Motor Yamaha

Bagian Motor Ini Penting Dijaga Jika Mau Mudik!

no-image Senin 21/05/2018
no-image BAF Indonesia
no-image 401

Mudik merupakan salah satu bagian yang ditunggu-tunggu dari hari raya selain hari raya itu sendiri. Kini mudik semakin mudah dengan berbagai pilihan kendaraan. Beberapa perusahaan BUMN maupun pemerintah bahkan memberikan kesempatan bagi para pemudik untuk mudik gratis. Kendaraan yang biasanya digunakan adalah bus besar. Beberapa ada pula yang menggunakan mobil elf untuk acara mudik gratis tersebut. Semakin mudah ya akses jalan bagi para pemudik membuat pilihan kendaraan bermudik semakin banyak pula.

 

Misalnya saja kereta, BAF Friends bahkan bisa memesan tiket kereta H-90 sebelum keberangkatan alias 3 bulan sebelum perjalanan kamu. Apalagi sekarang BAF Friends dapat mengakses melalui laman resmi dan aplikasi smartphone PT KAI. Tak ada alasan tak bisa mengakses tiket dengan mudah. Begitu pula dengan tiket pesawat kamu bisa mengaksesnya pula dari banyak sumber, misalnya saja online travel agent, maskapai itu sendiri, serta aplikasi smartphone. Harga tiket pesawat pun kini semakin terjangkau dengan pilihan pesawat dengan jenis LCC (Low Cost Carrier atau maskapai penerbangan bertarif rendah).

 

Jalur laut pun juga kini bisa menjadi pilihan untuk perjalanan jarak jauh. Tarif yang terjangkau sering menjadi pilihan orang menggunakan kapal untuk pulang mudik. Terutama untuk kamu yang bisanya pulang ke daerah timur Indonesia, seperti Mataram, Sulawesi hingga Papua. Jalur udara dan laut kini makin terjangkau dengan kemudahan akses informasi dan kebutuhan penumpang yang semakin meningkat. Banyak inovasi yang dilakukan sehingga penumpang dapat memilih transportasi yang diingini. Termasuk berkembangnya jalur darat yang menghubungkan berbagai daerah hingga pulau.

 

Pembangunan jalan tol secara besar-besar dilakukan untuk menghubungkan daerah satu dengan yang lain. Pembangunan jalan tol tersebut tak hanya di Pulau Jawa lho, BAF Friends. Jalan tol tersebut bisa dirasakan juga di Pulau Sumatera dengan nama Trans Sumatera serta Papua yaitu Trans Papua. Ini dilakukan supaya pasokan barang kebutuhan dapat tersalurkan ke seluruh Indonesia dengan mudah, serta mengurangi biaya transportasi yang perhitungannya cukup tinggi. Bagi BAF Friends yang ingin merasakan jalan tol baru ini bisa menggunakan jalur darat sebagai pilihan mudik. Bisa naik bus AKAP, mobil pribadi ataupun motor juga nggak masalah kok BAF Friends. Semuanya lebih enak karena jalannya semakin bagus dan banyak tempat beristirahatnya.

 

Bagi kamu rider sejati kayanya mudik dengan motor memang paling nyaman nih. Tapi jangan sampai lupa memerhatikan kenyamanan keluarga juga nih, terutama si kecil. Perbekalannya harus dipersiapkan dengan baik dan teliti. Mulai dari barang bawaan yang diatur sedemikian rupa sehingga tidak menggangu pergerakan jok kursi belakang. Kamu bisa menggunakan ekspedisi untuk mengirim barang yang akan kamu bawa untuk mudik. Daripada harus bawa-bawa kardus besar lebih baik kamu kirimkan saja ke kampung halaman. Baju yang digunakan juga harus nyaman, terutama untuk si kecil. Usahakan supaya kulit tidak terpapar langsung oleh angin maupun sinar matahari. Jaket windbreaker serta kaus kaki dan tangan juga jangan sampai ketinggalan.

 

Jas hujan serta helm SNI juga tak boleh ketinggalan. Memang sih bulan puasa itu identik dengan musim kemarau yang panas. Namun tak ada salahnya untuk mempersiapkan jas hujan sehingga tak kebingungan lagi ketika menghadapi hujan yang tiba-tiba turun. Motor juga harus dipersiapkan sehingga tak ngadat di tengah jalan saat digunakan. Repot kan jika harus mencari bengkel karena motor ngadat, kasihan juga istri dan anak yang harus ikut jalan dan mendorong motor sambil mencari bengkel. Nah meminimalisir hal ini terjadi kamu bisa lho mempersiapkan beberapa hal untuk motor yang akan dibawa. Bagian motor yang harus kamu periksa sebelum perjalanan jauh adalah sebagai berikut:

 

Ban

Tekanan udara pada ban wajib kamu cek sebelum perjalanan jauh. Periksa kembangannya apakah sudah mulai botak atau belum. Jika sudah mulai botak segeralah diganti dengan yang baru agar terhindar dari slip ketika jalanan basah. Tekanan udara yang kurang dan agak kempis dapat menyebabkan boros bahan bakar lho, BAF Friends. Sedangkan tekanan udara pada ban yang berlebihan juga berbahaya lho, BAF Friends, karena bisa jadi meledak tiba-tiba. Nah jadi pastikan terlebih dahulu kebutuhan tekanan udara pada ban sehingga tidak kekurangan dan tidak kelebihan.

 

Jika sudah pernah bocor akan lebih kamu tak menggunakan ban yang sudah pernah ditambal. Mungkin BAF Friends sudah mengetahui ada 2 jenis ban yang bisa kamu pilih, ban biasa dan ban tubeless. Keunggulan ban tubeless adalah tidak langsung kempis ketika tertancap paku atau benda tajam. Bannya masih bisa dibawa untuk mencari bengkel terdekat. Sedangkan ban biasa lebih unggul pada jalanan berlubang dan yang agak jelek. Karet pada ban biasa lebih tebal sehingga lebih nyaman digunakan ketika melewati jalanan rusak.

 

Gir dan rantai

Jika BAF Friends menemukan gir depan dan belakang sudah mulai lancip dan agak kehitaman ini menandakan jika gir sudah aus karena gesekan rantai sehingga harus segara diganti dengan yang baru. Perhatikan juga jika lekukan dan sudut sudah mulai tak berukuran sama kamu segera mengganti juga nih. Kamu juga bisa melihatnya dengan cara menyalakan mesin dan distandar tengah. Putar gas secara perlahan sehingga kamu bisa melihat rantai motor, apabila rantai motor kelihatan kendur tapi kemudian mengencang, yang kemudian menyebabkan perputaran ban yang tak stabil.

 

Nah ini merupakan tanda jika sudah aus. Sil penghubung antara mata rantai sudah gentas yang disebabkan kurangnya perawatan. Rantai juga perlu perhatian juga nih, jika kamu sudah menyetel rantai hingga maksimal namun tetap mengendur ini artinya memang sudah harus mengganti rantai yang baru. Dengarkan suara-suara yang keluar dari rantai dan gir. Apabila kamu mendengar ada suara kasar berarti gesekan pada rantai sudah tidak wajar. Penyebabnya bisa jadi karena pemasangan yang kurang tepat atau rantai sudah aus.

 

Karburator

Bagian karburator ini juga biasa disebut injektor. Kebersihan karburator harus kamu perhatikan karena jika kotor suplai bahan bakar ke ruang pembakaran akan terhambat. Periksa karburator setiap 4 ribu kilometer untuk memastikan tidak terjadi kebocoran pada karburator. Apabila malfunction indicator lamp tidak berkedip artinya karburator berfungsi secara normal. Perawatan karburator dapat dibersihkan atau diatur ulang setiap kali melakukan servis di bengkel resmi.

 

Merawat karburator sebenarnya tak susah, namun terkadang kita takut untuk melakukan karena harus membongkar dan membuat baut di beberapa bagian. Pastikan filter udara dibersihkan dengan cairan pembersih, dikeringkan dengan cara diangin-angini saja. Saat dibuka baut pengikat karburator kamu bisa membersihkan dengan kuas secara perlahan baru kemudian disemprot dengan udara bertekanan tinggi sehingga semua debu dan kotoran lepas serta hilang.

 

Radiator

Populernya disebut dengan aki ya BAF Friends. Bagian radiator juga merupakan bagian vital yang harus kamu perhatikan kelayakannya, apalagi untuk kamu yang menggunakan motor injeksi alias matic. Kondisi normalnya tegangan pada aki sekitar 12,3 - 12,6 volt. Selain itu cek juga reservoir (penampungan) apakah kekurangan cairan atau tidak. Lakukan jika perlu seminggu sekali supaya motormu tak mengadat tiba-tiba. Cairan pada radiator menggunakan cairan khusus. Cairan ini mengandung bahan untuk mencegah karat dan kerak, mengurangi adanya penguapan serta menjaga stabilitas suhu. Air murni tak punya sifat seperti coolan ini.

 

Jika motor kamu sudah pernah terendam banjir ada baiknya untuk lebih memperhatikan dan membersihkannya. Sebab banjir dapat menyebabkan kotoran lebih mudah menempel dan menjadi kerak. Caranya mudah kok, BAF Friends, tinggal disemprot dengan air bertekanan sedang. Tak perlu yang tekanan tinggi karena dapat merusak kisi-kisi dari karburator. Jika kotoran sudah menempel dan agak susah disemprot gunakan pinset untuk mengambilnya. Pengecekan untuk radiator adalah setiap 8000 km sekali.

 

Sudah tahukan harus mengecek apa saja untuk perjalanan mudikmu besok? Jangan lupa untuk selalu membawa motor Yamaha kesayanganmu ke bengkel resmi untuk dicek rutin. Kamu mau ganti motor supaya perjalanan mudikmu jadi lebih nyaman ada 3 pilihan dari Yamaha yang cocok banget untuk perjalanan jauh nih.

 

Aerox dengan cicilan Rp966.000 per bulan*. Motor generasi blue core dari Yamaha ini sangat efisien dalam pembakaran bahan bakarnya. Menggunakan smart motor generator sehingga suara lebih halus ketika dinyalakan. Menggunakan super wide tubeless tire yang siap membawamu berkendara dengan nyaman dan aman. Terdapat electronic power socket sehingga kamu nggak perlu bawa power bank lagi nih.

 

Pilihan selanjutnya adalah NMax. Nggak bisa dipungkiri NMax merupakan motor yang memang nyaman digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Space kaki dan joknya yang lebar, nggak bikin kamu pegal-pegal ketika perjalanan jauh. Mesin blue core yang lebih irit bahan bakar serta sudah menggunakan wide tubeless tire yang menjaga kenyamanan berkendara kamu selama mudik. Menggunakan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang dapat menjaga torsi dan putaran mesin secara maksimum. Kamu bisa mendapatkannya dengan cicilan Rp1.329.000 per bulan*.

 

Mio M3 125, motor ramah lingkungan dari Yamaha ini membuat berkendara kamu semakin irit dan praktis. Dengan multifunction key kamu bisa membuka jok, mengunci stang, menyalakan mesin motor serta mengaktifkan pengamanan kunci secara bersamaan. Serta bagasi yang lebih luas sehingga kamu bisa memaksimalkan barang bawaanmu. Cicilannya cuma Rp833.000 per bulan* aja lho.

 

Tertarik untuk kredit motor? Yuk ajukan langsung dan mendaftarkan diri secara lengkap dengan klik di bawah sini.

 

KLIK DI SINI

 

 

 

 

*Syarat & ketentuan berlaku

 

 

DAPATKAN PRODUK IMPIAN ANDA SEKARANG

Berita Terbaru

Elektronik & Furnitur

Ide Resep Mudah Kue Natal

Selasa 11/12/2018

Praktikan yuk ide resep mudah membuat kue natal

Modal Usaha Pentol Pedas

Jumat 07/12/2018

Bertani di Tengah Iklim yang Tak Menentu

Selasa 04/12/2018

Ragam Usaha dengan Modal di Bawah 10 Juta

Senin 26/11/2018