Berita Lainnya

Jaga Finansial Semasa Muda

no-image Senin 16/04/2018
no-image BAF Indonesia
no-image 299

Mengatur keuangan kelihatannya mudah ya, tapi ketika dipraktikkan ternyata sulit juga dilakukan. Komitmen dan kedisplinan harus diterapkan ketika kamu ingin jaga finansial semasa muda. Seringkali kita terbelenggu gengsi yang membuat perencanaan tabungan jadi gagal. Lebih suka makan di luar dan hidup terlalu hedon seringkali juga menghambat perencanaan finansial untuk masa depan. Kamu pasti pernah melihat bagaimana kehidupan orang tidak sejahtera di masa tuanya ini sebab dari seseorang tersebut tidak mengelola dengan keuangannya saat masa muda.

 

Pentingnya jaga finansial semasa muda akan berdampak pula pada kehidupan yang lebih damai dan tenang di masa tua. Mungkin rasanya berat pada saat ini mengalokasikan dana untuk menabung di hari tua. Kamu juga bisa mengikuti perencanaan keuangan dengan #taktikcerdik berikut ini, Perencanaan dengan #TaktikCerdik Buat Impian Jadi Kenyataan. Banyak rencana yang ingin kamu realisasikan apalagi tahun 2018 ini baru berjalan 4 bulan. Yakinlah BAF Friends tahun itu cepat berganti lho segala yang kamu rencanakan bisa jadi hanya tinggal rencana saja jika kamu tak bisa mengelolanya dengan baik.

 

Jika perencanaan keuangan tersebut tak kamu mulai dari masa muda bagaimana nanti jika BAF Friends sampai pada masa tua. Daripada hidup menderita di masa tua nanti lebih baik mulai jaga finansial semasa muda. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat masa depan BAF Friends lebih baik.

 

Mulai berinvestasi

Eitss… Investasi itu nggak harus rumah, mobil atau benda bergerak lainnya lho BAF Friends. Kamu bisa memanfaatkan barang-barang unik dan langka untuk sarana berinvestasi. Perkembangan komunikasi yang pesat membuat beberapa orang mulai mencari barang-barang yang tak lazim untuk dikoleksi. Misalnya sepatu, dari beberapa brand mereka membuat produk yang limited edition. Tak hanya soal kepuasan diri untuk mengoleksi barang tersebut namun juga sepatu digunakan untuk berinvestasi ketika orang-orang mulai mencari si barang unik tersebut.

 

Lukisan dan beberapa benda seni pun masih menjadi barang-barang yang dijadikan investas. Bahkan kamu bisa menanam pohon atau tanaman langka untuk berinvestasi lho. Aneh tapi nyata kan BAF Friends. Jika kamu ingin berinvestasi yang bisa sekalian digunakan setiap hari, kamu bisa memilih emas. Emas atau logam mulia merupakan investasi yang sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang kita nih. Emas dapat dibuat ke berbagai bentuk salah satunya perhiasaan. Perhiasaan sendiri bisa kamu gunakan untuk mempercantik diri dan bisa digunakan setiap hari juga. Kamu bisa tetap cantik sambil berinvestasi kan.

 

Tak usah pilih-pilih pada pekerjaan pertama

Usia muda atau usia sekitar 20-an adalah usia matang untuk memulai pekerjaan setelah menyelesaikan pendidikan awal. Mungkin ada beberapa dari kamu yang sudah memulai fase ini, ada yang sudah mendapat pekerjaan, mungkin ada pula yang masih berjuang. Tak apa BAF Friends pasti akan ada panggilan pekerjaan untuk kamu, intinya adalah sabar. Melamar pekerjaan juga ada triknya lho BAF Friends. Kamu bisa mulai ‘menebar’ resume sejak kamu lulus sidang atau tugas akhir, sekitar masa-masa kamu menunggu acara lempar toga alias wisuda. Biasanya panggilan kerja paling cepat datang 2 minggu sampai 4 minggu dari sejak kamu masukkan lamaran. Bahkan ada beberapa yang mengalami baru dipanggil sekitar 3 bulan sejak memasukkan CV.

 

Mengurangi rasa deg-degan karena belum ada panggilan kamu bisa kok magang atau freelance di perusahaan yang memang membutuhkan. Pokoknya sebagai fresh graduated nggak usah milih-milih pekerjaan dan harus sesuai dengan jurusan kuliah yang kamu ambil. Semua pekerjaan bisa dilakukan dengan baik jika kamu memang sungguh-sungguh saat mengerjakannya. Yakin deh BAF Friends kamu pasti bisa belajar hal baru dari awal. Anggap saja seperti kembali ke sekolah yang setiap tahunnya pasti belajar pelajaran yang baru. Pekerjaan pertama bisa menjadi batu loncatan di awal karir kamu. Ada beberapa orang sukses yang memulai karir tidak dari jurusan kuliah yang ia ambil namun dari bidang lain yang tidak pernah disangka akan memberikan kesempatan yang lebih besar pada pengembangan dirinya.

 

Alokasikan gaji pertamamu

Ada beberapa biaya penting yang harus kamu alokasi saat gajimu tiba. Seperti yang dikutip dari Hipwee, Li Ka-Shing, orang terkaya di Asia menjelaskan cara supaya bisa hidup makmur.

  1. Dana untuk leisure, kamu pasti butuh untuk memanjakan diri dan rehat sejenak dari rutinitas kerja dan sebagainya. Jadi dana leisure alias wisata sangat penting kamu persiapkan. Hati-hati lho BAF Friends kalau kamu kurang piknik bisa berdampak pelik pada kesehatan.

  2. Biaya hidup sehari-hari. Kamu pasti butuh makan dan minum kan untuk sehari-hari. Begitu pula dengan transportasi dan untuk kebutuhan seperti sabun, sampo dan lainnya. Semuanya membutuhkan biaya, nah kebutuhan sehari-hari bisa kamu persiapkan kok nggak harus mendadak.

  3. Biaya sosial dan traktir teman. Walaupun sedang hidup prihatin kamu juga bisa tetap boleh kok traktir teman atau men-treat dirimu sendiri. Jika kamu achieve tertentu sesekali manjakan dirimu, contohnya dengan makan di tempat favorit kamu atau creambath dan massage di salon.

  4. Dana untuk mengembangkan diri. Well, kita butuh pengembangan diri supaya kualitas diri kita semakin baik. Tak harus melulu soal pekerjaan, kamu bisa memilih misalnya seminar dengan tema yang kamu minati. Misalnya menulis ataupun menggambar. Tak harus seminar, banyak juga pameran kreatif yang bisa datangi untuk nambah ilmu.

  5. Dana berinvestasi. Nah kan Li Ka-Shing aja bilang investasi itu penting. Jadi alokasikan gaji pertamamu beberapa bagian untuk berinvestasi. Investasi itu tabungan kamu jangka panjang lho.

 

Buat dua rekening terpisah

Jika kamu memang ingin serius jaga finansial, mulailah membuka 2 rekening. Pertama memang untuk menaruh gajimu serta biaya hidupmu. Rekening kedua alokasikan untuk tabunganmu, usahakan tidak bisa diambil dan tidak menggunakan kartu ATM. Ini dapat membantu kamu mengantisipasi gaji yang tiba-tiba hilang entah ke mana atau gaji yang hanya numpang lewat. Saat gaji datang langsung transfer sebagian atau ¾ bagian ke rekening tabungan.

 

Usahakan rekening tabungan tidak kamu ganggu gugat apapun keadaan yang kamu alami atau hadapi. Jangan sampai tergoda untuk mengambil bahkan hingga menghabiskannya. Jika perlu pergunakanlah amplop untuk langsung mengalokasikan kebutuhan dan barang-barang yang kamu butuhkan per hari bahkan per bulannya. Gunakan amplop dengan keterangan seperti uang listrik, uang bensin, uang makan, uang pulsa dan sebagainya. Ini membantu kamu membuat daftar prioritas yang akan dikeluarkan.

 

Bayar semua tagihan terlebih dahulu

Jika memang belum bisa menabung, kewajiban terpenting yang harus kamu selesaikan adalah menyelesaikan semua tagihan yang masih ada. Kredit motor, kredit hp, kredit mobil bahkan pinjaman dana tunai harus kamu selesaikan terlebih dahulu. Hutang harus dibayarkan sekecil apapun itu dan jangan sampai lupa melunasinya. Buat list apa saja tagihan yang harus kamu bayarkan per bulannya dan berapa kali lagi sisa kamu membayar tagihan tersebut. Pecacatan ini perlu dilakukan sebagai kontrol kamu sehingga tidak ‘kebobolan’ anggaran.

 

Saat gaji datang tapi malah kamu gunakan untuk membeli hal lain tagihanmu malah jadi terbengkalai. Bahaya banget lho ini BAF Friends. Utamakan kewajiban dibandingkan hal yang tidak perlu. Pikirkan denda yang akan dibebankan ke kamu jika bulan ini tagihan tidak langsung dibayarkan. Membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan dapat mengganggu perencanaan keuangan kamu lho.

 

Supaya selalu mendapat notifikasi untuk membayar kredit kamu bisa menggunakan BAF Mobile sehingga kamu terhindar dari lupa dan denda. BAF Mobile membantu kamu untuk selalu tepat waktu dalam membayar angsuran per bulannya. Biasanya notifikasi datang beberapa waktu sebelum tanggal jatuh tempo, sehingga kamu masih punya waktu untuk membayarkan angsuran tersebut.

 

Lewat BAF Mobile kamu juga bisa mengecek berapa kali lagi angsuran yang harus kamu bayar. Jadi kamu tak perlu bingung saat membayar ini merupakan angsuran yang ke berapa kali. Selain itu bisa langsung bayar angsuranmu secara online tanpa harus pergi ke cabang. Pas banget kan untuk kamu yang sibuk dan tak punya banyak waktu senggang.

 

KLIK DI SINI

 

 

DAPATKAN PRODUK IMPIAN ANDA SEKARANG

Berita Terbaru

Elektronik & Furnitur

Ide Resep Mudah Kue Natal

Selasa 11/12/2018

Praktikan yuk ide resep mudah membuat kue natal

Modal Usaha Pentol Pedas

Jumat 07/12/2018

Bertani di Tengah Iklim yang Tak Menentu

Selasa 04/12/2018

Ragam Usaha dengan Modal di Bawah 10 Juta

Senin 26/11/2018