Dana Syariah

#TaktikCerdik Siapkan Dana untuk Hari Raya

16/05/2018
BAF Indonesia
766

Bulan puasa sudah dimulai nih, BAF Friends. Apakah kamu sudah mulai mempersiapkan kebutuhan puasa dengan baik? Nah supaya semuanya nggak mahal pada waktunya lebih baik kamu mulai mempersiapkan juga kebutuhan untuk hari raya. Masih lama? Memang… Tapi kalau mempersiapkan seminggu sebelumnya malah sudah terlambat, apalagi barang-barang sudah naik semua harganya. Nah sebelum terlambat lebih baik kamu mempersiapkan mulai dari sekarang kan.

 

Coba diurutkan mungkin yang pertama harus kamu perhitungkan adalah dana untuk hari raya. Misalnya seperti dana mudik, dana untuk konsumsi selama puasa dan hari raya, dana untuk baju baru atau dana untuk renovasi rumah serta servis kendaraan. Semuanya harus dicatat dengan baik supaya tak ada yang terlupakan nih ya. Detil yang ingin kamu beli atau yang sudah ada harus dibuat terpisah supaya kamu tak perlu membeli barang yang terlalu berlebihan. Berikan perhitungan budget jika diperlukan supaya ketika membeli baju baru, misalnya, kamu bisa mencari barang yang memang sesuai atau di bawah budget yang telah dibuat.

 

Alasan lain kenapa kamu harus mempersiapkan semua dari jauh-jauh hari adalah untuk mengantisipasi kepadatan atau antrean. Memang sih biasanya menjelang hari raya diskon dan cuci gudang akan banyak bermunculan. Akan tetapi kamu harus ingat biasanya hal tersebut diikuti dengan antrean yang panjang dan perebutan barang yang seringkali brutal. Nah ujung-ujungnya kamu malah tidak mendapatkan barang yang kamu butuhkan nih. Menghindari hal seperti itu lebih baik kamu membeli barang dari jauh-jauh hari sehingga tak perlu berebutan ataupun mengantre. Hal ini juga membantu supaya nanti tunjangan hari raya alias THR bisa digunakan untuk hal yang lebih penting.

 

Menghadapi pengeluaran yang akan sangat besar di hari raya nanti kamu bisa menyiasati dengan beberapa cara kok. Salah satunya adalah siapkan dana untuk hari raya. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menambah dana untuk hari raya, cek yuk apa saja.

 

Jualan ta’jil

Udah paling umum dilakukan nih yaitu jualan ta’jil. Makanan dan minuman untuk berbuka puasa ini biasanya banyak diserbu orang apalagi waktu mulai menunjukkan pukul 16:00 dijamin ramai deh. Makanannya bisa seperti pecel sayuran yang sering dicari. Konsumen memilih pecel sayuran karena bisa menjadi makan pembuka yang mengenyangkan sekaligus menyehatkan karena dari sayuran yang direbus. Proteinnya terkandung dalam saus kacang yang ditaruh di atas sayuran tersebut dan tahu tempe goreng yang menjadi tambahannya. Karbohidratnya berasal dari bihun goreng serta gorengan bakwan yang juga biasanya menjadi tambahan. Cocok banget jadi makanan untuk berbuka kan.

 

Selain pecel sayuran kamu bisa menjual minuman yang segar seperti es buah atau es kelapa. Air dari buah kelapa membantu mengganti dan memenuhi kekurangan cairan yang pasti kita alami selama bulan puasa nih. Sedangkan es buah juga memiliki manfaat yang sama yaitu mengembalikan kebutuhan air dalam tubuh. Tahu sendirikan jika di dalam buah banyak mengandung air dan mineral yang dapat mengembalikan kebutuhan cairan kita. Apalagi buah sangat menyegarkan dan mengandung banyak vitamin. Selain kamu berjualan bisa sekaligus membantu menyehatkan orang lain kan. Gunakan air bersih dan menggunakan air gula secukupnya saja karena dari buah sudah mengandung glukosa alami sehingga rasanya sudah cukup manis.

 

Makanan dan minuman menyegarkan sudah, kamu juga bisa menyediakan minuman yang mengenyangkan seperti biji salak ataupun kolak. Ini juga salah satu makanan yang paling sering dicari ketika akan buka puasa. Praktis, mengandung air yang menghilangkan dahaga juga mengenyangkan karena ada ubi, pisang serta kolang kaling. Nah tapi perlu hati-hati nih BAF Friends perut yang kosong ada baiknya tidak langsung terkena kuah  bersantan ketika berbuka. Santan dapat meningkatkan produksi asam lambung yang dapat membuat perut kembung dan maag. Pilih menu yang lebih sehat untuk dijual akan lebih baik kan, BAF Friends.

 

Jual makanan kekinian

Memenuhi kebutuhan anak muda yang doyan makan makanan kekinian kamu bisa kok mencoba menu kekinian. Salah satunya yang paling dicari adalah ayam geprek. Pada awalnya menu ayam geprek banyak beredar di daerah Yogyakarta. Banyak kreasi ayam geprek yang dijajakan di sana. Isinya ayam yang digoreng dengan bumbu tepung dan diuleg dengan bumbu sambal seperti cabai, garam, bawang putih, bawang merah serta terasi sesuai dengan selera. Resep tradisional ayam geprek ini yang paling banyak dicari lho, BAF Friends. Jika di Yogyakarta biasanya sudah sepaket dengan kuah tongseng kol yang tidak menggunakan kuah santan kental. Biasanya ditambah dengan irisan cabe rawit sedikit sehingga makin sedap. Sesederhana itu memang.

 

Ayam geprek sendiri menjadi favorit banyak orang dan mulai banyak pula yang menjadikannya bisnis waralaba atau yang biasanya disebut franchise. Menariknya menu ayam geprek ini bisa kamu request seberapa banyak cabai yang kamu inginkan. Bahkan ada yang berani mencoba 100 buah cabai lho. Semuanya dibuat sesuai dengan pesanan dan keberanian kamu nih. Beberapa kedai makanan juga memberikan tantangan bagi yang akan makan siapa pun yang bisa menaklukkan cabai 100 akan diberikan kesempatan makan gratis sepuasnya. Ini sebagai sarana promosi untuk mengajak orang-orang untuk mencoba menu mereka ini.

 

Jual baju lebaran

Nah busana muslim kan sedang berkembang pesat di industri fashion Indonesia. Kamu bisa lho jadi dropshipper atau reseller dari banyak brand muslim lokal yang stylish ini. Dropshipper adalah pengantara antara produsen dan konsumen. Kamu bertindak hanya sebagai media promosi aja nih, BAF Friends. Misalnya kamu sudah punya rekanan atau langganan yang memiliki barang-barang yang bagus namun memerlukan orang untuk bantu promosi. Kebetulan kamu sudah punya masa dan banyak teman yang bisa dijadikan target pasar. Bisa kamu manfaatkan deh dengan ini. Biasanya media promosi yang digunakan adalah Instagram. Foto produknya sebaik dan semenarik mungkin, jika bisa buat dengan unsur instragamable sehingga bisa lebih eyes catchy.

 

Kamu mulai bisa menjaring dari situ dan konsumenmu bisa tahu kualitas barang tersebut. Setelah itu ketika ada pemesanan kamu bisa langsung menghubungi produsen untuk mengirimkannya langsung kepada konsumen. Begitulah kira-kira sistem penjualan dropshipper. Sedangkan reseller merupakan model yang lebih kompleks. Biasanya kamu membeli beberapa barang dari produsen yang kemudian dijual lewat lapakmu. Bisa juga konsumen memesan barang di kamu dan kemudian kamu membelikan kepada produsen baru setelah itu dikirimkan lagi ke konsumen. Begitu kira-kira sistem yang digunakan untuk pemasaran online. Tergantung BAF Friends lebih suka dan paling aman menggunakan sistem yang mana.

 

Jualan kue kering

Udah pasti nih kue hari raya yang ditunggu. Putri salju, kastengel, nastar dan kue kacang siap menemanimu selama bulan ramadhan ini. Memang sih modal yang harus dimiliki adalah loyang, oven serta toples mika. Produksi yang banyak akan mengurangi biaya pengeluaranmu yang ini. Kue kering ini memang bertahan cukup lama, bisa sampai sebulan lebih ketahanannnya. Sehingga cocok sekali menemanimu selama bulan Ramadhan. Bahan-bahan pembuatnya juga mudah didapatkan sehingga cukup mmemudahkan produksi kamu.

 

Cara awalnya kamu bisa membuat masing-masing jenis kue kering sebanyak 1 toples. Misalnya kastengel 1 toples, putri salju 1 toples, nastar 1 toples, serta kue kacang 1 toples. Nah bisa kamu bawa saat di kantor atau waktu arisan nih jadi teman-teman bisa langsung cobain maha karya kamu ini. Biasanya satu toples ini dijual sekitar Rp75.000 - Rp80.000. Omzetnya cukup besar lho bisa mencapai Rp3,5 juta asal kamu rajin menjajakannya ya. Jangan dimakan sendiri saja di rumah he he he he.

 

Beberapa bisnis saat Ramadhan ini bisa kamu ikuti nggak pake ribet nih. Mau modal usaha? Kamu bisa ajukan pembiayaan dana tunai dengan Dana Syariah. Isi data diri lengkap kamu di sini.

 

KLIK DI SINI

 

 

Halo, ada yang bisa Santi bantu?