Elektronik & Furnitur

Resep untuk Membuat Macaroni Schotel

no-image Jumat 20/04/2018
no-image BAF Indonesia
no-image 406

Beberapa BAF Friends mungkin sudah familiar dengan macaroni schotel, makanan dari pasta yang berasal dari Belanda. Padahal kalau kita tahu pasta itu identik dengan negara menara Pisa yaitu Italia. Akan tetapi ternyata ‘schotel’ sendiri adalah bahasa Belanda yang memiliki arti piring. Zaman VOC para perempuan Belanda suka memakan pasta dari piring mereka. Nah ini dia mungkin yang membuat nama sajian ini menjadi macaroni schotel. Jenis makanan ini di negera Italia dan Belanda tidak begitu populer seperti di Indonesia.

 

Di Indonesia sendiri banyak kreasi untuk membuat macaroni schotel ini. Bahan utamanya adalah macaroni, susu, keju, dan daging giling. Dikenal sebagai macaroni schotel tidak menjadikannya harus selalu menggunakan pasta berjenis macaroni lho, BAF Friends. Kamu bisa menggunakan beberapa pasta lain seperti rigatoni yang berbentuk seperti pipa sedang dengan gurat vertikal di sisi luar. Penne berbentuk mirip rigatoni namun di kedua ujungnya runcing. Ditali, pasta berukuran pendek yang berbentuk pipa juga. Serta conchiglie, pasta berbentuk kerang kecil yang juga enak untuk diolah menjadi sajian ini.

 

Ada beberapa cara mengolah macaroni schotel ini. Misalnya dengan cara dipanggang dan dikukus. Jika kamu tidak memiliki oven kamu bisa menggunakan cara dikukus untuk mengolah macaroni schotel. Lihat langsung yuk cara mudah membuat macaroni schotel kukus berikut ini.

 

Bahan-bahan macaroni schotel:

150 gr makaroni, bisa diganti dengan pasta jenis lain.

150 gr daging giling.

2 butir telur.

200 ml susu cair, bisa menggunakan susu UHT putih atau pun susu murni putih.

1 siung bawang bombay, cincang.

1 siung bawang putih, cincang.

70 gr keju cheddar, parut. Bisa ditambah atau dikurangi sesuai dengan selera.

Garam secukupnya.

Gula bila diperlukan.

Lada hitam bubuk secukupnya.

Daun parsley cincang secukupnya.

2 sdm margarin

½ batang wortel parut.

Butir jagung secukupnya.

 

Langkah membuat macaroni schotel:

  1. Rebus macaroni dengan margarin sekitar 15 menit, sampai Al dente. Kemudian tiriskan.

  2. Rebus sebentar butir-butir jagung tersebut paling lama 5 menit, lalu tiriskan.

  3. Siapkan wajan dengan margarin untuk menumis bawang bombay dan bawang putih. Masak dengan api kecil hingga harum.

  4. Masukkan juga daging giling dan tumis hingga matang.

  5. Masukkan susu cair dan telur, aduk rata.

  6. Masukkan keju parut sedikit demi sedikit sambil diaduk (sisakan 1/4 keju untuk taburan)

  7. Masukkan wortel parut, jagung rebus, garam, lada hitam, gula (bila diperlukan), dan parsley, aduk rata sambil terus rasakan apakah sudah pas atau masih kurang garam.

  8. Masukkan ke dalam wadah alumunium dan taburi dengan keju parut.

  9. Kukus selama 20 menit.

 

Langkah untuk membuat macaroni schotel panggang sebenarnya tak jauh berbeda. Jika sebelumnya macaroni dikukus selama 20 menit. Untuk macaroni schotel kamu bisa memanggangnya dengan suhu 200 derajat selama 45 di oven. Mungkin memang hasilnya lebih terlihat kering dengan cara memanggang namun rasanya sama enaknya lho BAF Friends. Kamu bisa menggunakan pala bubuk jika ingin tambah sedap. Bisa dikreasikan dengan sayuran lainnya seperti buncis atau bayam supaya nutrisi si kecil juga tetap terpenuhi. Cara menyajikan sayur yang unik dapat membantu buah hati menyukai sayur mayur.

 

Mau membuat macaroni schotel panggang juga bisa menggunakan microwave nih BAF Friends. Ada beberapa pilihan bagus untuk membantu kamu memasak macaroni schotel.

 

Modena Agiato 2004 Microwave

Dilengkapi teknologi dengan 5 level power untuk berbagai jenis makanan dengan lebih efisien. Piring yang berputar membuat makanan jadi lebih mudah matang secara merata. Dengan desain panel eksklusif yang dilapisi briliant stainless yang memberikan kesan mewah. Fitur child safety lock juga membantu memberikan keamanan ekstra yang dapat mencegah jari-jari si kecil mengganggu proses kerja microwave. Angsurannya hanya Rp139.000 per bulan* untuk tenor 12 bulan.

 

LG Microwave MH6565CIS

Memiliki teknologi NeoChef™ dan Smart Inverter yang memudahkan kamu memasak serta makanan matang merata. Pastinya penggunaan daya yang lebih efisien dan hemat. Mudah dibersihkan karena memiliki desain EasyClean™ dan minimalis. Dapatkan dengan angsuran Rp289.000 per bulan* untuk tenor 12 bulan.

 

Jadi kamu yang mau yang mana nih BAF Friends dari keduanya? Jika kamu ingin punya oven yang besar untuk usaha sendiri di rumah juga bisa kok BAF ajukan saja oven yang kamu inginkan dengan pembiayaan dana tunai. Dana Syariah siap membantu modal usahamu dan keperluan untuk macaroni schotel kamu. Atau lebih memilih microwave yang lebih praktis seperti yang di atas juga bisa. Langsung aja ajukan pembiayaan multiproduk di bawah ini.

 

KLIK DI SINI

 

 

*Syarat & ketentuan berlaku

 

DAPATKAN PRODUK IMPIAN ANDA SEKARANG

Berita Terbaru

Dana Syariah Syana

5 Ide Usaha untuk Akhir Tahun

Kamis 13/12/2018

Simak selengkapnya 5 ide usaha untuk akhir tahun!

Ide Resep Mudah Kue Natal

Selasa 11/12/2018

Modal Usaha Pentol Pedas

Jumat 07/12/2018

Bertani di Tengah Iklim yang Tak Menentu

Selasa 04/12/2018