Motor Yamaha

Tips Jitu Buka Usaha Rental Motor Sendiri

18/02/2018
BAF Indonesia
3571

Walaupun sekarang kredit motor dapat dengan mudah didapatkan, bisnis rental motor di zaman sekarang ini banyak diminati orang. Bukan hanya teknis pelaksanaannya yang mudah, namun juga keuntungan besar yang akan diperoleh.

Hanya cukup menyewakan motor dan dapat dibayar dana tunai untuk beberapa jam atau hari, kamu sudah menerima uang. Tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk menjalankan bisnis menggiurkan ini, terlebih yang berdomisili di sekitar tempat wisata. Nah, bagi kamu yang juga tertarik untuk menekuni bisnis ini , simak dulu beberapa tips berikut.

 

1. Pilihlah Lokasi Rental Motor yang Strategis

Lokasi usaha sangat menentukan keberhasilan bisnis kamu. Semakin strategis lokasi yang kamu pilih, semakin besar peluang bisnismu mengalami kemajuan yang pesat. Sebab, akan banyak orang yang mengetahui dan mencoba menggunakan jasa bisnismu. Tidak hanya itu, orang akan lebih mudah menemukan tempat bisnismu. Perlu diketahui, konsumen cenderung memilih jasa rental motor yang mudah ditemukan daripada di pelosok dan sulit untuk ditemukan. Oleh karena itu, pilihlah lokasi paling strategis untuk mendirikan bisnis rental motor. Jika perlu, carilah lokasi di sekitar tempat wisata, di mana para wisatawan biasanya sangat membutuhkan jasa penyewaan sepeda motor.

 

2. Tentukan Target Pasar dengan Tepat

Menentukan target pasar dengan tepat juga perlu kamu lakukan. Salah memilih target pasar sama artinya kamu siap menerima kerugian. Target pasar ini nantinya sangat berpengaruh pada pemilihan lokasi bisnis. Sebagai contoh, saat kamu menentukan target pasar anak-anak muda yang baru punya keinginan untuk kredit motor, maka sebaiknya pilihlah lokasi di sekitar tempat kos di mana tidak banyak anak muda yang mempunyai kendaraan pribadi.

Kebutuhan bepergian bersama pacar atau mobilitas lainnya dengan sepeda motor, akan membuat mereka kemudian menggunakan jasa rental motor kamu. Jangan sampai target pasar yang kamu tentukan tidak cocok dengan lokasi bisnismu. Sebagai contoh, kamu ingin menggaet konsumen anak muda yang bayar apapun dengan dana tunai, namun lokasi bisnismu berada di sekitar pasar. Sudah pasti bisnis kamu akan sulit menemukan konsumen sesuai target.

 

3. Membeli Motor yang Sesuai Target

Setelah menentukan target pasar, saatnya kamu membeli beberapa armada berupa sepeda motor yang disesuaikan dengan selera target pasar. Jika target pasar yang kamu tentukan adalah anak muda, belilah sepeda motor dengan jenis sporty. Jika target pasarmu adalah konsumen wanita, belilah motor matic yang ringan jika dibawa wanita.

Semakin banyak jenis sepeda motor yang kamu miliki, semakin besar peluang konsumen untuk menggunakan jasa sewamu. Namun, membeli banyak armada sekaligus secara tunai jelas sangat memberatkan. Berbeda jika kamu membeli satu unit sepeda motor saja. Cukup dengan menggunakan sistem kredit motor, masalah kamu terselesaikan. Tapi, jika banyak sepeda motor yang perlu kamu beli, jelas sistem ini tidak bisa kamu gunakan.

Nah, sebagai salah satu solusi paling jitu untuk masalah ini adalah dengan membeli beberapa unit motor melalui BAF, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pembiayaan. BAF bisa menjadi solusi bagi kamu yang membutuhkan dana tunai untuk pembelian beberapa unit sepeda motor.

Plusnya lagi jika kamu menggunakan jasa pembiayaan ini, kamu akan mendapatkan promo menarik, yaitu membeli sepeda motor MIO S dengan quick approval. Hanya dalam waktu satu hari, kamu sudah memiliki beberapa unit sepeda motor sebagai aset bisnis.

 

4. Menjaga Kondisi Motor yang Disewakan

Ingat, sebagai penyedia jasa, pelayanan kepada konsumen haruslah diutamakan. Salah satu bentuk pelayanan tersebut adalah selalu menyediakan sepeda motor dengan kondisi prima. Oleh karena itu, sebagai pemilik usaha, kamu harus selalu menjaga kondisi motor yang disewakan. Perhatikan fungsional dari setiap komponen motor, mulai dari aki, busi, starter, lampu sign atau kota, dan sebagainya.

Rajin-rajinlah untuk melakukan servis agar performa semua kendaraan kamu selalu terjaga. Memperbaiki sedikit kerusakan yang terjadi akan lebih menguntungkan daripada kamu menundanya hingga akhirnya akan semakin banyak dan berat kerusakan yang terjadi. Jelas ini akan membuat budget kamu untuk perbaikan menjadi membengkak tajam.

Jangan lupa pula untuk melakukan penggantian beberapa sparepart yang telah aus, misalnya kampas kopling atau kepakeman rem. Menjamin keselamatan konsumen juga menjadi kewajiban bagi pengusaha jasa rental motor.

 

5. Sediakan Promo Khusus untuk Menggaet Konsumen

Sebagai pengusaha yang baru saja terjun di bisnis ini, tentu memerlukan trik khusus agar tidak kalah dengan para pengusaha senior yang sudah lama menekuni usaha ini. Salah satu trik yang bisa kamu gunakan adalah dengan memberikan promo khusus kepada pelanggan, misalnya promo kredit motor. Promo ini digunakan untuk menarik perhatian calon konsumen.

Dengan adanya promo ini, diharapkan konsumen para pesaing menjadi penasaran dan ingin mencoba menggunakan jasa sewa motor yang kamu miliki. Dalam hal ini, tentu saja promo yang kamu lakukan juga harus diimbangi dengan layanan istimewa lainnya.

Jadi begitu konsumen datang dan ingin mencoba jasa kamu, mereka merasa nyaman dan akhirnya ketagihan untuk menggunakan jasa sewa motor milik kamu di kemudian hari. Ini artinya, kamu berhasil membuat konsumen para pesaing beralih ke bisnismu dan menjadi pelanggan setiamu.

Membuka usaha rental motor sebenarnya cukup mudah, namun juga tidak bisa diremehkan. Beberapa risiko kehilangan dan kerusakan armada juga menjadi momok tersendiri. Tentunya, sebagai calon pengusaha rental sukses, kamu sudah harus mempertimbangkan hal tersebut. Jika perlu, lakukan kerja sama dengan pihak berwajib untuk mengatasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya armada dibawa pergi tanpa dikembalikan.

Cara lain yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan memasang GPS di setiap armada yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu selalu bisa memantau keberadaan armadamu saat digunakan konsumen. Melakukan pengawasan secara kontinu akan lebih baik daripada kamu harus mengalami kerugian karena kehilangan armada.

Satu hal lagi yang tidak boleh kamu lupakan. Untuk mendukung kemajuan bisnis kamu, lakukan kerja sama pinjaman dana tunai dengan BAF. Beberapa kemudahan bisa kamu peroleh, terutama dalam hal penyediaan unit armada. Dengan budget minim pun, kamu akan lebih mudah untuk mewujudkan impian membuat rental dengan berbagai tipe motor.

So, tunggu apa lagi? Klik di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya mengenai hal ini.

 

KLIK DI SINI

 

Halo, ada yang bisa Santi bantu?