Berita Lainnya

#TaktikCerdik Supaya Pengajuan Aplikasi Pembiayaan Diterima

20/02/2018
BAF Indonesia
2586

Perusahaan pembiayaan semakin banyak dan mudah dijangkau. Mulai dari yang konvensional, dengan datang langsung ke toko atau cabang. Ada pula yang bisa mengajukan langsung lewat aplikasi yang bisa diunduh lewat ponsel pintar. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan kamu. Jika kamu tipikal orang yang lebih mempercayai sebuah produk jasa dengan cara bertemu langsung, kamu bisa menggunakan jasa perusahaan pembiayaan berbasis offline atau konvensional. Namun apabila kamu memiliki tingkat mobilitas tinggi dengan waktu yang sempit atau kamu tipe orang yang kekinian banget, cocok banget menggunakan jasa pembiayaan berbasis online alias via aplikasi di ponsel pintar.

 

Pesatnya perkembangan perusahaan pembiayaan yang ada sekarang ini membuat barang-barang impian kini semakin mudah dijangkau. Seperti misalnya motor, mobil, barang-barang elektronik, atau pun gadget. Salah satunya adalah Bussan Auto Finance atau yang lebih dikenal dengan BAF. Di dalam BAF kami menyediakan banyak produk yang bisa kamu ajukan. Mulai dari motor Yamaha, barang elektronik rumah tangga, gadget seperti laptop sampai ponsel pintar, furnitur, hingga yang paling baru adalah pembiayaan mobil. BAF memberikan banyak pelayanan produk untuk mencoba menjangkau seluruh pelanggan dan mampu sekaligus memenuhi kebutuhan untuk hidup sehari-hari.

 

Semakin majunya perkembangan teknologi dan peradaban, BAF mencoba menjangkau lebih banyak pelanggan dari segi generasi hingga pekerjaan. Mulai dari generasi baby boomer hingga generasi milenial serta mulai dari pekerja kantoran, wirausaha hingga petani. BAF memberikan kesempatan bagi semua orang yang ingin mengajukan aplikasi pembiayaan untuk barang-barang impian. Pengurusan pengajuan aplikasi tidak sulit dan relatif cepat.

 

Tak dipungkiri kemajuan teknologi di zaman ini membantu ketersediaan barang lebih cepat dan mudah. Ingin memajukan sawah dan ladang untuk menjadi lebih produktif, kamu bisa mengajukan alat-alat pertanian, seperti traktor empat roda, alat panen padi, hingga mesin tanam padi. Alat-alat pertanian ini membantu meringankan dan membuat pekerjaanmu semakin efisien. Tak ada yang tak mungkin kan, sawah dan ladangmu makin berkembang jika dibantu dengan alat-alat pertanian yang diajukan lewat BAF.

 

Sudah tahun beberapa informasi singkat mengenai pembiayaan barang di BAF. Berikut ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan ketika kamu akan mengajukan aplikasi pembiayaan via online maupun via offline.

 

Siapkan dokumen diri asli

Setelah mengajukan via online, aplikasi kamu akan diterima oleh Tim BAF dan kemudian akan diproses. Sesudah diproses kamu akan dihubungi oleh Tim Telemarketing BAF untuk mendatangi kantor cabang atau Mitra BAF terdekat dari rumah. Saat mendatangi kantor cabang atau Mitra BAF, bawalah dokumen diri lengkap yang asli seperti Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga. Usahakan membawa dokumen asli terbaru, misalnya e-KTP. Persyaratan KTP dan Kartu Keluarga asli ini adalah hal yang penting dan jika dokumen ini sudah memenuhi syarat maka aplikasi pembiayaan kamu akan mudah diproses.

Jangan gunakan data diri orang lain untuk mendaftarkan aplikasi pembiayaan, kecuali kamu sudah terdaftar sebagai Agen BAF. Usahakan menggunakan dokumen dan data diri pribadi saat mengajukan aplikasi pembiayaan karena ini menjadi penilaian awal ketika kamu mengajukan.

 

Memiliki kredit historis yang baik dan bersih

Jika kamu mengajukan di tempat pembiayaan lain pastikan angsurannya bebas dari tunggakan. Kredit historis kamu sangat berpengaruh terhadap aplikasi pembiayaan yang sedang kamu ajukan. Apabila ada permasalahan sedikit saja dalam sejarah pembiayaan kamu maka untuk pengajuan aplikasi pembiayaan ke mana pun akan lebih sulit. Tak hanya tunggakan, bersikap kooperatif sebelum dan sesudah pengajuan juga poin penting nih, BAF Friends. Informasikan jika memang kamu sedang menghadapi kesulitan membayar angsuran dan usahakan untuk tidak menghindari komunikasi dengan pihak terkait.

Berikan informasi secara benar dan jujur ketika tim surveyor datang dan menanyakan tentang kelengkapan data diri yang diajukan. Ini tentu akan membantu. Perusahaan pembiayaan menggunakan BI Checking untuk mengecek calon kreditur yang mengajukan. Lewat sistem ini semua historis pembiayaan bisa terekam dan menjadi salah satu penilaian yang cukup signifikan mempengaruhi apakah aplikasi pembiayaan kamu diterima atau tidak.

 

Menunjukkan bukti penghasilan

Memberikan informasi penghasilan juga penting dalam pengajuan aplikasi pembiayaan. Seorang karyawan yang bekerja pasti memiliki slip gaji yang didapatkan setiap bulan. Nah informasi ini yang diberikan ketika kamu mengajukan aplikasi pembiayaan. Apabila kamu memiliki usaha sendiri alias wirausaha, kamu bisa menunjukan pendapatan usaha atau pembukuan usaha yang dimiliki. Pembukuan yang rapi dapat membantu tim untuk menilai ‘sehat’ atau tidaknya perkembangan usaha kamu.

Lewat pembukuan tersebut penilai juga dapat melihat perkembangan dan bagaimana usaha kamu dalam menghadapi pasang surut perekonomian. Gunakan foto-foto pendukung yang bisa memperlihatkan keadaan usaha kamu, mungkin alat-alat yang kamu miliki, besarnya pesanan, atau pun karyawan yang kamu miliki.

 

Penghasilan yang sesuai dengan angsuran

Ketika kamu mengajukan pasti akan memilih tenor dan besar angsuran yang akan diajukan per bulannya. Pastikan kapasitas penghasilan kamu baik sebagai wirausaha ataupun karyawan sesuai dengan angsuran pembiayaan yang diajukan. Jangan sampai angsuran melebihi kapasitas penghasilan karena pasti aplikasi pembiayaan milik kamu tak akan diterima. Sesuaikan barang yang diajukan dengan penghasilan per bulan yang kamu dapatkan.

Slip penghasilan menjadi bukti otentik apakah nominal yang diajukan dengan kemampuan penghasilan kamu sebanding. Jangan sampai angsuran yang diajukan memberatkan kamu untuk pembayaran per bulannya. Penting bagi tim kredit menganalisis perkembangan keuangan usaha atau pun finansial kamu untuk penilaian.

 

Slip rekening listrik

Pasti beberapa dari kamu bertanya-tanya untuk apa sih fungsi rekening listrik dalam syarat pengajuan aplikasi pembiayaan. Rekening listrik juga merupakan salah satu syarat yang dinilai dalam pengajuan, ini sebagai bukti kamu memiliki rumah yang ditempati sekarang secara sepenuhnya. Slip rekening listrik menjadi sebuah keterangan bahwa alamat yang digunakan dalam aplikasi pembiayaan sama dengan rumah yang kamu tinggali yang alamatnya tertera di dalam slip rekening listrik tersebut. Kesesuaian alamat tersebut membantu tim surveyor untuk mengecek apakah informasinya sesuai dengan apa yang kamu ajukan.

 

Ketika ingin mengajukan aplikasi pembiayaan BAF Friends harus menggunakan data diri pribadi, mulai dari KTP, BPKB, alamat dan dokumen lainnya. Hal tersebut mempermudah tim BAF untuk menilai pengajuan aplikasi pembiayaan kamu. Paling penting kamu tidak menggunakan dokumen palsu sehingga daftar historis pembiayaan kamu tetap bersih. Jika kamu mengajukan barang-barang yang menggunakan BPKB seperti mobil, motor dan Dana Syariah, perhatikan lagi tanggal berakhirnya angsuran.

 

BPKB merupakan salah satu surat berharga yang seharusnya dipegang oleh sang pemilik kendaraan bermotor. Mulai Februari 2018, BAF menjalankan aturan penitipan BPKB. Jadi dalam waktu 30 hari setelah tanggal angsuran terakhir untuk mengambil BPKB kamu di cabang BAF tempat kamu mengajukan (terdaftar). Saat hari 31 jika kamu belum mengambil maka akan dikenakan biaya penitipan sebesar Rp2.500 per hari. Nah jadi saat mengajukan aplikasi pembiayaan perhatikan tanggal angsurannya. Jika kamu ingin langsung mengajukan aplikasi pembiayaan, yuk langsung isi data diri dengan klik di bawah ini.

 

KLIK DI SINI

 

Halo, ada yang bisa Santi bantu?