Motor Yamaha

Berangkat Mudik Pakai Motor, Simak Dulu Tips Berikut!

no-image Kamis 03/05/2018
no-image BAF Indonesia
no-image 321

Kembali ke kampung halaman merupakan hal yang menggembirakan banyak orang ya, BAF Friends. Mungkin salah satu termaasuk kamu. Bertemu, berkumpul dan menikmati suasana kampung halaman memberikan rasa mendalam terhadap nostaligia zaman masih kecil. Menghabiskan waktu bersama keluarga besar, orang tua, adik, kakak, sanak saudara memang menyenangkan. Apalagi bisa merayakan hari besar bersama, sehingga mudik menjadi momen yang benar - benar ditunggu oleh kebanyakan warga Indonesia. Rasanya tak hanya Indonesia saja yang merayakan hari besar dengan pulang mudik. Mudik memang biasanya banyak terjadi ketika ada hari besar perayaan keagamaan atau libur besar.

 

Mudik menjadi budaya tersendiri yang setiap tahun dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia sendiri bermayoritas muslim sehingga mudik ramai terjadi ketika hari lebaran atau Idul Fitri tiba. Semakin baiknya infrastruktur dan terjangkaunya transportasi umum membuat budaya mudik ini juga makin mudah. Bahkan PT KAI (Kereta Api Indonesia) membuat banyak terobosan untuk mempermudah pemudik untuk mengakses  tiket kereta. Jika dahulu kamu harus ke stasiun terdekat untuk membeli tiket. Kini kamu bisa mengakses tiket kereta dari mana pun. Mulai dari e-commerce yang bekerja sama, aplikasi smartphone, dan website PT KAI sendiri.

 

Kamu bisa langsung memesan dengan mudah tanpa antri kapan pun dan di mana pun kamu inginkan. Tak terkendala waktu dan ruang. Transformasi besar - besaran yang dilakukan PT KAI ini juga kemudian mulai dilirik banyak transportasi lainnya, salah satunya adalah pesawat. Mungkin memang tiket pesawat yang pertama kali menggunakan sistem online untuk pemesan tiket yang diinginkan. Namun tetap baru orang - orang tertentu yang dapat membeli dan mengaksesnya. Kini harga tiket pesawat sangat bersaing dengan harga tiket kereta api, bahkan terkadang harganya bisa lebih murah tiket pesawat dibandingkan kereta api. Kemudahan ini membuat pelanggan memiliki banyak kesempatan untuk memilih produk transportasi yang digunakan untuk pergi mudik.

 

Menggunakan kendaraan pribadi juga bisa menjadi alternatif lain selain menggunakan transportasi umum. Seperti yang sudah disampaikan di atas terkait infrastruktur jalanan yang semakin baik. Jalur - jalur transportasi yang semakin baik dengan munculnya tol Trans Jawa - Sumatera dan sedang diwujudkan tol Trans Papua. Pembangunan tol yang menghubungkan banyak daerah juga membantu para pemudik yang ingin bepergian melalui jalur darat. Semakin banyak pilihan yang bisa kamu pilih untuk pergi mudik kan. Selain itu betonisasi jalanan membuat jalur mudik menjadi lebih layak digunakan dan lebih aman. Jika sebelumnya hanya nyaman dan aman menggunakan mobil kini mudik pakai motor pun tak perlu khawatir.

 

Banyaknya jalur yang bisa digunakan untuk mudik pakaj motor dan tak perlu pusing akan bersinggungan dengan truk atau pun bus AKAP (antar kota antar provinsi). BAF Friends bisa mencoba jalur selatan yang relatif memiliki jalan lebih ‘sepi’ karena kebanyakan kendaraan pribadi dibandingkan truk besar atau bus AKAP tadi. Nah supaya perjalanan kamu lebih lancar dan bebas hambatan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Cekidot!

 

Buat rute perjalanan

Semuanya harus dibuat planning ya BAF Friends termasuk membuat rute perjalanan. Terkait mudik beberapa toko buku menyediakan peta sebagai referensi perjalanan mudik kamu. Perhatikan lokasi rumah sakit, bengkel, kantor polisi serta tempat pengisian bahan bakar. Sehingga kamu bisa memperkirakan akan beristirahat di mana dan bila terjadi apa - apa bisa pergi ke kantor polisi serta rumah sakit terdekat. Catat pula nomor telepon yang penting seperti panggilan darurat, ambulance, atau polisi. Serta yang tak kalah penting adalah nomor telepon bengkel resmi motor kamu. Misalnya Yamaha, cari tahu nomor telepon yang bisa dihubungi sehingga jika terjadi mogok di jalan kamu bisa langsung menghubungi bengkel tersebut.

 

Cek kondisi motor

Jika ingin bepergian jauh akan lebih baik kunjungi bengkel motor terlebih dahulu. Pengecekan rutin sehingga perjalananmu lebih aman. Perhatikan bagian roda apabila sudah mulai botak atau cukup sering ditambal akan lebih baik jika diganti dengan yang baru. Kembangan pada ban juga haru diperhatikan apakah pembuangan airnya baik, daya cengkramnya maksimal. Jadi ketika melewati jalan yang licin atau berbatu dapat bertahan dan dilewati dengan aman. Apalagi ada beberapa ruas jalan pada jalur mudik yang mengalami perbaikan sehingga ban harus dalam keadaan prima. Jangan lupa mengecek rantai, belt, serta velg.

 

Bagian selanjutnya yang harus diperhatikan adalah lampu. Komponen lampu harus berfungsi dengan baik sebab penerangan merupakan komponen yang sangat penting untuk komunikasi dengan pengguna jalan yang lain. Misalnya memberikan kode jika akan meminta jalan, ketika jalan berkabut. Lebih baik untuk tetap menggunakan warna lampu sesuai dengan standard pabrikan. Jika kamu mengganti lampu berwarna kuning dengan yang putih maka sebenarnya itu mengganggu pandangan sekitarmu dan pengendara lain. Lampu berwarna kuning dapat menembus kabut atau asap dibandingkan lampu putih.

 

Bagian yang tak kalah penting adalah sistem rem. Mulai dari lampu rem, kabel yang berfungsi baik, ketebalan dan keberaihan kampas rem juga harus diperhatikan lho BAF Friends. Jika memang sudah dalam keadaan tidak baik langsung ganti sehingga perjalanan kamu nanti tidak terganggu. Bawa motor kamu ke bengkel resmi sehingga bisa dicek langsung dengan mekanik ahli. Ingat ya BAF Friends keselamatan diri lebih penting dibandingkan apa pun.

 

Muatan bagasi

Memang sih yang namanya mudik pasti bawaannya banyak dan melebih muatan bagasi. Kamu bisa menggunakan bagasi tambahan jika memang diperlukan. Tapi yang perlu diingat adalah motor memiliki kapasitas maksimal yang harus kamu perhatikan. Jika kamu sudah membonceng istri pastikan muatan tetap seimbang sehingga ban motor tidak dalam keadaan kempis saat berjalan. Jika ban dalam keadaan kempis bisa jadi bahan bakaar lebih boros lho BAF Friends.

 

Pastinya di dalam bagasi kamu harus membawa jas hujan untuk cadangan ketika tiba - tiba hujan turun. Dalam perjalanan mudik kamu juga harus memperhatikan perlengkapan yang digunakan. Mulai dari baju yang nyaman, kaos kaki, sepatu tertutup, celana panjang, jaket yang tebal, sarung tangan, hingga pelindung dada. Supaya terpaan angin tak langsung menuju dadamu. Jika perlu kamu bisa membawa air putih sehingga tak pernah kurang cairan atau sebagai bekal ketika akan buka puasa.

 

Nah itu dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika mudik pakai motor. Hal yang paling penting yang tak boleh dilupakan adalah menjaga kesehatan dan kamu bepergian dalam keadaan prima. Minumlah vitamin dan perbanyak makan buah sehingga kamu tak mudah kehabisan cairan. Dan satu lagi gunakan motor yang nyaman dan tidak berat sehingga kamu bisa bermanuver di jalan dengan lebih bebas. Nah salah satu pilihannya adalah All New X-Ride dari Yamaha dengan angsuran hanya Rp903.000/bulan* kamu bisa mendapatkannya.

KLIK DI SINI

 

 

 

*Syarat & ketentuan berlaku

DAPATKAN PRODUK IMPIAN ANDA SEKARANG

Berita Terbaru

Elektronik & Furnitur

Ide Resep Mudah Kue Natal

Selasa 11/12/2018

Praktikan yuk ide resep mudah membuat kue natal

Modal Usaha Pentol Pedas

Jumat 07/12/2018

Bertani di Tengah Iklim yang Tak Menentu

Selasa 04/12/2018

Ragam Usaha dengan Modal di Bawah 10 Juta

Senin 26/11/2018