Motor Yamaha

Rahasia Anti Lemas Saat Menjalani Puasa

no-image Senin 14/05/2018
no-image BAF Indonesia
no-image 304

Tinggal menghitung hari lagi nih sampai dimulainya hari puasa. Apa saja yang sudah dipersiapkan, BAF Friends? Atau malah tak menyiapkan apa-apa? Nggak apa-apa, yang penting hatinya sudah dipersiapkan dengan baik ya. Bulan puasa mengubah pola makan kita yang tadinya 3 kali untuk sarapan, makan siang dan makan malam menjadi makan pagi dan makan malam saja. Sebenarnya hanya diganti jam makannya saja namun yang berat adalah mengubah kebiasaan dari 3 kali menjadi 2 kali. Dirasa awalnya pasti berat, biasanya seminggu pertama merupakan godaan terbesar karena harus menahan lapar dan haus selama 12 jam.

 

Akibatnya banyak sekali orang yang mengalami lemas dan tak bertenaga selama bulan puasa. Seperti yang dikutip dari Kompas.com (06/08/2011) menurut Dokter Samuel Oetoro, MS.Sp.GK, ahli gizi dari Semanggi Clinic menyampaikan bahwa keadaan lemas saat berpuasa tersebut merupakan akibat dari menurunnya kadar gula dalam tubuh secara berlebihan. Kadar gula yang turun secara drastis menyebabkan beberapa gejala seperti gemetar, lesu, mual, lapar, hingga terkadang berkunang-kunang.

 

Tapi tenang, BAF Friends, kata Dokter Samuel ada beberapa cara untuk menyiasatinya. Cek yuk rahasia anti lemas saat menjalani puasa berikut ini.

 

Cukupi asupan glukosa

Mengonsumsi glukosa lantas tak membuat kita memiliki penyakit diabetes ya, BAF Friends. Hal yang menyebabkan penyakit diabetes adalah kadar gula yang tak terkontrol yang disertai dengan stres. Jaga keseimbangan tubuhmu dengan asupan glukosa yang pas. Selama berpuasa ada baiknya BAF Friends mulai menyediakan cadangan glukosa ini. Caranya adalah mengonsumsi karbohidrat yang bersumber dari nasi, akan lebih baik lagi jika kamu memilih nasi merah untuk mejaga serat.

 

Kadar gula yang dimiliki nasi merah sebenarnya sama dengan nasi putih tapi kandungan serat yang lebih besar membuatnya menjadi pilihan yang lebih baik. Selain glukosa, ada pula asupan glikemik supaya energi tubuh tetap terjaga selama 12 jam. Kamu bisa memilih ubi dan kentang rebus sebagai glikemik alami. Buah-buah juga merupakan pilihan glikemik yang baik untuk menjaga agar kamu tetap berenergi. Pilih makanan yang tinggi serat untuk membantu agar asupan glukosa meningkat dengan perlahan. Usahakan tak memakan makanan dengan gula berlebih seperti donut atau cake pilih saja yang lebih ringan namun bergizi seperti teh hangat atau kurma.

 

Atur persentasi makan

Selama puasa pola makan memang berubah. Kamu bisa menyiasati semua ini dengan mengatur persentasi makan secara disiplin. Kamu bisa menerapkan 50% saat berbuka puasa, 10% setelah selesai tarawih, dan 40% saat makan sahur. Pilih makanan yang ringan sebagai pembuka dan minum air putih hangat, kemudian setelah 5 - 10 menit baru mengonsumsi makanan. Buatlah proposi sayur lebih banyak serta lauk yang berprotein untuk menyeimbangkan. Makanan berserat membantu supaya kamu tak mudah kelelahan selama menjalani puasa.

 

Hindari makanan bersantan atau yang mengandung minyak berlebih. Ini dapat menyebabkan perut kamu mengeluarkan banyak gas yang menyebabkan maag nantinya. Sekali lagi perhatikan proposi makananmu ya, BAF Friends. Sudah memenuhi kebutuhan asupan vitamin, lemak, karbohidrat, protein serta mineral. Perbanyak mengonsumsi buah selama bulan puasa, karena buah lebih mudah dicerna sehingga pencernaan tidak kaget.

 

Tidak merokok

Hmmm…. Mungkin kamu merasa lidah terasa ‘pahit’ jika tidak merokok. Jadi hal pertama yang kamu lakukan saat berbuka puasa adalah merokok. Puasa pada dasarnya menahan hawa nafsu dari hal-hal duniawi kan. Sudah tahu kan kalau merokok itu sungguh berbahaya. Nah di bulan puasa ini merupakan awal yang bagus untuk berhenti merokok. Percayakah kamu jika dalam sebulan kamu dapat menghemat sampai Rp500.000 jika tidak membeli rokok. Coba deh praktikkan hal ini. Sekali mendayung dua pulau terlewati, sambil belajar berhenti merokok supaya lebih sehat juga sekaligus berhemat untuk kebutuhan lebih penting saat hari raya.

 

Merokok juga dapat menyebabkan mual apalagi saat kamu berpuasa. Pencernaan yang tidak bekerja kemasukkan makanan atau minuman apapun dapat menyebabkan timbulnya gas asam lambung. Merokok menyebabkan gas dalam pencernaan juga bertambah. Nah gas yang memenuhi tubuh ini membuat kamu lebih mudah mual bahkan bisa sampai maag lho. Puasa sendiri adalah sistem detoksifikasi, ini kontrakdiktif karena merokok meracuni dirimu sendiri. Jadi bahayanya jadi dobel nih.

 

Hindari terkena sinar matahari langsung

Rahasia anti lemas berikutnya adalah menghindari terkena sinar matahari secara langsung. Terpapar sinar matahari secara langsung dapat mempercepat berkurangnya cairan pada tubuh. Ini berakibat kamu lebih mudah mengalami dehidrasi lho. Jadi kalau tidak keperluan yang penting dan mendadak lebih baik mengurangi kegiatan yang dapat terpapar sinar matahari secara langsung. Mungkin untuk kamu yang bekerja di dalam ruangan hal ini bisa sangat membantu. Berbeda dengan kamu yang memang bekerja di luar ruangan pasti menjadi tantangan tersendiri dalam menjalani puasa ini.

 

Saat tidak puasa saja berkegiatan di luar cukup menguras energi dan cepat haus kan, BAF Friends. Jadi lebih baik untuk mengurangi kegiatan di luar ruangan selama menjalani puasa. Ditambah lagi biasanya berbarengan dengan bulan puasa, musim kemarau pun tiba jadi matahari biasanya lebih terik dan panas. Daripada mengerut karena kepanasan lebih baik mencegah dengan memilih kegiatan di dalam ruangan saja kan, BAF Friends.

 

Momen puasa ini merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri juga dengan Tuhan serta keluarga dan kerabat. Berbuka puasa menjadi waktu yang dinantikan dan sangat berharga sehingga ingin dilewati dengan orang-orang yang spesial. Nah membantu kegiatan berbuka puasa bersama dengan teman-teman atau keluarga lebih baik pakai motor aja deh BAF Friends. Tahu sendiri kan jalanan saat puasa itu macetnya bukan main apalagi sekitar jam 4 ke jam 5 sore. Banyak banget yang ingin sampai rumah sebelum waktu berbuka puasa.

 

Nah pilihannya jatuh pada Jupiter MX 150, dengan pilihan warna putih, hitam, dan biru sangat dinamis lho, BAF Friends. The King of The Street ini bisa bermanuver secara lincah di jalanan karena memiliki body yang ringan dan dilengkapi teknologi Liquid Cooling System sehingga berkendara kamu semakin nyaman.

Angsurannya hanya Rp987.000 per bulan*. Isi lengkap data diri dengan klik link di bawah ini.

 

KLIK DI SINI

 

 

 

*Syarat & ketentuan berlaku

DAPATKAN PRODUK IMPIAN ANDA SEKARANG

Berita Terbaru

Dana Syariah Syana

5 Ide Usaha untuk Akhir Tahun

Kamis 13/12/2018

Simak selengkapnya 5 ide usaha untuk akhir tahun!

Ide Resep Mudah Kue Natal

Selasa 11/12/2018

Modal Usaha Pentol Pedas

Jumat 07/12/2018

Bertani di Tengah Iklim yang Tak Menentu

Selasa 04/12/2018