Elektronik - Furnitur

#TaktikCerdik Usir Penat Biar Hidup Lebih Sehat!

02/04/2018
BAF Indonesia
806

Rutinitas yang kita hadapi setiap hari membuat bosan kerap kali melanda. Jenuh rasanya sudah sampai ubun-ubun ketika sampai akhir pekan pun harus menghabiskan waktu untuk bekerja juga. Belum lagi setiap hari harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dan banyak melewati macet. Penat seakan semakin menyelubungi diri kita. BAF Friends, tahu nggak sih kalau terlalu stres itu dapat memicu penyakit lho. Kamu pun jadi lebih rentan terserang penyakit dan memicu depresi. Jangan pernah menganggap enteng jika kamu mengalami stres.

 

Sebelum lebih panjang penjelasannya, sebenarnya stres itu apa sih? Stres adalah reaksi tubuh terhadap perubahan di lingkungan yang dirasa membahayakan bagi kita. Saat tubuh merasa terancam, maka akan terjadi reaksi kimia yang membuat kita terhindar dari bahaya. Pada saat tubuh merespon stres biasanya yang terjadi adalah perubahan tekanan darah menjadi lebih tinggi, debaran jantung lebih cepat, pernapasan juga akan lebih cepat, otot menegang, terkadang kamu juga dapat merasakan keringat dingin dengan tangan dan kaki terasa lebih dingin.

 

Berikut penjelasan lebih ilmiah mengenai stres. Organ yang paling bertanggung jawab saat merespon stres adalah sistem saraf pusat. Hal tersebut mulai dari pertama datangnya stres hingga pada saat stres menghilang. Saat stres datang sistem saraf pusat akan langsung menghasilkan respon stres. Memerintahkan pula untuk melepaskan hormon adrenalin dan kortisol dari hipotalamus ke kelenjar adrenal. Ketika kedua hormon ini dilepaskan maka hati akan menghasilkan lebih banyak gula dalam darah untuk memberikan energi pada tubuh. Saat tubuh tidak menggunakan energi tambahan tersebut, membuat tubuh menyerap gula darah kembali.

 

Bagi yang memiliki diabetes tipe 2 (misal obesitas), gula darah tersebut tak dapat diserap sempurna yang dapat mengakibatkan kadar gula darah akan meningkat. Jadi kamu harus berhati-hati nih karena stres juga dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Selain gula darah, seperti yang disebutkan sebelumnya jika stres membuat kamu jadi lebih mudah terkena penyakit. Ini dia penjelasan ilmiahnya. Jika stres yang dialami terjadi dalam waktu singkat atau sementara, stres malah membantu tubuh dalam pencegahan infeksi serta penyembuhan luka. Stres yang terjadi dalam waktu lama, tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang menghambat pelepasan respon peradangan dan histamin yang berguna melawan zat asing. Hal ini menyebabkan orang dengan stres kronis lebih rentan terkena penyakit infeksi seperti batuk, pilek, atau influenza, serta membuat lebih lama sembuh ketika cedera dan sakit.

 

Stres berpengaruh pula pada kesehatan pencernaan. Biasanya penyakit yang ditimbulkan adalah pada lambung, yakni maag. Asam lambung biasanya naik ke ulu hati hingga menyebabkan mual dan muntah, sakit perut hingga heartburn. Pernah dengar tentang heartburn? Kondisi di mana area dada dan ulu hati terasa seperti terbakar atau panas. Ini dikarenakan naiknya asam lambung ke kerongkongan. Faktor penyebab heartburn ada 2 yaitu stres dan rokok. Stres terkadang membuat kamu makan terlalu banyak atau bisa juga terlalu sedikit. Jika terlalu sedikit alias nggak nafsu makan, maag lebih mudah kambuh karena tak ada asupan yang dicerna sama sekali. Stres bisa juga memengaruhi pergeraan makanan di dalam usus kamu lho, jadi masalah lain selain maag adalah sembelit bahkan diare.

 

Jadi apa dong yang bisa dilakukan untuk usir penat supaya hidup lebih sehat? Ada beberapa cara mudah supaya kamu bisa mengurangi stres yang melanda. Ikuti #taktikcerdik berikut ini.

 

Tidak mengecek handphone saat bangun pagi

Ini nih kebiasaan zaman sekarang yang harus kamu kurangi! Mengecek handphone saat baru bangun tidur atau di pagi hari dapat merusak mood bahkan meningkatkan kadar stres. Belum lagi ternyata ada notifikasi dari rekan kerja atau bos yang membicarakan soal pekerjaan. Perasaan panik yang ditimbulkan dari hal tersebut dapat meningkatkan produksi asam lambung dan mempercepat denyut jantung. Daripada mengecek handphone lebih baik kamu menyeduh teh hangat sambil menyetel lagu-lagu yang menyejukkan hati.

 

Menggunakan lilin aromaterapi

Pilih wangi yang tak terlalu menyengat untuk pilihan lilin aromaterapimu. Aroma buah-buahan merupakan pilihan yang tepat untuk mengurangi rasa penat dan memperbaiki mood. Nyalakan lilin aromaterapi ini sebelum tidur atau saat kamu baru bangun tidur. Menyalakan lilin aromaterapi pada saat setelah sampai rumah lebih baik supaya semua otot-otot yang menegang bisa lebih rileks. Nyalakan lilin aromaterapi tersebut di sebelah tempat kamu mandi. Lebih baik pilih berendam dengan air garam kasar supaya kotoran semua luruh dan otot lebih rileks. Tambahan lilin aromaterapi juga membantu relaksasi kamu sehabis bekerja.

 

Memijat tangan

Memijat tangan dapat membantu mengurangi dampak stres dan relaksasi lho. Caranya ada beberapa salah satunya adalah kepalkan tangan membentuk lipatan besar sampai kelingking menyentih garis telapak tangan. Lalu pijat bagian tersebut dengan ibu jari selama dua menit. Relaksasi pijatan dapat membantu merenggangkan otot yang tegang. Selan itu kamu juga bisa memijat bagian jari di antara ibu jari dan telunjuk pelan-pelan. Pijatan tersebut membantu mengurangi tegang otot bagian leher dan pundak.

 

Mendengarkan musik

Mendengarkan musik yang menenangkan dapat membantu usir penat supaya hidup lebih sehat. Mendengarkan musik pada saat stres efeknya sama dengan menggunakan pijatan seperti di spa lho. Jadi oke banget kan mengurangi stres. Buat kamu yang ingin mendengarkan musik lewat earphone bisa menggunakan atau pun speaker bluetooth berikut ini

 

JBL Xtreme Splashproof Bluetooth Speaker

Menggunakan fitur splashproof yang membuat speaker bluetooth ini tahan pada percikan air. Walaupun satu perangkat dicelupkan dalam air speaker ini dapat tetap berfungsi dengan baik. Kualitas suara yang sejernih kristal dengan teknologi noise dan echo cancelling. Angsurannya hanya Rp248.000 per bulan*.

 

JBL Synchros S300 Headphone

Detachable Mic/Remote Cable yang sangat mudah untuk kamu gunakan dan mengatur. Dilengkapi desain terbaik dengan teknologi ear-cushion sehingga nyaman sekali ketika digunakan. Angsurannya hanya Rp216.000 per bulan* lho.

 

Mau banget punya yang di atas? Bisa lho mengajukan untuk pembiayaan multiproduk. Dapatkan tambahan bonus pulsa jika kamu mengajukan dengan #taktikcerdik. Isi langsung yuk daftar diri di bawah ini.

KLIK DI SINI

 

 

*Syarat & ketentuan berlaku

 

 

 

Halo, ada yang bisa Santi bantu?