di website BAF.id. Lewat simulasi pembiayaan kamu jadi tahu berapa alokasi cicilan yang harus kamu keluarkan per bulan, selain itu kamu juga bisa memilih berapa lama pembayaran yang diinginkan.

 

Setelah mengetahui cicilan lewat simulasi pembiayaan jangan lupa pula bahwa kamu harus mengeluarkan dana untuk servis berkala, pajak tahunan dan berbagai keperluan yang kadang tak bisa direncanakan. Hal tersebut tetap harus kamu alokasi jika kamu punya kendaraan pribadi terutama mobil. Jika memang budget kamu pas-pasan, lebih baik pilih model lain yang lebih murah namun memiliki fitur yang hampir serupa.

 

Cara pembayaran

Kendala ketika membeli mobil biasanya kamu sudah jatuh cinta dengan model tertentu dan sulit untuk berpaling. Jika begitu kasus yang dihadapi kamu bisa menggunakan cara pembayaran kredit. Tak perlu merasa malu karena menggunakan cara pembayaran dengan kredit. Setelah mencoba simulasi seperti sebelumnya kamu sudah mengetahui berapa alokasi dana per bulan yang harus kamu keluarkan. Jadi kamu bisa mempersiapkan gaji kamu untuk pendanaan yang lain. Jika kamu butuh dana tunai untuk menambahkan uang muka mobil kamu bisa lho menggunakan pembiayaan dana tunai dari Dana Syariah di BAF.

 

Mobil impian kamu bisa terwujud dengan kredit mobil. Banyak orang yang lebih menyarankan untuk kredit karena lebih mudah untuk mengatur perencanaan keuangan lainnya. Matangkan perencanaan keuangan kamu dengan baik terlebih dahulu supaya per bulannya kamu tidak keteteran. Kebutuhan lainnya bisa tetap terpenuhi dan tidak menghambat keperluan cicilan kredit mobil kamu. Kredit mobil di BAF kamu tak perlu khawatir kelupaan membayar karena lewat BAF Mobile kamu akan selalu diingatkan sehingga tak perlu sampai membayar denda. Langsung unduh saja di Google Playstore.

 

Asuransi dan purna jual.

Mobil merupakan salah satu aset atau harta yang harus kamu jaga secara ekstra. Supaya tidak terjadi apa-apa ada baiknya jika kamu mendaftarkan asuransi apalagi jika kamu memilih cara pembayaran dengan kredit. Sangat bijak bila kamu langsung memilih asuransi kendaraan yang paling tepat untuk menghindari pengeluaran secara tiba-tiba. Misalnya (amit-amit) mobil yang kamu masih dalam cicilan lalu mengalami kecelakaan. Asuransi dapat menutupi biaya servis dadakan yang terjadi akibat kecelakaan.

 

Tak hanya model dan harga yang harus dipikirkan saat membeli mobil impian. Purna jual juga harus kamu pertimbangkan ketika memilih mobil impianmu. Perhatikan juga apakah kira-kira mobil impian kamu memiliki harga jual yang bagus ketika akan dijual kembali. Banyaklah bertanya kepada penjual yang menawarkan mobil tersebut sehingga kamu tak merasa terjebak ketika membeli mobil tersebut. Tanyakan informasi mengenai layanan setelah beli, misalnya layanan gratis servis, ganti oli, bahkan jika ada isi bensin.

 

Pada dasarnya membeli mobil sama saja bagi pemula maupun bagi kamu yang sudah pernah memiliki mobil. Sesuaikan dengan kebutuhan, jika anggota keluarga kamu memang banyak pilihlah mobil yang memang punya ruang lebih besar dan lapang. Nah supaya kamu nggak bingung ada beberapa referensi mobil yang bisa kamu pilih sebagai pemula.

 

Nissan March 1.5 L

Nissan March merupakan city car yang cukup unggul di kelasnya. Memiliki beberapa 3 pilihan yang bisa dipilih yaitu MT, AT dan XS AT sesuai dengan yang kamu butuhkan. Ada perbedaan antara Nissan March 1.2 L dan 1.5 L, namun perbedaan tersebut hanya pada bagian lebar dan jarak sumbu roda. Interior Nissan March didominasi dengan warna hitam yang classy dengan burat silver pada beberapa panel menambah kesan mewah.

 

Sistem AC yang sudah terkontrol secara digital dan fitur entertaiment yang sudah sangat mumpuni, seperti USB, Bluetooth, CD / DVD player, HDMI dan sebagainya. Pada model XS kamu bisa mengontrol sistem audio dari kemudi. Sudah memiliki sistem canggih intelligent key dan immobilizer yang dapat membuka kunci pintu dengan hanya menyentuh. Serta push start button yang dapat menyalakan mesin sekali dengan sentuhan tanpa kunci. Canggih banget kan dan cicilannya ringan lho hanya Rp4.007.181 per bulan*.

 

Suzuki Ignis

Suzuki Ignis memang terlihat kecil dari luar namun ternyata interiornya cukup lapang, nyaman dan futuristik. Mesin yang lebih efisien sehingga pembakaran bahan bakar bisa lebih hemat. Memiliki sistem keamanan ABS dengan dual air SRS bag yang bisa menjaga penumpang sebelah pengemudi. Aman untuk si kecil juga karena memiliki sistem isofix sehingga baby seat dapat terpasang dengan baik.

 

Suspensinya pun terbilang nyaman dengan teknologi McPherson Strut with Coil Spring di bagian depan dan Torsion Beam with Coil Spring di bagian belakang sehingga lebih nyaman ketika melewati guncangan dan jalan berlubang. Jadi aman banget ketika berkendara di jalan rusak bersama dengan keluarga terutama si kecil. Angsurannya hanya Rp2.709.688 per bulan*.

 

Ingin banget nih punya mobil di atas? Bisa banget kok mengajukan langsung dengan mengisi data diri di bawah ini. Kredit mobil jadi lebih mudah kan.

 

KLIK DI SINI

 

 

*Syarat & ketentuan

Halo, ada yang bisa Santi bantu?