Berita Lainnya

Hidup Lebih Bahagia dengan Cara Ini

no-image Selasa 03/04/2018
no-image BAF Indonesia
no-image 481

Kebahagiaan muncul dari dalam pribadi masing-masing manusia. Setiap hari kita dihadapkan pada masalah bertubi yang mengikis senyum kita sedikit demi sedikit. Seperti pepatah Latin yang mengatakan mens sana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Artinya jika jiwa dan pikiran dijaga selalu sehat dengan pikiran positif serta dengan makanan sehat, maka tubuh kita pun akan senantiasa lebih sehat dan bugar. Stres memang tak bisa dihindari walaupun kamu sudah kaya raya dan punya segalanya. Stres bisa menjadi pemicu banyak penyakit mulai yang ringan seperti sakit kepala hingga penyakit berat seperti jantung maupun kanker.

 

Seperti yang pernah dibahas pada artikel #TaktikCerdik Usir Penat Biar Hidup Lebih Sehat! Ada beberapa trik yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Kamu pun bisa melakukan tanpa harus menghabiskan banyak waktu, seperti menyiapkan air panas dengan garam kasar untuk berendam ditemani lilin aromaterapi serta musik yang menenangkan. Yakin deh itu bisa langsung mengurangi penat yang kamu alami. Stres sendiri muncul karena kamu mengharapkan sesuatu yang ternyata hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi. Bisa juga karena kamu menghadapi kegiatan yang sangat padat tanpa istirahat. Padahal tubuh memiliki kapasitasnya masing-masing sehingga pada satu titik tertentu tidak dapat dipaksakan untuk beraktivitas melampaui batasannya.

 

Memang sih menjalani hidup apa adanya terdengar sangat klise dan terkesan mengada-ada. Tapi yakin deh nggak ada salahnya kok sekali-kali kita menganut paham ‘live for today’ alias hidup untuk hari ini. Belajar dari pengalaman sebelumnya, harapan setinggi langit yang kita impikan kadang tak selaras dengan rencana Tuhan. Semua itu tak masalah, kita diajarkan untuk lebih sabar dan legowo di masa depan. Ketidakpastian di masa depan menjadikan satu faktor lagi yang menyebabkan kita mudah stres dan dipenuhi rasa khawatir. Manusiawi sih tapi jangan sampai dijadikan alasan kita nggak bisa berbuat apa-apa. Mempersiapkan memang jalan yang baik tapi usahakan jangan sampai membebani hidup kamu nih.

 

Menjadikan tubuh yang sehat bisa dengan cara makan makanan sehat serta mengonsumsi jus detoks seperti pada artikel berikut 3 Jus Detoks yang Penting Banget untuk Tubuh Kamu. Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan supaya hidup lebih sehat seperti bersepeda. Banyak lho manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bersepeda. Semuanya bisa kamu simak di artikel satu ini Hindari Penyakit Jantung dan Diabetes dengan Bersepeda. Belajar juga untuk selalu berpikir positif, caranya untuk tidak berpikir yang tidak-tidak serta berhenti menghakimi. Menghakimi yang dimaksud adalah tidak perlu mempermasalahkan dan mengomentari apa yang dialami oleh lain. Tak hanya di kehidupan sosial begitu pun di kehidupan dunia maya. Berhentilah memberikan komentar negatif dan ganti dengan komentar positif.

 

Kamu mungkin tak bisa merasakan dampaknya secara langsung namun lambat laun kamu akan mulai merasakan lebih ringan tanpa beban jika mulai membiasakannya dari sekarang. Banyak memberi tak membuat kamu kekurangan, tak harus memberi dalam bentuk uang. Seperti tadi komentar positif ataupun perhatian juga bisa membantu meringankan beban kamu lho. Melihat senyuman orang lain yang kamu tolong pun rasanya cukup menghibur dan menyenangkan. Pusing-pusing mikirin urusan orang lain lebih baik melakukan hal yang membahagiakan. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat hidup lebih bahagia. Cek yuk apa saja.

 

Melakukan usaha atau bekerja berlandaskan hobi

Siapa bilang kamu tak bisa menghasilkan uang dari hobi. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan lho. Misalnya kamu yang suka memelihara hewan, kamu bisa lho menjadi penyalur makanan-makanan hewan. Apalagi jika pada dasarnya kamu sudah memiliki hewan peliharaan, kamu pasti jadi lebih tahu brand makanan hewan mana yang paling bagus dan jadi favorit para pencinta hewan. Kamu bisa juga nih jadi supplier barang-barang hewan peliharaan, misalnya kandang, tempat makan, baju, keranjang pembawa hewan peliharaan sampai botol minum. Semuanya bisa kamu lakukan untuk menunjang hobi kamu memelihara hewan.

 

Jika kamu membutuhkan dana tunai untuk usaha ini kamu bisa kok mengajukannya dengan Dana Syariah. Bermodalkan BPKB motor berusia di bawah 10 tahun kamu bisa mendapatkan dana hingga 30 juta rupiah lho. Sebagai anak muda yang doyan jalan-jalan kamu bisa lho mengabadikan setiap momen perjalanan kamu dan dibuat cerita. Beberapa portal berita ada yang mempekerjakan kontributor sebagai wartawan lepas mereka. Kamu bisa lho membuat berita berbentuk feature kemudian disalurkan atau dijual kepada beberapa portal berita maupun majalah. Foto-foto yang kamu tangkap saat perjalanan juga bisa lho dijual kepada beberapa instasi pemerintah atau dilombakan dalam beberapa kompetisi foto yang bergengsi. Siapa tahu bisa menang atau walaupun tidak menang tapi ada beberapa perusahaan yang melirik hasil karya.

 

Ikut meditasi dan terapi tertawa

Mungkin kalau kamu sedikit tahu tentang yoga pasti tahu kalau dalam senam yoga ada sesi meditasi. Eits… Kamu salah besar jika menganggap meditasi itu mengosongkan diri. Meditasi sendiri membantu kamu lebih berkonsentrasi lewat memperhatikan aliran pernapasan yang masuk dalam hidung dan keluar lewat mulut. Melatih cara pernapasan dapat membantu kamu lebih awet muda lho. Alasannya karena latihan pernapasan yang dilakukan dalam meditasi berfungsi untuk melepaskan stres. Jika tingkat stres rendah atau kamu dapat mengelola stres dengan baik maka membantu mengurangi kerusakan pada lapisan kulit, sehingga terhindar dari keriput karena aliran darah lebih lancar.

 

Manfaat meditasi lainnya adalah membuat kamu merasa lebih bahagia. Pada saat seseorang bermeditasi, ia tak akan memikirikan hal lain selain konsentrasinya terhadap pernapasan. Hal tersebut membuat kamu tak berpikiran lain, apalagi yang negatif. Orang yang berbahagia sedikit demi sedikit akan lebih banyak tersenyum bahkan tertawa. Nah kamu bisa nih memanfaatkan terapi tertawa. Bukan lalu tertawa tanpa ada sebab untuk menghilangkan stres tapi tetap ada caranya. Terapi tertawa berfokus pada hidup yang lebih bersyukur. Contohnya jika kamu mengalami suatu yang tidak mengenakkan seperti putus cinta atau nggak punya duit, cobalah untuk tidak langsung mengeluh.

 

Tertawakan saja dompetmu yang kosong melompong atau tertawakan saja mantanmu yang berselingkuh. Toh merengut juga tak menjadikan dompet penuh atau si pacar kembali. Positive thinking dan terus berusaha untuk move on walaupun harus merangkak. Menurut ahli, saat kamu memikirkan hal lucu dan tertawa maka tubuh memproduksi hormon endorfin yang menciptakan kebahagiaan. Hormon ini membantu sistem kekebalan dalam tubuhmu bekerja lebih efektif sebesar 87% persen. Pasti kamu pernah dengar bahwa obat yang paling mujarab di dunia ini adalah hati yang bahagia. Pas banget kan untuk kamu yang sering merasa stres.

 

Perbaiki pola tidur

Stres membuat kamu terkadang harus mengalami insomnia. Kesulitan tidur atau insomnia dapat menambah tingkat stres kamu lho. Mungkin kamu bukan orang yang mudah tidur dengan waktu ideal yaitu 7 sampai 8 jam. Kamu tetap bisa kok menyiasatinya dengan tidur pada jam rutin tertentu. Misalnya jika memang kamu baru bisa tidur sekitar pukul 10 atau 11 malam, usahakan untuk tidur pada jam tersebut setiap hari. Akan tetapi jika kamu memang tak bisa tidur teratur kamu bisa mengusahakan untuk menjaga jam bangun tidur kamu supaya tetap teratur. Lakukan ini secara bertahap jangan dipaksakan, atur sedemikian rupa sehingga kamu nyaman. Coba bangun lebih awal 5 sampai 15 menit supaya kamu terbiasa dengan waktu bangun kamu itu.

 

Usahakan untuk tidak mengonsumsi kafein kurang dari 12 jam sebelum tidur, baik itu kopi maupun teh. Kamu akan kesulitan tidur lelap jika mengonsumsi kafein ini. Minumlah secukupnya saat tidur jangan terlalu banyak supaya tak terbangun saat tengah malam untuk buang air. Terlalu banyak air juga membuat perut kembung yang menyebabkan kamu mual saat dalam posisi berbaring. Hindari makanan asam dan pedas supaya tak kembung dan sakit perut di tengah malam untuk ke toilet. Jika ketika ingin tidur kamu merasa lapar, konsumsi camilan dengan bahan dari gandum, sereal low fat dan rendah gila atau buah-buahan, misalnya pisang atau apel.

 

Perhatikan kenyamanan kamar

Kebersihan kamar sangat berpengaruh terhadap kenyamanan kamu tidur. Kalau kamar kamu berantakan seperti kapal pecah pasti jadi sumber penyakit nih. Bisa jadi malah sumber penyakit yang kamu simpan. Debu-debu yang bertebaran tersimpan dalam barang-barang yang bertebaran di lantai kamar kamu. Jika kamu suka mendengarkan musik saat tidur, kamu bisa pilih musik yang menenangkan dan membuat suasana tenang.

 

Hindari suara berulang seperti kipas atau mesin supaya tidur lebih tenang. Perhatikan juga suhu ruangan kamu supaya tak terlalu panas atau dingin. Jika suhu terlalu panas atau terlalu dingin akan memengaruhi kualitas tidur kamu. Suhu kamar bisa diatur dalam suhu sekitar 18 derajat hingga 22 derajat celcius. Pilih posisi senyaman mungkin supaya kamu juga bisa tidur dengan lelap. Hal yang paling penting adalah tidak membawa masalah dalam tidur. Tahukah kamu jika mimpi buruk merupakan gambaran dari masalah yang kamu bawa dalam tidur? Nah melakukan meditasi bisa membantu mengurangi dampak dari masalah yang kamu hadapi seperti insomnia. Masalah yang masuk dalam pikiran bawah sadar akan membuat gelisah saat tidur.

 

Wisata

Nah ini udah nggak diragukan lagi deh. Semua manusia harus punya waktu rehat walaupun sejenak setiap harinya. Tak boleh kita hanya berkutat pada pekerjaan atau rutinitas karena badan memiliki limitasi yang tak boleh kamu abaikan. Pikiran yang stres membuat badan juga ikut drop jadi lebih baik alokasikan waktu untuk rehat. Manfaat wisata sendiri adalah meningkatkan kreatifitas. Ketika kamu bepergian yang agak jauh dan mengharuskan kamu keluar rumah serta menempuh perjalanan. Kamu mungkin harus menghadapi masalah dan harus menyelesaikan secara langsung tanpa ada waktu yang banyak.

 

Jika kamu berkemah dan mengharuskan membangun tenda untuk tidur kamu harus mencoba banyak cara untuk membangunnya. Bagaimana membuat rangkanya, tiang mana yang harus dipasang dan dicocokkan dengan yang mana. Semua hal tersebut membutuhkan ide-ide yang cepat supaya kamu pun bisa cepat istirahat. Hal-hal yang dilakukan secara spontan tersebut melatih otak kamu untuk menciptakan cara atau hal tertentu untuk penyelesaian masalah dalam waktu yang relatif cepat. Kamu bisa kok keliling kota maupun keluar kota untuk menghilangkan penat sekaligus wisata. Hidup lebih bahagia jika kamu bisa menghirup udara bebas serta datang ke lingkungan yang baru.

 

Menciptakan hidup lebih bahagia banyak kan caranya. Misalnya saja bisa membayar angsuran secara rutin tanpa terlilit denda. Semua itu bisa kamu dapatkan dari BAF Mobile. Lewat aplikasi BAF Mobile segala keperluan kamu bisa terpenuhi, kredit motor atau kredit mobil yang sedang berjalan dapat selalu terkontrol dengan pengingat pembayaran yang diberikan beberapa hari sebelum jatuh tempo. Kamu bisa juga langsung melakukan pengajuan pembiayaan hanya lewat satu sentuhan. Mengajukan pembiayaan dana tunai, kredit motor, kredit mobil hingga kredit elektronik dan furnitur pun bisa.

 

Fasilitas lain yang bisa kamu nikmati dari BAF adalah website yang kini semakin memudahkan dalam pengajuan dan mendapatkan informasi. Jika kamu sudah lunas dan ingin mengambil BPKB bisa langsung dicek pada Panduan Konsumen untuk mengetahui syarat dan prosedur pengambilannya. Mau tahu cabang, mitra serta dealer terdekat dari rumah kamu bisa langsung cek lewat Jaringan Kami. Mendapatkan informasi promosi yang sedang berlangsung pun sekarang lebih mudah. Jadi tunggu apa lagi cek langsung yuk di bawah sini.

 

KLIK DI SINI

 

 

DAPATKAN PRODUK IMPIAN ANDA SEKARANG

Berita Terbaru

Elektronik & Furnitur

Ide Resep Mudah Kue Natal

Selasa 11/12/2018

Praktikan yuk ide resep mudah membuat kue natal

Modal Usaha Pentol Pedas

Jumat 07/12/2018

Bertani di Tengah Iklim yang Tak Menentu

Selasa 04/12/2018

Ragam Usaha dengan Modal di Bawah 10 Juta

Senin 26/11/2018