Dana Syariah

Tips Punya Usaha Katering yang Happening!

07/03/2018
BAF Indonesia
1540

Hobi memasak biasanya identik dengan perempuan, namun ternyata chef restoran yang populer biasanya seorang pria lho. Mau perempuan atau pun pria sah-sah saja kok jika suka memasak. Hobi memasak sangat bermanfaat lho, apalagi makan merupakan kebutuhan primer bagi manusia. Jadi bakat memasak kamu t akan bermanfaat apalagi jika dapat menghasilkan keuntungan. Hobi memasakmu ini bisa lho disulap jadi pundi-pundi uang, tentunya dengan cara mudah. Sebelum bermimpi terlalu jauh untuk buka restoran terkenal, kamu bisa memulainya dengan membuat usaha katering.

 

Usaha katering itu sangat menjanjikan lho, BAF Friends. Tak kalah deh dengan usaha restoran yang dilakukan banyak pesohor. Kenapa ya usaha katering itu menjanjikan? Hal ini  karena biasanya setiap acara yang diadakan kebanyakan orang pasti membutuhkan makanan. Misalnya saja arisan keluarga atau pertemanan pasti butuh makanan untuk semua anggotanya, rapat atau acara besar di kantor pasti butuh konsumsi juga, entah itu hanya makanan ringan seperti camilan dan gorengan maupun makan besar seperti prasmanan, liwetan atau nasi box.

 

Nah untuk ibu-ibu yang ingin tetap aktif bekerja namun tak ingin meninggalkan anak kamu bisa memulai usaha katering ini. Bisnis di bidang makanan bisa dikatakan memiliki prospek yang cerah. Tren untuk bisnis makanan sekarang adalah liwetan, yakni Makan bersama dengan semua nasi, sayur dan lauk pauk yang disajikan di atas daun pisang panjang yang kemudian dimakan dengan tangan di satu wadah yang sama. Makan model liwetan ini biasanya digunakan untuk acara yang bertujuan untuk meningkatkan keakraban, misalnya ulang tahun kantor, acara halal bihalal dan tahun baru. Jika takut kelewatan tren, kamu bisa memulainya dengan nasi box.

 

Nasi box sering dianggap sepele namun sebenarnya penyajiannya jauh lebih mudah, praktis dan banyak dicari lho. Apalagi jika di-supply ke kantor-kantor untuk makan siang karyawan.. Berbeda dengan nasi box yang penyediaannya langsung sekaligus selesai. Nasi liwet memerlukan tempat luas untuk menyajikan nasi beserta lauk-pauknya. Maka itu usaha nasi box akan lebih menguntungkan dan prosesnya juga lebih mudah. Sebelum lebih jauh menjalani usaha nasi kotak ini kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut.

 

Memulai usaha katering berbasis nasi kotak.

Setiap memulai usaha yang diperlukan biasanya melihat peluang usaha terlebih dahulu. Jika kamu sudah memiliki target misalnya teman-teman arisan atau keluarga yang suka kumpul-kumpul berarti kamu sudah punya sasaran yang ingin diprospek nih. Hal yang pertama harus kamu lakukan adalah tes menu. Pilih menu apa saja yang ingin kamu pasarkan, harus terdiri dari nasi, lauk dan sayuran. Menu yang umumnya digunakan untuk nasi kotak, nasi putih, ayam goreng, cah sayur buncis, sambal terasi telur balado. Jika ingin mencoba nasi kotak khusus syukuran kamu bisa mencoba nasi kuning, kering tempe, perkedel dan telur dadar jangan lupa sambal dan lalapannya.

 

Variasi yang digunakan bisa macam-macam, tak harus daging ayam kamu juga bisa menggunakan daging sapi sebagai lauk daging, misalnya dijadikan sapi lada hitam, balado, atau pun rendang. Daging sapi memang harganya cukup mahal apalagi jika berdekatan dengan hari raya atau libur besar. Perhitungkan pengeluarannya, buat perbandingan antara beberapa menu misalnya menu vegetarian, menu ayam atau unggas dan menu daging sapi. Jangan sampai kamu salah menentukan harga per menunya karena bisa berujung rugi. Menu nasi kotak sendiri itu tak pernah lekang oleh waktu. Banyak tanya dan riset menu nasi kotak apa yang all time favorite, misalnya ayam goreng atau ayam bakar karena ayam tidak menimbulkan alergi yang biasanya terjadi pada makanan boga bahari (seafood).

 

Perhitungan menu merupakan langkah awal kamu menentukan modal usaha. Sudah memperhitungkan dengan baik semua menu kamu bisa lebih mudah menawarkannya kepada teman dan saudara. Bekerja dengan berlandasakan hobi dan kegemaran akan membuat kita lebih semangat, sehingga ketika menghadapi kejadian tak enak atau rugi kita bisa bangkit lagi dan tak berhenti melangkah. Hal yang paling penting kamu harus lakukan sepenuh hati, sehingga masakan yang dihasilkan bisa terasa lebih enak karena bumbu cinta. Jika dalam pembuatan dan tes menu kamu butuh orang lain untuk dimintai pendapat jangan ragu untuk bertanya. Lidahmu dan lidah orang lain pasti berbeda, kamu pasti dapat masukkan sehingga kamu bisa memperbaiki masakan yang dibuat.

 

Bahan dan perlengkapan

Pada poin sebelumnya sudah dibicarakan tentang persiapan dan testing menu. Setelah menentukan menu apa saja yang ingin dibuat kamu harus mempersiapkan bahan apa saja yang harus disiapkan untuk membuat nasi kotak. Membuat list bahan di setiap menu yang akan dibuat kamu bisa menentukan harga. Jangan lupa untuk selalu membuat list sebelum belanja untuk meminimalisasi membeli bahan dan barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Ini dilakukan supaya modal awal bisa digunakan untuk alokasi yang lebih baik dan membutuhkan.

 

Banyak tempat yang bisa kamu jadikan acuan lokasi berbelanja. Ada supermarket, minimarket dan pasar tradisional yang bisa kamu datangi sesuai dengan bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Jika kamu ingin mendapatkan bahan masakan lebih baik kamu pergi ke pasar tradisional. Sekalian riset beberapa pedagang, mana yang bisa dijadikan langganan dan memberikan harga yang bersaing. Begitu pula dengan penjual kotak makan, pilih yang bahannya berkualitas dan dijual dengan harga terjangkau.

 

Perlengkapan utama yang diperlukan untuk usaha katering adalah kompor gas minimal 4 tungku. Cari kompor yang berkualitas dan mampu masak dengan kecepatan ekstra. Rice cooker yang besar supaya kamu bisa memasak nasi dalam jumlah banyak sehingga tak perlu waktu lama untuk masak nasi. Jangan lupakan peralatan kecil seperti sendok, spatula, baskom, nampan, panci dan teflon. Tanpa alat-alat ini usaha katering kamu pasti terhambat. Semua peralatan ini bisa kamu dapatkan juga di pasar tradisional atau pun supermarket. Gunakan kulkas penyimpanan yang besar seperti kulkas side by side atau sliding flat glass freezer, kamu bisa gunakan untuk menyimpan daging.

 

Kamu bisa menggunakan dana tunai atau pun pengajuan multiproduk di BAF. Pengajuan dana tunai bisa kamu gunakan untuk mendapatkan modal usaha. Kamu bisa mendapatkan dana tunai dengan mengajukan Dana Syariah dan bisa cair hingga Rp30 juta lho! Kebutuhan barang elektronik pun bisa kamu ajukan dengan kredit elektronik dari multiproduk. Gampang banget kan.

 

Penghitungan ongkos dan promosi

Ini cukup penting nih, selain menghitung pengeluaran dan modal awal kamu harus menghitung ongkos. Mulai dari ongkos kendaraan, misalnya mondar-mandir ke pasar dan supermarket, serta gaji pekerja apabila kamu menggunakan jasa orang untuk mengantar makanan. Penting juga memilih pekerja yang bisa membantu dalam proses produksi sekaligus marketingnya. Semacam cari partner namun dapat membantu kamu dalam segi pembuatan nasi kotak juga. Misalnya kamu sudah punya asisten rumah tangga, maka kamu bisa mempergunakan jasanya untuk memasak sekaligus mengajarkan dia untuk menawarkan usaha katering pada lingkungan sekitar atau teman-temannya. Marketing lewat words of mouth itu dampaknya jauh lebih besar lho daripada sosial media, karena kamu bisa dapat pelanggan langsung dari sini.

 

Usaha katering semacam nasi kotak ini membutuhkan pengeluaran yang cukup besar tergantung dari kuantitas. Semakin banyak pesanan sebenarnya dapat menghemat pengeluaran. Jadi strategi awalnya kamu bisa membuat minimal pemesanan untuk nasi kotak, misalnya 30 atau 25 supaya bisa diperhitungkan dari awal akan menghabiskan berapa banyak bahan untuk nasi kotak sejumlah tersebut. Strategi pemasaran selain words of mouth kamu bisa gunakan sosial media, tak perlu semua sosial media kamu bisa menggunakan Instagram dan Facebook untuk tahap awal. Dua media ini sangat ampuh untuk menjaring target pasarmu.

 

Instagram merupakan sosial media yang digunakan untuk melihat visual sehingga kamu harus menggunakan foto yang bagus. Pilih angle yang tepat agar foto makananmu terlihat menarik. Sosial media kamu gunakan untuk media promosi, jadi ketika teman atau saudara kamu ingin memilih menu bisa langsung kamu arahkan ke akun Instagram usaha katering kamu ini. Promosi lainnya yang bisa kamu jalankan ada pemberian tambahan nasi kotak apabila pembeli memesan hingga 100. Misalnya, penambahan bonus nasi box.

 

Usaha katering semacam nasi kotak ini bisa menjadi istimewa jika kamu memiliki cita rasa yang berbeda dengan lainnya. Tambah selalu ilmu kamu dengan belajar dari pengusaha katering lain atau pun browsing di internet. Pastinya terus mencoba sesuatu yang baru, misalnya menciptakan menu- menu baru supaya usaha katering kamu tak cepat padam. Selain acara keluarga atau kantor kamu juga bisa menawarkan nasi kotak sebagai menu makan siang harian, karena biasanya orang kantoran suka mencari katering makan lho.

 

Jangan jadikan modal sebagai halangan kamu bereksplorasi dalam usaha katering ini. BAF bisa membantu dengan dana tunai untuk menambah perkembangan usaha katering kamu biar makin happening. Bermodalkan BPKB motor kamu bisa mengajukan dana tunai hingga Rp30 juta. Tak punya modal sudah bukan menjadi alasan lagi kamu tak bisa berkreasi atau pun punya bisnis sendiri ada Dana Syariah yang bisa mewujudkan impian kamu. Isi data diri dengan lengkap di bawah sini ya.

 

KLIK DI SINI

 

Halo, ada yang bisa Santi bantu?