Dana Syariah

Tips Buka Usaha Katering Bagi Pemula

08/11/2017
Bussan Auto Finance
371

Menjejaki bisnis kuliner itu bisa meraup untung besar loh! Apalagi kalau kamu hobi masak. Salah satu bisnis kuliner yang menjanjikan adalah usaha katering. Kalau kamu hobi banget masak, bikin usaha katering akan menjadi ladang uang. Sebelum mulai usaha ini, yuk simak dulu tipsnya!

 

Riset target pasar

Sebelum usaha katering dimulai, langkah paling awal harus dilakukan adalah riset target pasar. Caranya cukup melakukan riset kecil-kecilan di lingkungan sekitar rumah. Apakah ada usaha katering juga yang berjalan di dekat rumah, jika ada coba cek menu makanan yang dijual oleh kompetitor. Usahakan menjual varian menu berbeda. Lalu, sesuaikan makanan yang dijual dengan target pasar potensial di sekitar tempat kamu.

 

Bikin target penjualan

Setelah menemukan target pasar kemudian gali kembali hasilnya. Apakah ada ide kreatif yang muncul untuk membuat variasi menu catering berbeda. Misalnya, target penjualan kamu adalah anak-anak sekolah, maka ciptakan menu makan siang ala bento dengan hiasan unik. Jika ingin menyasar segmen karyawan perkantoran maka buatlah menu yang berbeda-beda setiap harinya. Tujuan penentuan target penjualan ini akan mempermudah pemilihan menu masakan.

 

Cari pelanggan

Langkah berikutnya setelah menu selesai disusun adalah cari pelanggan. Sebagai tahap awal tawarkan jasa katering ini pada keluarga atau kerabat dekat yang dalam waktu dekat mau membuat acara. Pesanan dalam jumlah kecil pun tak apa, yang terpenting adalah kualitas bukan kuantitas. Kalau masakanmu disukai dan membuat pelanggan puas maka mereka akan mencari jasamu kembali.

 

Siapkan peralatan dan modal

Nah ini yang terpenting, kamu tentu harus memiliki peralatan masak dan modal. Peralatan masak di rumah tidak maksimal dan terkendala modal? Jangan khawatir, kamu bisa dengan mudah mendapatkan keduanya dengan mengajukan Dana Syariah lho!

 

Mudah bukan? Usaha kateringmu bisa berjalan tanpa terkendala modal deh. Ajukan langsung di bawah ini yuk!

Halo, ada yang bisa Santi bantu?