Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Demi laptop kamu awet
Merawat laptop dengan benar

Memiliki gadget sendiri bukan lagi hal yang asing khususnya di kalangan pekerja kantoran. Mulai dari smartphone sampai laptop sering digunakan untuk menunjang aktivitas bekerja maupun kebutuhan untuk diri sendiri seperti menonton video/film, berselancar di internet, menyimpan foto, dll. Tapi, seringkali kita lupa untuk merawat gadget yang sering digunakan hampir setiap hari seperti laptop. Padahal alat elektronik yang satu ini kalau sedikit mengalami kerusakan dampaknya tidak hanya membuat kita pusing karena dokumen penting yang kita simpan di dalamnya menjadi hilang, tapi kita juga akan pusing memikirkan keuangan akibat tabungan yang terkuras untuk biaya service laptop.

 

Biar laptop kamu nggak rewel dan nggak mengganggu aktivitas sehari-hari selama menggunakannya, kamu bisa lakukan hal-hal di bawah ini untuk merawat laptop kamu supaya tidak cepat rusak.

 

Bersihkan laptop setiap hari

Sudah tahu belum kalau debu mudah sekali masuk ke bagian dalam laptop? Nah, daripada menunggu debu menumpuk dan pada akhirnya membuat laptop kamu mengalami masalah, sebaiknya kamu bersihkan bagian luar dan dalam laptop rutin setiap hari. Tapi, jangan sampai kamu sembarangan menggunakan alat untuk membersihkan laptop. Banyak kok alat-alat khusus untuk membersihkan laptop yang bisa kamu dapatkan di toko aksesoris komputer.

 

Cek kondisi baterai laptop

Baterai adalah komponen penting dari laptop. Jika baterai dirasa bocor, sebaiknya kamu cepat-cepat ganti sebelum baterai tersebut menggembung dan membahayakan kinerja komponen-komponen lainnya di dalam laptop. Diamkan juga laptop kamu dalam kondisi charging hingga baterai terisi penuh demi mempertahankan kualitas baterai ke depannya.

 

Jangan meletakkan benda cair di dekat laptop

Gelas berisi kopi, teh, jus, atau air mineral yang kamu letakkan di dekat laptop atau kamu genggam di tangan sambil menggunakan laptop itu berbahaya lho. Kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Bisa saja kan tiba-tiba tersenggol dan isi dari gelas tumpah mengguyur laptop kamu? Lebih baik jauhkan segala bentuk cairan dari laptop demi keamanan.

 

Beri jeda agar laptop beristirahat

Gunakan laptop kamu sebijak mungkin. Jangan paksakan diri untuk menggunakan laptop non-stop karena akan berdampak ke suhu laptop yang berpotensi besar menjadi overheat. Laptop juga butuh istirahat, BAF Friends.

 

Gunakan laptop dengan baik dan benar

­­Seringkali lelah dan mengantuk setelah mengerjakan tugas membuat kita malas mematikan laptop. Kalau dibiarkan menyala terus-menerus, lama-kelamaan laptop kamu akan rusak dan akan berdampak juga pada hard disk yang kinerjanya menjadi tidak optimal. Pastikan laptop kamu dimatikan jika sudah selesai menggunakannya.

 

Nah, sudah tahu kan bahwa gadget yang kamu miliki juga perlu perhatian demi memudahkan aktivitas kamu berjalan lancar ke depannya. Lebih baik maksimalkan perawatan untuk gadget daripada kamu mengeluarkan budget lebih untuk service berkali-kali atau bahkan harus ganti menjadi laptop baru karena laptop kamu tidak bisa diperbaiki lagi.

 

Jika saat ini kamu sedang mencari, membutuhkan, atau ingin mengganti laptop yang lebih baik dan mumpuni untuk mendukung kegiatan kamu sehari-hari, kamu bisa membelinya secara kredit di BAF juga. Cek dulu syarat dan ketentuannya di sini: https://baf.id/product/read/1411836189/2016-12-01

 

Menara Mulia Building 18th & 19th Floor,
Jln. Gatot Subroto Kav. 9-11. Jakarta 12930


Notice: Undefined variable: category in /home/baf/public_html/application/templates/public/general/index.php on line 89