Mobil

Perbedaan Mobil Matic dan Manual

no-image Selasa 18/12/2018
no-image BAF Indonesia
no-image 66

Memiliki mobil matic atau pun manual bisa disesuaikan dengan kebutuhan BAF Friends sehari-hari. Coba kenali terlebih dahulu perbedaan mobil matic dan manual berikut sebagai referensi pembelian mobil yang diinginkan.

 

Transmisi

Mobil matic menggunakan transmisi otomatis. Pada bagian pedal bawah tidak terdapat pedal kopling. Meskipun otomatis namun pemindahan posisi gigi masih dilakukan secara manual namun pengguna mobil tak perlu menginjak kopling mobil lagi atau biasanya disebut gear box. Sedangkan mobil manual pemindahan gigi dilakukan secara normal menggunakan tuas dan pedal kopling. Pengguna mobil harus menginjak pedal kopling sambil mengganti gigi selama perjalanan.

 


Pilih 3 Mobil Irit Berikut untuk Penggunaan Sehari-hari

KLIK DI SINI!


 

 

Bahan bakar

Penggunaan bahan bakar dari mobil matic cenderung lebih boros dibandingkan dengan mobil manual. Mobil manual lebih irit bahan bakar karena mesin bekerja lebih sedikit bila dibandingkan mobil matic.

 

Cara pengoperasian

Pada mobil matic yang berfungsi hanya kaki kanan saja untuk menginjak gas dan rem secara bergantian. Kaki kiri cenderung lebih bebas untuk beraktivitas. Pemindahan gigi pun jarang dilakukan sehingga tangan kiri dapat bergerak dengan bebas pula. Mobil manual yang lebih kompleks membuat semua tangan dan kaki bergerak. Pada kaki kiri menginjak kopling sedangkan kaki kanan menginjak rem dan gas bergantian. Begitu pula dengan tangan kiri yang harus mengganti gigi saat harus menambah kecepatan.

 

Perawatan

Selain bahan bakar, dari segi perawatan mobil matic akan lebih banyak memakan biaya dibandingkan manual. Mesin yang lebih kompleks dan komponen yang lebih mahal membuat biaya perawatannya cukup memakan biaya. Mobil matic yang sudah mencapai 50.000 km harus dilakukan penggantian kopling dan ini akan merogoh kantung lebih dalam.

 

Kenyamanan

Enaknya memang penggunaan mobil matic lebih nyaman dibandingkan mobil manual. Perpindahan transmisi lebih halus dan nyaman, apalagi dalam keadaan macet BAF Friends tak perlu gonta-ganti gigi dan menginjak kopling sehingga dapat menghindari kelelahan.

 

Mau mobil matic atau manual #CicilAjadiBAF yakin deh pengajuan mudah untuk segala mobil baru impianmu!

 

AJUKAN KREDIT SEKARANG!

DAPATKAN PRODUK IMPIAN ANDA SEKARANG

Berita Terbaru

Mobil

Mitos atau Fakta Air Panas Bisa Memperbaiki Mobil Penyok

Selasa 15/01/2019

Sebenarnya air panas bisa memperbaiki mobil penyok itu mitos atau fakta ya?

3 Hal Sepele yang Bikin Motor Cepat Rusak

Jumat 11/01/2019

Cara Sukses di Usia 25 Tahun A la Milenial

Kamis 10/01/2019

Ide Traveling ke Kota Unik

Selasa 01/01/2019