Motor Yamaha

Tips Supaya Performa Motor Tetap Maksimal Setelah Mudik

20/06/2019
BAF Indonesia
379

Perjalanan mudik biasa memakan waktu yang panjang dan non-stop. Hal tersebut membuat penggunaan kendaraan menjadi ekstra keras dan berat, terutama motor. Beberapa BAF Friends mungkin mudik dengan menggunakan motor. Ada beberapa tips supaya performa motor tetap maksimal setelah mudik. Simak selengkapnya di bawah ini.

 

Wajib ganti oli

Perhatikan kilometer yang BAF Friends tempuh selama perjalanan mudik ya. Jika sekiranya sudah mencapai 2000km atau sudah mencapai 3 bulan akan lebih baik langsung ganti oli. Apabila belum sampai waktu tersebut namun mesin dirasa kurang enak bisa langsung ke bengkel untuk dicek apakah harus dilakukan penggantian oli. Apalagi jika selama mudik kemarin BAF Friends mengalami macet atau kondisi jalanan kurang bersahabat. Oli dalam kendaraan seperti darah dalam tubuh manusia. BAF Friends bisa memperkirakan jika ada yang terkendala dengan oli pasti akan sangat mempengaruhi performa dari motor terutama mesin kendaraan.

 

Periksa karburator

Karburator dalam kondisi baik akan menjadikan performa mesin juga baik. Karburator memiliki tugas untuk menyemburkan bahan bakar ke mesin dan akan bekerja lebih keras selama perjalanan mudik. Motor yang melakukan perjalanan jauh bisa saja mengubah setelah dalam komponen karburator. Komponen yang berubah ini dapat menyebabkan motor tidak bertenaga serta bahan bakar akan lebih boros. Paling tidak BAF Friends harus memeriksa serta membersihkan karburator tersebut setelah melakukan perjalanan mudik.

 

Cek rem

Bahaya banget nih jika sampai ada apa-apa dengan rem. Kondisi motor yang digunakan untuk perjalanan mudik mungkin sangat panas. Bisa jadi karena penggunaan jarak jauh dan cuaca yang cukup panas. Jika BAF Friends akan melewati jalan yang macet bisa membuat mesin bekerja lebih ekstra berat. Komponen lain kanvas dan piston rem juga harus dicek kembali, apabila bagian tersebut sudah dalam keadaan tidak layak langsung bisa diganti.

 

Ada baiknya setelah melakukan perjalanan mudik yang cukup memakan jarak yang jauh, BAF Friends memeriksa kembali apakah harus ada komponen mesin yang diganti. Jika BAF Friends ingin mengganti motor Yamaha baru, yuk langsung aja mengisi data diri di bawah sini.

 

AJUKAN KREDIT SEKARANG!

Halo, ada yang bisa Santi bantu?