Berita Lainnya

Cara Mudah Jadi Petani Modern

no-image Selasa 13/11/2018
no-image BAF Indonesia
no-image 91

Menjadi petani mungkin bukan pekerjaan impian banyak orang. Petani bukanlah pekerjaan elit yang banyak diinginkan orang. Stereotip ini banyak dipercayai oleh negara berkembang seperti misalnya Indonesia. Walaupun Indonesia merupakan negara agraris namun sedihnya para petani tidak bisa memenuhi kebutuhan pangan rakyat Indonesia. Tapi tahukah, BAF Friends, ternyata di negara maju petani merupakan pekerjaan keren lho. Ditambah lagi petani yang berjumlah 30% bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang berjumlah 70%.

 

Hal tersebut berbanding terbalik dengan keadaan di Indonesia kan. Padahal petani merupakan pekerjaan mulia dan bisa mendatangkan banyak keuntungan lho. Namun keterbatasan lahan yang makin terasa dewasa ini membuat lahan pertanian juga mulai punah. Pedesaan yang kental dengan nuansa persawahan dan perkebunan kini alih fungsi menjadi pemukiman. Jadi mau nanam bahan pangan di mana lagi?

 

Konsep petani modern belum banyak diterapkan oleh Indonesia. Menjalankan konsep petani modern bisa menjadi jawaban untuk kekurangan pangan di masa depan. Kamu pun bisa ikutan menjadi petani modern lho hanya dengan alat-alat rumah. Cek yuk cara mudahnya!

 

Tanaman hidroponik

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by hidroponik@home (@hidroponikrumahan) on

Menanam secara hidroponik bukan sekadar menanam vertikal. Hal yang dibutuhkan adalah pipa paralon yang sudah dilubangi, gelas plastik yang dibolongi bawahnya, spons dan bibit tanaman. Pemilihan spons dilakukan karena spons dapat menyimpan air lebih lama. Tanaman hidroponik ini tidak menggunakan media tanah sehingga tidak kotor dan repot. Penting untuk selalu menjaga ketinggian air. Kamu dapat melakukan pengisian air pada saat pagi hari, tak usah lakukan berulang kali untuk menghemat listrik dan air.

 

Aquaponik

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Urbanfishfarmer (@urbanfishfarmer) on

Punya kolam ikan atau tambak ikan? Nggak hanya bisa dijadikan untuk ternak ikan lho. Kamu bisa memanfaatkannya untuk tanaman aquaponik. Sistemnya sama dengan hidroponik dengan menggunakan air namun tidak menggunakan spons. Jadi akarnya langsung ditempatkan pada air. Bisa juga lho dengan akuarium tergantung ketersediaan di rumah. Air dari kolam ikan dapat membuat tumbuhan lebih subur dan juga kamu tak perlu becek-becekan dengan mengandalkan tanah perkebunan lagi.

 

Indoor farming

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Serakule tarım teknolojileri (@serakule_) on

Cuaca yang sering tak menentu sering mengganggu penanaman dari bibit. Faktor cuaca tak menjadi penghalang lagi jika melakukan indoor farming. Suhu, air dan tempat bisa diatur sedemikian rupa sehingga tak sulit lagi untuk melakukan penanaman di dalam ruangan. Untuk mengatur cahaya kamu bisa memanfaatkan cahaya lampu yang dibuat mengelilingi lahan tanaman. Pengairan bisa menggunakan sistem hidroponik maupun aquaponik sesuai dengan kemampuan.

 

Cara yang lebih mudah lagi bisa juga memanfaatkan software atau aplikasi indoor farming. Selain itu makin banyak petani modern yang sering berbagi ilmu untuk menjalankan penanaman dengan cara indoor farming, aquaponik maupun hidroponik.

 

Jika kamu sudah memiliki lahan yang diwariskan oleh orang tua atau kakek nenek dan memerlukan alat pertanian untuk menunjang jalannya perkebunan. Bisa kok langsung mengajukan di Mesin Pertanian BAF.


 

AJUKAN KREDIT SEKARANG!

 

 

DAPATKAN PRODUK IMPIAN ANDA SEKARANG

Berita Terbaru

Elektronik & Furnitur

Ide Resep Mudah Kue Natal

Selasa 11/12/2018

Praktikan yuk ide resep mudah membuat kue natal

Modal Usaha Pentol Pedas

Jumat 07/12/2018

Bertani di Tengah Iklim yang Tak Menentu

Selasa 04/12/2018

Ragam Usaha dengan Modal di Bawah 10 Juta

Senin 26/11/2018