Berita Lainnya

Cara Pengambilan BPKB Motor & Peraturannya

no-image Jumat 09/11/2018
no-image BAF Indonesia
no-image 216

BAF Friends mungkin pernah merasa saat pengambilan BPKB motor mengalami kesulitan. Ada yang perlu diperhatikan saat akan mengambil BPKB. Hal pertama yang sering dilupakan adalah pembayaran angsuran terakhir harus kamu lakukan di kantor cabang terdaftar. Di mana itu kantor cabang terdaftar? Kantor cabang terdaftar adalah kantor cabang yang ada di dalam surat kontrak yang BAF Friends miliki. Hati-hati jangan sampai hilang atau rusak ya surat kontrak tersebut.

Banyak BAF Friends yang sering mengeluh kehilangan surat kontrak dan lupa berapa nomor surat kontrak tersebut. Nah antisipasinya BAF Friends harus mencatat atau mengambil foto terkait nomor kontrak yang ada di dalam surat kontrak tersebut. Agar saat harus membayar tak lagi bingung menanyakan nomor kontrak BAF Friends. Kontrak tersebut merupakan tanggung jawab pribadi dari BAF Friends jadi harus dijaga baik-baik ya.

Jika kepepet dan bingung harus menanyakan ke siapa kamu bisa kok langsung menghubungi BAF Care. Telepon langsung ke hotline 1500 750 (gratis dari telepon rumah), SMS ke 0878 77 800 123 atau langsung email ke bafcs@bussan.co.id. Cara lainnya BAF Friends langsung isi pertanyaan dan keluh kesah di sini. Sertakan data diri lengkap kamu supaya tim kami lebih mudah melacak data BAF Friends.

Pembayaran angsuran terakhir sudah dilakukan di kantor cabang BAF terdaftar sekarang ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan mengambil BPKB. Jika kamu akan mengambil sendiri BPKB motor tersebut setelah pelunasan jangan lupa membawa beberapa dokumen dalam bentuk asli sebagai berikut:

  • KTP/SIM/Surat Keterangan Domisili/Resi KTP yang masih berlaku dan asli.

  • Bukti pembayaran terakhir yang menunjukkan bahwa telah melunasi semua kewajiban di Bussan Auto Finance.

  • Menunjukkan STNK asli.

Apabila diwakilkan oleh pihak ketiga, berikut hal yang harus dipersiapkan saat akan ke kantor cabang BAF:

  • Melampirkan Surat Kuasa dari BAF Friends, jangan lupa untuk membubuhkan materai Rp6000 di kolom tanda tangan BAF Friends.

  • Surat Pernyataan dari pihak ke-3.

  • KTP/SIM asli dan masih berlaku dari konsumen dan penerima kuasa.

Pelepasan BPKB jika konsumen meninggal dunia, berikut hal-hal yang harus dipersiapkan:

  • Pengambilan BPKB menunjukkan KTP asli dan masih berlaku.

  • Fotokopi Surat Kematian.

  • Melampirkan Surat Keterangan Ahli Waris dari Kelurahan.

  • Membawa Surat Kuasa yang ditandatangani oleh semua keluarga inti yang tercantum dalam Surat ahli waris (jika ahli waris lebih dari 1 orang).

  • Fotokopi KTP ahli waris yang memberikan kuasa.

  • Fotokopi Kartu Keluarga.

  • Pihak ketiga membuat Surat Pernyataan Pengambilan BPKB yang berisi pernyataan bahwa pihak ketiga adalah pihak yang bertanggung jawab sehubungan dengan pelepasan BPKB tersebut.

Selain itu semenjak Februari 2018 kemarin, BAF sudah memberikan pengumuman terkait biaya penitipan BPKB. Pengumuman tersebut sudah diberitahukan melalui SMS, sosial media serta kantor cabang BAF terdekat. Terkait BPKB motor BAF Friends yang sudah selesai angsuran akan lebih baik jika langsung ditebus atau diambil.

Hal tersebut mengacu pada kepemilikan BPKB motor merupakan tanggung jawab pribadi. BPKB merupakan surat berharga yang merupakan tanggung jawab setiap pemilik kendaraan bermotor. Merajuk pada hal tersebut, BAF memberikan waktu 30 hari setelah BAF Friends lunas angsuran untuk mengambil BPKB langsung di cabang terdaftar, tempat Anda mengajukan.

Jika di hari ke 31 Anda belum mengambil BPKB tersebut, maka akan dikenakan biaya penitipan sebesar Rp2.500/hari. Begitu seterusnya akan diakumulasi hingga waktu pengambilan.

Peraturan ini berlaku untuk produk yang menggunakan BPKB seperti pembiayaan motor, mobil dan Dana Syariah, serta berlaku untuk semua pelanggan baik yang sudah pernah mengajukan mau pun yang baru.

Nah hal-hal di atas merupakan hal yang harus BAF Friends perhatikan ketika akan mengambil BPKB motor. Jangan sampai harus bolak-balik karena data kurang ya, BAF Friends.


 

BACA SELENGKAPNYA DI SINI!

 

 

DAPATKAN PRODUK IMPIAN ANDA SEKARANG

Berita Terbaru

Elektronik & Furnitur

Ide Resep Mudah Kue Natal

Selasa 11/12/2018

Praktikan yuk ide resep mudah membuat kue natal

Modal Usaha Pentol Pedas

Jumat 07/12/2018

Bertani di Tengah Iklim yang Tak Menentu

Selasa 04/12/2018

Ragam Usaha dengan Modal di Bawah 10 Juta

Senin 26/11/2018